Tips Sukses Menabung

Masih ingat pepatah lama “rajin menabung pangkal kaya”? Meskipun saat ini pepatah ini banyak dipatahkan, karena banyak yang menganggap kurang tepat, namun sedikit banyak, menabung memiliki manfaat. Menabung biasanya dijadikan sarana untuk mencapai tujuan, misalnya ingin membeli sesuatu yang diimpikan dan dibutuhkan. Nah, kali ini dengan tips sukses menabung akan memberikan informasi dan saran  untuk Anda yang sering berupaya untuk menabung, namun gagal.

tips-sukses-menabung
Ilustrasi (Gambar: carainvestasibisnis.com)

Tidak dpat dipungkiri, menabung  adalah tindakan yang sederhana dan bijak, meskipun terlihat mudah, namun pada kenyatannya, banyak yang gagal menabung.

Cara Sukses Menabung

Sebenarnya banyak sekali saran dan tips yang mudah didapatkan di berbagai artikel di internet, namun kali ini ada saran sederhan dan mudah yang disampaikan oleh Firdaus Siagian di Bandung, yang tipsnya pernah dimuat dalam Majalah Intisari Edisi No. 513.

Baca juga: Pilih Mana Tabungan atau Deposito?

Terdapat beberapa trik sukses menabung, antara lain:

  1. Tentukan tujuan jangka panjang dan jangka pendek yang ingin dicapai. Misalnya, menabung dengan tujuan untuk membeli motor dalam 3 tahun mendatang, menukar mobil dalam dua tahun atau sebagai dana persiapan biaya menikah enam tahun ke depan.
  2. Buka rekening khusus, yang sama sekali terpisah dengan rekening kebutuhan sehari-hari. Hal ini dimaksudkan agar tidak tercampur antara dana untuk kepentingan belaja dengan dana untuk menabung.
  3. Susun anggaran. Dengan anggaran yang disusun akan terbaca berapa dana yang habis digunakan untuk kebutuhan sehari-hari, dan berapa sisa dana yang masih dapat digunakan untuk menabung.
  4. Sisihkan pendapatan Anda secara rutin untuk dimasukkan ke dalam rekening tabungan. Misalnya, 10% dari total pendapatan. Persentase itu pun bisa bervariasi tergantung dari kebutuhan dan kemampuan.
  5. Masukkan ke dalam rekening tabungan, bila suatu saat mendapat penghasilan di luar pendapatan rutin.
  6. Komitmen dan disiplin. Dua hal ini sangat penting, karena tanpa komitmen dan disiplin, meskipun Anda bersemangat, tidak akan ada hasilnya.

Itu dia sedikit informasi tentang “tips sukses menabung”. Semoga informasi tersebut bermanfaat untuk Anda yang sudah mulai berkomitmen untuk menabung.

Belum ada Komentar untuk "Tips Sukses Menabung"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel