Tips Memilih Mobil untuk Mudik

Bulan Ramadhan akan hadir beberapa bulan lagi, tentu saja lebaran menjadi hal menyenangkan setelah melaksanakan ibadah puasa dengan berkumpul bersama keluarga. Tentu ada hal menyenangkan yang sudah menjadi tradisi masyarakat Indonesia, yaitu mudik lebaran. Untuk itu, mempersiapkannya lebih awal menjadi pilihan terbaik. Tips memilih mobil untuk mudik menjadi informasi yang tepat untuk Anda agar bisa mempersiapkan mudik lebih dini.

tips-memilih-mobil-untuk-mudik
Ilustrasi (Gambar: halodoc.com)

Memang banyak sekali pilihan untuk melaksanakan mudik, mulai dari kereta api, kendaraan umum hingga kendaraan pribadi. Tentu dengan persiapan yang matang dan lebih dini, akan membuat mudik menjadi lebih tenang. 

Cara Memilih Mobil  Untuk Mudik Lebaran

Mudik lebaran tidak bisa dianggap remeh, untuk itulah membutuhkan persiapan yang matang, salah satunya dalam mempersiapkan kendaraan untuk mudik. Mengambil informasi yang disampaikan A. Bimo Wijoseno yang beberapa catatannya pernah dimuat dalam Majalah Intisari Edisi No. 507, bahwa untuk mudik juga perlu mengatur strategi, kendaraan apa yang sebaiknay dipakai untuk mudik?

Tentu saja untuk mudik, kendaraan yang dipilih adalah kendaraan yang sesuai untuk menempuh perjalanan jarak jauh, menghadapi kemacetan serta kondisi jalanan yang rusak, juga kondisi jalanan luar kota yang sering dilalui kendaraan besar, seperti bus dan truck, serta kendaraan berdaya tampung besar  lainnya.

Terdapat banyak pilihan jenis kendaraan yang bisa dibawa mudik, mulai dari jenis sedan, city car, utility car, sport utility vehicle (SUV) dan multi purpose vehice (MPV).

Ada banyak pertimbangan dalam memilih kendaran untuk mudik, misalnya ingin memilih kendaraan jenis sedan, untuk perjalanan jarak jauh. Mobil jenis sedan dikenal sebagai kendaraan yang nyaman dan aman dikendarai dalam kecepatan tinggi, dan perjalanan jarak jauh menjadi cepat dan nyaman. Namun, bila menemui jalan yang kondisinya buruk, atau harus menerjang banjir, tentu saja kendaran jenis sedan akan menyerah. Bisa-bisa rusak karena terantuk batu atau terendam banjir, apalagi daya muat kabinnya juga terbatas, hanya bisa memuat maksimal empat orang dewasa dan satu anak, plus bagasi.

Tidak hanya itu, sedan pada jenis tertentu (yang memiliki kapasitas mesin besar, harus menggunakan bahan bakar Pertamax atau Pertamax Plus.

Baca juga: Tips Sehat di Perjalanan dan Bugar Saat di Tujuan.

Bagaimana dengan city car? Mobil pada jenis city car ini cukup lumayan untuk menaklukkan rute yang tidak saja jauh, tapi juga dalam kondisi macet. Bentuk mobil ini yang mungil membuat mobil ini sangat lincah dikendarai di saat lalu lintas padat. Apalagi konsumsi bahan bakarnya tergolong irit. Meskipun bisa dipacu dengan kecepatan tinggi, namun hal ini bisa membuat mobil ini menjadi tidak nyaman.

Aktivitas mudik tentu berhubungan dengan jumlah orang yang ikut didalamnya. Untuk Anda yang mudik dengan anggota keluarga dengan jumlah banyak, maka Anda bisa memilih utility vehicle. Daya muat kendaraan jenis ini tentu tidak dapat diragukan lagi, dan daya jelajahnya juga lebih baik dari sedan. Dan untuk kenyamanan tentu saja kendaraan bisnis ini masih di bawah sedan.

Tentu saja karena kenyamanan bukan menjadi ciri khas kendaraan niaga, perjalanan jarak jauh menjadi melelahkan.

Kalau ingin kendaraan yang bisa mengangkut banyak orang namun bisa nyaman seperti sedan, maka MPV bisa menjadi pilihan. Mobil jenis MPV ini kinerjanya mendekati  sedan dengan daya tampung melebihi sedan, dan MPV bisa menjadi pilihan yang menarik.

Namun bagaimana, bila yang mudik sedikit, kalau memilih MPV bisa saja mobil akan terasa kosong , mungkin lebih cocok menggunakan SUV. Banyak yang mengatakan SUV adalah perpaduan antara sedan dan jip. Keamanan dan kenyamannya pun tidak kalah dengan sedan, bahkan jalanan yang rusak dan banjir pun bisa dilalui dengan santai. Hal ini disebabkan karena jarak antara bodi ke tanah lebih tinggi dari pada sedan.

Yang utama yang harus menjadi pertimbangan saat memilih mobil untuk mudik adalah jumlah anggota keluarga yang akan ikut mudik dan hal ini menentukan jenis mobil yang digunakan. Seseorang yang memiliki keluarga besar, tentu tidak akan memilih mobil, kota, sedan, MPV atau SUV berukuran kecil, karena daya tampungnya terbatas. Pilihan yang ideal tentu jatuh pada kendaraan jenis utilty vehicle atau MPV ukuran bear.

Tips Mempersiapkan dan Cara Memilih Mobil Bekas Berkualitas untuk Mudik

Apabila mobil yang dipilih sudah didapatkan, terdapat beberapa persiapan yang harus dilakukan, yaitu dengan mengecheck kesiapan fisik mobilnya.

Terdapat beberapa bagian yang harus dicheck, yaitu:

  1. Plat kopling.
  2. Rem.
  3. Bearing/bantalan roda/ lager.

1. Plat kopling.

Untuk mengetahui aus tidaknya plat kopling, tidak harus dengan membongkar transmisinya. Caranya, saat mesin hidup, tarik tuas rem tangan. Masukkan gigi satu kemudian lepas koplingnya secara perlahan. Rasakan perpindahan tenaga, sambil perhatikan kinerja mesinnya.

Bila mesin langsung mati, berarti kopling masih dalam kondisi prima. Pastikan rem tangan mobil pakem.

Bisa juga dengan cara lain, yaitu dengan menjalankan mobil seperti biasa. Saat berjalan, injak gas tiba-tiba. Bila mesin meraung-raung dulu baru jalan, berarti plat koplingnya harus diganti baru.

2. Rem

Kampas rem sangat sering dipakai. Untuk mengechecknya, pada rem cakram cukup dengan membuka ban dan periksa ketebalan kampasnya.

Kalau masih menggunakan tromol, terdapat pekerjaan tambahan yakni membersihkan rumah tromolnya. Gunakan kuas untuk membersihkannya.

3. Bearing/bantalan roda/lager

Biasanya mobil yang dibawa mudik akan menerima beban lebih dari biasanya dan menempuh perjalanan jauh.

Bila muncul suara dengungan dari roda, kemungkinan bearingnya minta diganti yang baru. Untuk memeriksanya dongkrak mobil, kemudian goyang-goyang rodanya, ke atas, bawah, kiri-kanan. Kalau terasa ada celah dan terasa berguncang, sebaiknya segera diganti.

Tips Badan Bugar Setelah Mengemudi

Mengemudi dalam jangka waktu lama, tentu membuat badan terasa kaku. Untuk itu, kita membutuhkan gerak badan. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Kencangkan otot paha, tahan 2sampai 3 detik, kendurkan lagi. Ulangi lima kali.
  2. Pegang setir dengan kedua tangan. Tekan yang keras ke arah dalam. Tahan 2 sampai 3 detik. Kembali kendurkan. Ulagi lima kali.
  3. Gerakkan kepala ke arah bahu kanan, ke tengah. Kemudian ke bahu kiri, ke tengah lagi.Ulangi selama lima kali.

Untuk gerak badan ini tentu dilakukan saat laju kendaraan tidak terlalu kencang dan kedua tangan tetap memegang kemudi.

Usahakan istirahat sejenak setelah menempuh 2 sampai 3 jam perjalanan. Kalau mengantuk, usahakan tidur sejenak. Jangan menunda rasa kantuk dengan minum suplemen, lebih baik istirahat, karena keselamatan keluarga lebih utama.

Itu dia sedikit informasi dan tips memilih mobil untuk mudik. Semoga informasi ini bermanfaat dan bisa menjadi referensi sebelum Anda melaksanakan mudik.

Belum ada Komentar untuk "Tips Memilih Mobil untuk Mudik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel