Tips Mengusir Belalang dengan Daun Sirsat

Daun sirsat? Anda pasti telah banyak mengenal jenis buah-buahan, khususnya buah sirsat yang satu ini. Ternyata tidak hanya buahnya yang memiliki manfaat untuk kesehatan, bahkan daunnya juga bisa dimanfaatkan untuk pertanian misalnya. Untuk itulah kali ini disampaikan tentang tips mengusir belalang dengan daun sirsat.

Untuk pertanian? Ya, cerita tentang digunakannya daun sirsat ini berhubungan dengan hama belalang, yang saat itu sekitar tahun 2005 belalang menyerang lahan persawahan di Kupang. Tidak tanggung-tanggung luas lahan persawahan yang diserang belalang sekitar 177 hektar. Tentu saja hal ini mengakibatkan pemilik lahan pertanian tersebut gagal panen.

tips-mengusir-belalang-dengan-daun-sirsat
Ilustrasi serangan belalang (Gambar: AP / Ben Curtis) 

Tidak hanya Indonesia, pada tahun 1988, serbuan hama belalang juga menimbulkan kerugian yang luar biasa, saat itu setengah benua Afrika diserang oleh belalang yang bergerak seperti awan sepanjang 50 km. Beberapa menit kemudian ribuan ton tanaman yang siap panen habis dimakannya. Bahkan sebagian dari kelompok belalang tersebut menyebar hingga melewati Arab Saudi, dan pada tahun 1989 belalang-belalang ini sampai di India.

Daun Sirsat Manfaatnya untuk Mengusir Belalang

Terdapat sedikit informasi dan catatan tentang manfaat daun sirsat yang bisa membuat belalang mati, salah satunya yang disampaikan oleh Adi Mustika, yang catatannya pernah dimuat dalam Majalah Intisari Edisi No. 509.

Pada dasarnya, alam sudah memilih mekanisme sendiri untuk mengendalikan populasi belalang. Bahkan sejak ribuan tahun lalu belalang sudah menjadi makanan para burung dan juga beberapa jenis hewan lainnya.

Namun saat ini jumlah predator belalang menyusut drastis, hal ini mengakibatkan populasi belalang menjadi sulit dikendalikan.

Baca juga: Mengatasi Diabetes dengan Jamblang.

Untuk bisa memberantasnya bisa digunkan insektisida. Namun penggunaan racun pembasmi serangga ini bisa menimbulkan dampak negatif bagi lingkungan. Diantaranya serangga lain yang masih dibutuhkan di alam turut mati. Hal ini menjadikan sebuah ide untuk menggunakan insektisida alami. Dengan menggunakan insektisida alami, maka dampak buruk tersebut bisa ditekan.

Salah satu bahan insektisida alami yang bisa digunakan adalah daun sirsat atau sirsak (Annona muricata L). Daun ini mengandung senyawa kimia annonain yang bersifat antifidant atau penghambat makan. Senyawa ini merupakan racun kontak dan racun perut.

Cara membuat ramuan insektisida organik berbahan daun sirsat, antara lain:

  • Daun sirsat sebanyak 50 lembar.
  • Daun tembakau 1 genggam.
  • Deterjen 20 gram.
  • Air 20 liter.

Caranya: daun sirsat dan daun tembakau ditumbuk halus, kemudian dimasukkan ke dalam 20 liter air, tambahkan dengan deterjen dan aduk sampai merata, baru diendapkan selama satu malam. (Deterjen ini berguna untuk meningkatkan daya kontak ramuan dengan tubuh belelang).

Pada pagi harinya, larutan kemudian disaring dengan kain atau saringan halus, kemudian diencerkan dengan air sampai menjadi 60 liter. Semprotkan pada tanaman yang diserang belalang atau langsung pada belalang tersebut. Larutan sebanyak 60 liter itu cukup utnuk lahan dnegan luas 1 hektar. Kesempatan terbaik untuk menyemprot belalang adalah saat belalang masih kecil, saat belum punya sayap untuk terbang.

Sebagai insektisida alternatif berbahan tumbuh-tumbuhan, tentu saja insektisida ini lebih ramah lingkungan daripada insektisida sintettik. Hal ini disebabkan karena cara kerjanya yang hit and run, yang maksudnya apabila diaplikasikan, ramuan tersebut akan membunuh hama pada saat itu dan residunya akan cepat hilang di alam (biodegradable).

Namun karena sifatnya yang biogradable, membuat insektisida organik ini menjadi tidak tahan disimpan dalam waktu yang lama dan frekuensi penggunaannya menjadi lebih tinggi. Setiap kali hendak menyemprot, kita harus membuatnya lagi, namun hal ini masih lebih hemat bila dibanding dengan membeli insektisida yang mahal harganya.

Itu dia sedikit informasi tentang tips mengusir belalang dengan daun sirsat. Semoga informasi tersebut bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Tips Mengusir Belalang dengan Daun Sirsat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel