Susu Kambing Etawa dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Siapa yang mengira kalau kambing ternyata bisa menghasilkan susu yang bisa dikonsumsi manusia? Bahkan kambing yang satu ini juga menghasilkan susu dengan manfaat yang tidak kalah dengan susu sapi. Tertarik dengan pembahasan kali ini? Susu kambing etawa dan manfaatnya untuk kesehatan menjadi booming beberapa waktu ini, apalagi sejak kesadaran masyarakat meningkat akan kesehatan.

susu-kambing-etawa
Ilustrasi (Sumber gambar: alodokter.com)

Terdapat manfaat yang didapatkan dari mengonsumsi susu kambing etawa ini, hal ini disebabkan susu kambing etawa mengandung banyak nutrisi dalam minuman menyehatkan ini. Selain itu, susu kambing etawa ini bisa dikonsumsi siapa saja, mulai dari anak-anak, remaja, dewasa, hingga orang lanjut usia.

Nutrisi Dalam Susu Kambing Etawa

Ada yang mengatakan kambing etawa yang merupakan kambing penghasil susu kambing etawa ini berasal dari Jamnapari India, namun ada yang mengatakan hasil persilangan antara kambing Jamnapari India dengan kambing lokal Indonesia.

Terlepas dari mana asal kambing tersebut, yang menjadi fokus utama disini adalah susu  kambing etawa memberikan manfaat untuk kesehatan, karena kandungan nutrisi yang sangat tinggi didalamnya, seperti kalsium, fosfor, flourin, dan sodium.

Baca juga: Salad Buah yang Menyehatkan.

Terdapat beberapa kandungan nutrisi dalam susu kambing etawa ini, antara lain:

  • Karbohidrat.
  • Protein.
  • Fosfor.
  • Kalsium
  • Sodium.
  • Laktoferin.
  • Vitamin A, B2 dan B3.

Manfaat Susu Kambing untuk Kesehatan

Terdapat beberapa manfaat yang didapatkan dengan mengonsumsi susu kambing etawa, untuk kesehatan, antara lain:

1. Mencegah terjadinya pengeroposan tulang dan mencegah terjadinya anemia

Siapa yang mengira susu kambing etawa ini sangat pas untuk semua umur, mulai anak-anak, orang dewasa hingga orang lanjut usia.

Hal ini disebabkan minuman ini bisa mempercepat terjadinya regenerasi hemoglobin, dan juga menjadi cara aman dan alami untuk mengatasi pengeroposan tulang dan mencegah anemia.

2. Susu kambing etawa kaya akan prebiotik

Dari berbagai penelitian menunjukkan bahwa susu kambing etawa mengandung lebih banyak protein dan kalsium bila dibandingkan dengan susu sapi.

Tidak hanya itu, susu kambing etawa juga memiliki kandungan karbohidrat yang bersifat prebiotik, yaitu oligosaccharides, jenis yang sama seperti karbohidrat yang ada dalam susu manusia.

Karbohidrat prebiotik ini ternyata bisa mendukung perkembangan bakteri baik dalam sistem pencernaan, yang akan mendukung kekebalan tubuh dan membantu melawan inflamasi.

3. Melawan inflamasi

Mengonsumsi susu kambing etawa sangat bermanfaat untu mencegah dan menyembuhkan karena peradangan dan alergi.

Hal ini disebabkan mikrobiotik dalam susu kambing bisa memicu respon imun dalam tubuh dan juga melawan peradangan secara alami.

4. Memperkuat kekebalan tubuh.

Tahukah Anda bahwa kekebalan tubuh yang kuat menjadi kunci hidup sehat. Susu kambing etawa bisa menjadi pilihan karena mengandung selenium, yaitu zat penting dalam sistem imun.

5. Bermanfaat untuk kesehatan jantung

Susu kambing etawa mengandung magnesium yang tinggi dan sangat baik untuk kesehatan jantung. Mineral magnesium yang terkandung dalam susu kambing etawa akan membantu menjaga detak jantung normal danjuga mencegah kumpulan gumpalan darah yang meningkatkan level kolesterol.

Susu Kambing Etawa Yang Bagus Merk Apa?

Anda penasaran dengan  rekomendasi merk susu kambing etawa terbaik? Berikut akan disampaikan beberapa merk susu kambing etawa yang bisa dipilih, antara lain (liputan6.com):

1. Etawanesia atau Etawa Biru

Etawanesia adalah susu kambing etawa yang dibuat dari susu kambing etawa premium (80%) dan juga ekstrak daun kelor.

Dengan kombinasi dua bahan ini akan memiliki kandungan gizi yang tinggi dan memiliki sifat anti inflamasi yang bisa membantu meredakan peradangan pada sendi dan saluran pernafasan.

2. Etawalin

Prosuk susu kambing etawa lainnya adalah Etawalin yang menjadi pilihan produk herbal alami dengan kandungan susu kambing etawa yang dikombinasikan dengan bahan-bahan alami, seperti temulawak, jahe, kayu manis , sereh dan daun salam.

3. Etawasure

Etawasure bisa menjadi pilihan susu kambing etawa karena kandungan yang ada didalamnya yang terdiri atas temulawak, ekstrak jahe, daun kelor, kayumanis, dan juga Gamat.

Itu dia sedikit informasi tentang “susu kambing etawa dan manfaatnya untuk kesehatan”. Semoga informasi tersebut bermanfaat dan menjadi referensi untuk Anda.

Belum ada Komentar untuk "Susu Kambing Etawa dan Manfaatnya untuk Kesehatan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel