Resensi Buku “Nama-nama Islami, Indah dan Mudah”

Anda bingung memberi nama untuk si kecil? Pasti Anda orang tua baru yang saat ini sedang berbahagia menunggu kelahiran bayi yang tinggal menunggu hari. Sangat wajar, rasa dag dig dug memang selalu menggelayuti hati siapa pun yang menunggu kelahiran bayi kecil mungil tersebut. Resensi buku “Nama-nama Islami, indah dan mudah” ini sengaja ingin memberikan informasi kepada Anda sehingga bisa mendapatkan inspirasi nama terbaik untuk si kecil.

resensi-buku-nama-nama-islami-indah-dan-mudah
(Gambar: Dokumen pribadi)

Memberikan nama terbaik memang sudah menjadi kewajiban siapa saja yang akan menjadi orang tua. Meskipun saat ini teknologi sudah semakin canggih yang membuat informasi mudah didapatkan, ternyata masih banyak para orang tua yang kebingungan dalam memberikan nama terbaik untuk anak.

Identitas Buku:

  • Judul buku: Nama-nama Islami, Indah dan Mudah.
  • Penulis: Abdulaziz Salim Basyarahil.
  • Penerbit: Gema Insani.
  • Cetakan: Ketiga Belas, Desember 2005.
  • Jumlah Halaman: 164 Halaman.
  • ISBN: 979-561-168-2

Resensi Buku Non Fiksi “Nama-nama Islam, Indah dan Mudah”

Dari sedikit catatan sang penulis, disampaikan bahwa buku ini merupakan edisi lengkap dari buku yang telah diterbitkan sebelumnya.

Pada edisi lengkap ini terdapat penambahan sejumlah nama-nama baru yang indah didengar, mudah diucap dan penuh makna sehingga memudahkan Anda dalam mencari nama-nama Islami untuk buah hati Anda.

Buku ini sengaja disajikan oleh penulis dengan alasan masih banyaknya orang tua yang meremehkan masalah pemberian nama kepada anak-anaknya sehingga mereka memberikan nama yang tidak jelas maksud dan tujuannya.

Baca juga: Resensi Buku “Nama-nama Islami untuk Anak”.

Padahal nama yang disematkan pada seorang anak merupakan doa dan harapan orang tua kepada anaknya.

Oleh karena itulah setiap orang tua muslim sangat dianjurkan untuk memberikan nama kepada anak-anaknya dengan nama-sama islami, yaitu nama-nama yang baik, indah, dan mengandung makna yang mulia, bukan dengan nama-nama yang tidak enak didengar dan tidak jelas maknanya, bahkan terkesan meniru nama-nama orang non muslim.

Dalam buku ini penulis membagi nama-nama islami tersebut menjadi lima kelompok, yaitu:

  1. Nama-nama yang menggunakan asma Allah Alhusna.
  2. Nama-nama para nabi dan rasul.
  3. Nama-nama para sahabat Rasullullah SAW yang menonjol.
  4. Nama-nama yang biasa digunakan untuk laki-laki.
  5. Nama-nama yang lazim dipakai untuk perempuan.

Nama-nama tersebut di atas menurut penulis digali dan dirangkum dari beberapa sumber, yaitu dari buku-buku sejarah pahlawan dan tokoh-tokoh terkenal dalam dunia Islam di masa lalu dan masa kini. Juga dari buku Mursyidul Asma’ Alrabiyyah Lidz-dzukur Walinats dan buku Almunjid Fillughoh Wala’lam oleh Akran Albustani dan buku Alminjid Fillughoh Waladab Walulum oleh Luis Ma’luf.

Selain itu, nama-nama terbaik juga didapat dengan merangkum dan menggali nama-nama islami itu sedalam mungkin dengan harapan nama-nama tersebut dapat mencakup seluruh nama islami yang indah mengandung arti serta makna yang baik, mudah diucapkan dan tidak berat didengar.

Yang menarik dalam buku ini juga disampaikan perihal penting dalam proses menunggu si kecil (mendambakan keturunan), antara lain:

  • Azan dan Iqamah di telinga bayi.
  • Mempersiapkan nama.
  • Nama yang islami.
  • Pemberian nama yang baik adalah hak anak.
  • Kaitan nama dengan sifat orangnya.
  • Nama Rasulullah SAW.
  • Anjuran Rasulullah SAWA tentang pemberian nama-nama yang baik.
  • Mencukur rambut bayi.
  • Akikah untuk bayi yang lahir.
  • Mengkhitankan bayi.

Itu sedikit informasi tentang resensi buku “Nama-nama Islami, indah dan mudah”. Semoga informasi tersebut bermanfaat dan menjadikan Anda tertarik membaca buku tersebut dan mendapatkan pedoman dalam memberi nama terbaik untuk anak.

Belum ada Komentar untuk "Resensi Buku “Nama-nama Islami, Indah dan Mudah”"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel