Informasi Singkat tentang “Statistik”

Anda pasti sering mendengar istilah statistik, terlepas memahaminya atau tidak, namun kata ini sangat familier di telinga kita. Informasi singkat tentang statistik, sengaja disampaikan untuk memberikan  informasi tentang asal-usul dipakainya alat ini dalam mengolah data.

Bahkan, kata statistik ini sudah dipakai sejak lama. Tersebutlah Benyamin Disraelli (1808 – 1881), Perdana Menteri Inggris saat itu, pernah berkata, “Lies, Damned Lies, and Statistics.”

Tentu saja tidak berbeda jauh dengan Diraelli, seorang pemimpin di negara ini juga pernah mengatakan, “Jangan percaya statistik.” Anehnya saat berkampanye, ia selalu menggunakan data statistik keberhasilan pemerintahannya dan rencananya ke depan.

statistik-zaman-dulu
Ilustrasi (Gambar: id.wikipedia.org)

Nah, yang menjadi pertanyaan, apakah kedua pemimpin di atas pernah dibohongi oleh statistik. Tetapi bagaimana mereka dalam mengambil keputusan jika tidak didukung oleh data statistik?

Statistik adalah Alat Andal untuk Menjelaskan Secara Akurat, yang Sudah Ada Sejak Sebelum Masehi

Mengambil informasi yang disampaikan  Djoni Dwijono, dalam Majalah Intisari Edisi No. 509, disampaikan bahwa stastik sudah ada sejak kebudayaan mulai dikenal dengan munculnya simbol-simbol atau gambar-gambar yang mewakili jumlah penduduk, jumlah binatang, jumlah panen dan lain-lain.

Simbol-simbol tersebut bisa dijumpai diberbagai benda, seperti kulit binatang, kayu dan tembok. Tahun 3000 Sebelum Masehi (SM), orang Babilonia (sekarang Irak) menggunakan lembaran tanah liat untuk mencatat jumlah hasil panen atau komoditas yang dijual atau dibarter.

Baca juga: Asal Usul Kalender Masehi.

Orang Mesir mencatat populasi penduduk dan kekayaan negaranya jauh sebelum membangun piramid, di abad ke-321 SM. Di Cina juga terjadi hal yang sama (tahun 2000 SM). Orang Yunani menggunakan sensus dasar penetapan pajak tahun 594 SM.

Kekaisaran Roma merupakan pemerintahan pertama yang secara intensif mengumpulkan data populasi penduduk daerah jajahan, dan kekayaan jajahannya.

Beberapa negara di Eropa sudah melakukan sensus secara kecil-kecilan. Raja Pepin di tahun 758 dan Raja Charlemagne di tahun 762 memberi perintah untuk mencatat perpindahan penduduk. Raja William I dari Inggris berdasar ide dari Norman si Penakluk Inggris, tahun 1066 mengadakan sensus yang selesai tahun 1086.

Catatan kelahiran dan kematian dimulai di Inggris awal abad ke-16. Tahun 1662 studi tentang statistik populasi penduduk mulai dilakukan dan hasil penelitian ditulis pada London Bills of Mortality. Studi yang sama dilakukan di Breaslau, Jerman tahun 1691 oleh ahli astronomi Inggris bernama Edmond Halley yang berhasil membuat tabel kelahiran dan kematian.

Di abad ke-19 dengan aplikasi metode ilmiah dari ilmu pasti dan ilmu sosial, para peneliti mampu mengubah informasi menjadi data numeris untuk mengurangi ambiguitas panafsiran deskripsi secara verbal.

Saat ini statistik merupakan alat yang andal untuk menjelaskan secara akurat data ekonomi, politik, sosial, psikologi, biologi dan lainnya. Juga berfungsi sebagai alat untuk menganalisis dan mengorelasikan berbagai data.

Pekerjaan ahli statistik tidak hanya mengumpulkan dan menabulasi data, tetapi juga memroses dan menafsirkan informasi yang diperoleh. Pengembangan teori kemungkinan menambah luasnya statistik. Banyak data yang bisa diperkirakan secara tepat dengan distribusi probabilitas dan hasilnya digunakan untuk menganalisis data statistik.

Itu dia sedikit  informasi singkat tentang statistik. Semoga informasi tersebut bermanfaat. 

Belum ada Komentar untuk "Informasi Singkat tentang “Statistik”"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel