Tips Membaca Kreatif

Membaca… Aktivitas ini terlihat seperti kelihatan remeh yang bisa dilakukan oleh siapa saja. Hanya tinggal membuka buku kemudian, dibaca lembar demi lembar sesuai yang ada di dalam buku. Namun yang menjadi pertanyaan, apakah isi setiap buku atau bacaan yang baru selesai dibaca lewat begitu saja tanpa Anda pahami? Kalau Anda ingin mendapatkan pengalaman yang berbeda, Anda bisa membaca tips membaca kreatif berikut ini.

tips-membaca-kreatif
Ilustrasi (Gambar: dannorris.me)

Bisa diakui tidak setiap orang sama dalam memahami isi sebuah buku, ada yang membaca buku sambil lalu tanpa memahami makna yang disampaikan buku, ada pula yang langsung mempengaruhi pikiran. Untuk bisa langsung mengena ke pikiran, tentu ada cara tersendiri, bagaimana cara agar segala pengetahuan yang dibaca bisa benar-benar berguna untuk meningkatkan kualitas hidup, tentu ada cara tersendiri.

Membaca Kreatif adalah Sebuah Cara Memahami Makna di Balik Materi Dalam Buku

Sebenarnya ada banyak sekali referensi yang membahas tentang membaca kreatif ini. Salah satunya yang disampaikan oleh Yacob Suparsa Asman dan pernah dimuat dalam Majalah Intisari Edisi No. 483.

Untuk membaca dan mengetahui apa yang dibaca memang sangat tergantung dari cara membaca yang dipilih. Berdasarkan kedalaman pemahaman atas teks bacaan atau berdasarkan tingkatannya, maka membaca dibedakan atas:

  • Membaca literal.
  • Membaca kritis.
  • Membaca kreatif.

Baca juga: Tips agar Anak Senang Membaca Buku.

Membaca literal bertujuan hanya mengenal arti yang tertera secara tersurat dalam teks bacaan, dan pembaca cukup menangkap informasi yang tertera secara literal (reading the lines) dalam teks bacaan, dan tidak berusaha mendalami atau menangkap lebih jauh.

Membaca kritis merupakan membaca untuk memahami isi bacaan secara rasional, kritis mendalam, disertai keterlibatan pikiran untuk menganalisis bacaan. Pembaca akan mencamkan lebih dahulu materi yang dibacanya. Seorang pembaca kritis menggunakan empat cara secara aktif, meliputi bertanya (seolah-oleh berdialog dengan teks bacaan), menyimpulkan, menghubungkan satu keterangan dengan keterangan lain dan menilai ide-ide dalam bacaan.

Membaca kreatif adalah suatu kegiatan membaca ini menjadi suatu proses untuk mendapatkan nilai tambah dari pengetahuan baru yang terdapat dalam bacaan, dengan cara mengidentifikasi ide-ide yang menonjol atau mengombinasikan dengan pengetahuan yang pernah diperoleh sebelumnya.

Dalam membaca kreatif, seorang pembaca dituntut untuk mencermati ide-ide yang dikemukakan seorang penulis, kemudian membanding-bandingkannya.

Proses lebih penting dari kegiatan membaca kreatif itu, tidak hanya sekedar menangkap makna dan maksud bahan bacaan, tetapi juga menerapkan ide-ide atau informasi yang tertuang dalam bacaan dalam kehidupan sehari-hari, khususnya kualitas hidupnya.

Pembaca juga diharapkan dapat melakukan aktivitas yang bermanfaat bagi peningkatan kualitas hidupnya berdasarkan informasi dari bacaannya. Dengan menerapkan informasi diharapkan, kualitas hidup pembaca akan lebih terarah dan meningkat. Bila ternyata selesai membaca tidak ada tindak lanjutnya, berarti ia bukan pembaca kreatif.

Dalam diri seorang pembaca kreatif maka secara otomatis akan tampak sejumlah kemajuan, baik dalam kognitif, afektif, maupun psikomotorik. Dengan kata lain, tingkatan membaca kreatif lebih tinggi daripada membaca literal atau kritis.

Tujuan Membaca Kreatif Adalah Memberikan Manfaat dalam Berbagai Bidang

Terdapat banyak sekali manfaat yang didapatkan dari membaca kreatif. Banyak hal yang akan terjadi pada seorang pembaca kreatif, antara lain:

  • Kegiatan membaca yang dilakukan tidak berhenti sampai pada saat ia selesai membaca buku.
  • Ia mampu menerapkan hasil membacanya untuk kehidupan sehari-hari.
  • Muncul perubahan sikap serta tingkah laku setelah proses membaca dilakukan.
  • Hasil membaca akan berlaku dan diingat sepanjang masa.
  • Mampu menilai secara kritis dan kreatif bahan-bahan bacaannya.
  • Mampu memilih atau menentukan bahan bacaan yang tepat sesuai dengan kebutuhan atau minatnya.
  • Mampu memecahkan masalah kehidupan sehari-hari yang sedang dihadapi dengan menggunakan bacaan sebagai pegangan.
  • Tampak kemajuan dalam cara berpikir atau cara pandang terhadap suatu masalah.
  • Terbentuk kematangan dalam cara pandang, sikap dan cara berpikir.
  • Tampak wawasan semakin jauh ke depan dan mampu membuat analisis sederhana terhadap suatu persoalan.
  • Ada peningkatan dalam prestasi atau profesionalisme kerja.
  • Semakin berpikir praktis dan pragmatis dalam segala persoalan.
  • Semakin kaya ide, baik dalam meningkatkan mutu maupun membuat terobosan baru dalam memecahkan persoalan.
  • Semakin kuat dorongan untuk membaca dan mencari terus sumber-sumber baru.
  • Semakin enak diajak bertukar pikiran atau pengalaman karena semakin kaya wawasan.

Itu dia sedikit informasi dan tips membaca kreatif. Semoga informasi tersebut bermanfaat dan bisa menjadi referensi untuk Anda.

Belum ada Komentar untuk "Tips Membaca Kreatif"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel