Tips Mengatasi Migrain

Istilah yang satu ini sering kita dengar, bahkan mungkin tidak hanya kita dengar, tetapi bahkan merasakannya sendiri. Istilah migrain memang sudah sangat familier di telinga kita, bahkan banyak yang hanya sakit kepala biasa saja sudah menyebutnya dengan migrain. Apa benar begitu? Memang terkena migrain secara tiba-tiba membuat jadi tidak enak hati, yang membuat semua aktivitas harus terhenti untuk sementara waktu. Untuk itulah, tips mengatasi migrain disampaikan disini.

Tidak dapat dipungkiri, sakit kepala bisa menyerang siapa saja. Bahkan menurut data, 9 dari 10 orang setiap tahunnya, sedikitnya sekali pernah terserang sakit kepala. Meskipun biasanya tidak berbahaya, sakit kepala bisa mengganggu aktivitas dan produktivitas seseorang. Apalagi bila nyeri atau sakit kepala tersebut terasa begitu hebat, tentu membuat si penderita harus menghentikan atau mengurangi kegiatannya sehari-hari.

tips-mengatasi-migrain
Ilustrasi (Gambar: my22bmi.com)

Rasa sakit bisa cukup berat, namun derajat sakit kepala tidak dapat dijadikan ukuran apakah termasuk kategori penyakit berbahaya atau tidak.

Migrain adalah Sakit Kepala Sebelah

Migrain atau yang bisa diartikan sebagai sakit kepala sebelah, seringkali menyerang pada kaum perempuan, baik di usia remaja, maupun dewasa muda.

Gejala-gejala yang bisa dirasakan adalah nyeri yang cukup hebat pada satu sisi kepala. Rasa sakit kepala tersebut biasanya berdenyut-denyut, seperti ditusuk-tusuk benda tajam, atau ditarik-tarik.

Baca juga: Sakit Kepala, Pencegahan dan Pengobatannya.

Pada beberapa kasus, penderita migrain, mengalami perasaan tertentu yang tidak normal yang mendahului serangan. Perasaan tersebut dapat berbentuk seperti melihat titik-titik terang, atau garis-garis bergelombang, sampai ke suara-suara yang mengganggu hingga kesemutan.

Penyebab Migrain

Sakit kepala sebelah, sampai saat ini belum diketahui penyebabnya secara pasti,. Menurut dugaan beberapa pakar, hal ini terjadi karena terjadinya pelebaran pembuluh darah pada kulit kepala yang dipicu oleh beberapa faktor.

Terdapat contoh penyebab sakit kepala sebelah, misalnya stress, terjadinya penurunan kadar hormon esterogen pada siklus haid, jenis makanan tertentu seperti keju, coklat, susu sapi dan telur, sehabis terbang jauh (jet lag), obat-obatan kontrasepsi, susunan saraf pusat terlalu berlebihan kepekaannya, faktor keturunan, serta mereka yang menghentikan kebiasaan minum teh atau kopi secara tiba-tiba.

Tips untuk Mengatasi Sakit Kepala Sebelah

Bila Anda terserang sakit kepala sebelah, beberapa tips berikut dapat Anda lakukan untuk meringankan gejala-gejala:

  • Istirahat di dalam kamar yang gelap, tenang dan tidur.
  • Kompres dengan air dingin pada bagian sakit kepala sebelah yang nyeri. Air dingin bisa membantu menyempitkan pembuluh darah.

Itu dia sedikit informasi tentang “tips mengatasi migrain”. Semoga informasi tersebut bermanfaat dan menjadi resensi untuk Anda dalam mengatasi migrain.

Belum ada Komentar untuk "Tips Mengatasi Migrain"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel