Tips Mengatasi Nyeri Pinggang

Nyeri pinggang? Anda pasti pernah melihat seseorang atau mungkin Anda sendiri merasakan sakit di pinggang yang membuat Anda tidak nyaman dalam beraktivitas. Dengan jalan yang tertatih-tatih, Anda harus berjalan untuk melakukan aktivitas yang menuntut Anda harus berpindah posisi. Pada pembahasan kali ini, tips mengatasi nyeri pinggang, semoga bisa bermanfaat untuk Anda dalam meredam siksaan nyeri pinggang yang membuat Anda tidak nyaman.

Dari sekin banyak referensi terdapat informasi dan juga sumber menarik yang membahas tentang nyeri pinggang, salah satunya dari catatan Nanny Selamihardja yang pernah dimuat dalam Majalah Intisari Edisi No. 483.

tips-mengatasi-nyeri-pinggang
Ilustrasi (Gambar: kinfolkwellness.com.au)

Nyeri pinggang pada bagian bawah dan gangguan fleksibilitas pinggang memang sering diderita masyarakat di negara industri yang diderita oleh 60% sampai 80% tenaga kerja khususnya di daerah perkotaan.

Nyeri Pinggang Belakang Bawah

Tidak dapat dipungkiri nyeri pinggang kebanyakan akan menyebabkan posisi badan harus dimiringkan sedikit, sedangkan salah satu tangan akan memijit-mijit pinggang untuk mengurangi rasa sakit. Kondisi ini pasti pernah Anda lihat saat seseorang mengalami sakit pinggang.

Saraf terjepit sebenarnya adalah cedera pada nucleus pulposus yaitu pada bagian tengah lempeng tulang belakang yaitu seperti agar-agar yang ditutupi beberapa lapisan jaraingan fibrosa. Gangguan ini disebut dengan hernia nucleus pulposis (HNP) atau herniasi.

Menurut dr. Elida Ilyas Sp.Rm, dari Instalasi Rehabilitasi Medik, RSUPN Cipto Mangunkusumo, Jakarta, menyampaikan, “Kalau seseorang mengangkat beban berat dengan posisi salah, yaitu dengan membungkuk, maka akan terjadi penonjolan nucleus pulposus ke arah belakang. Bagian tersebut menjadi jebol ke belakang.”

Baca juga: Apa Benar Cedera Pada Tulang Bisa Menyebabkan Bungkuk?

Begitu beban selesai diangkat, rasa nyeri akan langsung muncul di bagian tersebut, bahkan bisa sampai ke pinggang bawah, bahkan sampai ke kaki.

Terapi yang dilakukan yaitu bisa dilakukan dengan mengunakan brace (seperti korset) untuk mencegah kambuh. Brace berfungsi mengurangi kekakuan otot serta beban tulang punggung. Bahkan saat tidur posisi badan hendaknya lurus dengan kasur rata.

Tulang belakang manusia tersusun atas 33 ruas tulang. Satu sama lain dihubungkan oleh sistem yang unik, yang terdiri atas tulang rawan, otot serta jaringan ikat. Sistem itu bekerja sama untuk mempertahankan tubuh pada posisi tegak.

Gangguan pinggang biasanya berhubungan dengan tiga ruas tulang pinggang (lumbal) atau dengan organ di sekitarnya seperti ginjal, indung telur, dan lain-lain.

Selain HNP, terdapat beberapa penyebab nyeri pinggang belakang bawah atau low back pain (LBP).

Otot-otot pinggang memiliki peranan penting, yaitu terkontraksi untuk mempertahankan keseimbangan seluruh tubuh. Karena sering menanggung beban berat, maka tidak heran bila bagian tersebut mudah terganggu. Apalagi bila seseorang tidak biasa melakukan pekerjaan otot atau sudah lama tidak menggunakan jasa otot.

Penyebab Nyeri Pinggang

Ternyata duduk lama bisa menyebabkan otot pinggang menjadi tegang dan bisa merusak jaringan lunak disekitarnya. Terutama bila duduk dengan posisi terus membungkuk (posisi C) sepanjang hari.

Hal ini disebabkan posisi C tersebut menimbulkan banyak tekanan pada bantalan saraf tulang belakang yang berakibat rasa pegal pada pinggang bawah.

Untuk itu, agar tidak terkena nyeri pinggang, maka disarankan untuk sekali-kali menggerakkan tubuh, berdiri atau berjalan-jalan sebentar beberapa menit untuk meluruskan tubuh, juga menyesuaikan kursi agar kedua kaki menjejak lantai dan sering sering mengubah posisi kaki.

Juga pilihlah kursi yang ergonomis dengan sandaran tegak pendukung pinggang (posisi S). Dengan demikian posisi dua kaki dapat menapak rata dan lutut lurus. Dudukan kursi pun diusahkan tidak menekan bagian belakang paha serta lutut.

Nyeri Pinggang Saat Hamil Muda

Ternyata sakit pinggang juga sering dialami wanita hamil dan juga Anda yang memiliki perut gendut. Beranjak tua, perut seseorang biasanya mulai membuncit karena otot mengecil. 

Postur tubuh pun cenderung ke belakang dan otot belakang menjadi kaku. Postur tubuh berubah melengkung ke belakang menimbulakn nyeri pinggang.

Rasa nyeri pinggang juga bisa disebabkan oleh pertumbuhan atau anatomi tulang yang tidak normal. Tentu saja kelainan tersebut menyebabkan tulang punggung miring sehingga bahu kiri dan kanan tampak tidak seimbang. Selain kelihatan kurang estetis, otot-otot di sekitar tulang punggung juga sering terasa nyeri.

Mengatasi Nyeri Pinggang

Bila sakit pinggang tiba-tiba menyerang, maka bisa diatasi dulu dengan obat penghilang sakit. Kemudian baringkan punggung pada posisi paling nyaman di atas kasur rata sampai rasa sakitnya reda.

Bila selama 3 sampai 5 hari sakitnya tidak kunjung berkurang, maka bisa berkonsultasi pada dokter ahli tulang, ahli saraf atau pada instalasi rawat medik di rumah sakit.

Dan waspadai bila terdapat rasa nyeri dibarengi gangguan pada perut bagian bawah atau samping bawah, pada kandung kemih, kesemutan atau mati rasa pada kaki. Rasa sakit yang tidak berhubungan dengan gerakan atau perubahan postur, apalagi kalau dengan berbaring sakitnya menjadi bertambah, maka perlu segera ke dokter. Bisa saja terdapat hal yang lebih serius, misalnya tumor. Begitu pula kalau rasa sakit tersebut diikuti dengan munculnya bintik-bintik merah dan suhu badan naik.

Gnagguan nyeri pinggang juga bisa disebabkan karena TBC tulang, infeksi prostat, indung telur, rahim, kandung kemih, ginjal, dan lain-lain. 

Itu dia sedikit informasi dan tips mengatasi nyeri pinggang. Semoga informasi tersebut bermanfaat dan menjadi referensi untuk mengatasi nyeri pinggang.

Belum ada Komentar untuk "Tips Mengatasi Nyeri Pinggang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel