Tips Menumbuhkan Kreativitas Pada Anak

Dunia semakin berkembang, begitu pula dengan teknologi yang sangat mempengaruhi kehidupan kita. Di tengah semakin berkembangnya teknologi tersebut, ada satu hal yang harus diperhatikan, yaitu tentang kreativitas. Sebagaimana kita ketahui bahwa kehadiran piranti teknologi juga memiliki pengaruh luar biasa baik, secara positif atau pun negatif. Tentu hal ini juga membutuhkan tips dan cara tersendiri terutama bagi para orang tua untuk bisa memunculkan kreativitas anak di tengah pengaruh teknologi tersebut. Tips menumbuhkan kreativitas pada anak ini sengaja disampaikan sebagai input atau saran bagi para orang tua.

tips-menumbuhkan-kreativitas-pada-anak
Ilustrasi (Gambar: skoolopedia.com)

Sangat banyak cara dan tips memunculkan kreativitas anak, dari berbagai referensi tersebut terdapat cara menumbuhkan kreativitas yang sangat efektif yang didapatkan dari Paulus Subiyanto dari Denpasar, yang pernah dimuat di Majalah Intisari Edisi No. 504.

Cara Mengembangkan Potensi yang Terpendam pada Anak

Kreativitas merupakan salah satu potensi anak yang harus dikembangkan sejak dini, karena dengan kreativitas tersebut menjadi pondasi anak bisa menyelesaikan masalah, mampu berpikir secara out the box dan memiliki rasa ingin tahu.

Baca juga: Tips Melatih Daya Ingat Balita.

Potensi kreativitas sebenarnya sudah dimilki anak-anak sejak mereka lahir. Maka peran orang tua dan guru yang harus memastikan potensi mereka agar berkembang secara optimal. Katanya, daya kreatif ini yang menentukan kemampuan seseorang kelak bisa meraih kesuksesan.

Terdapat beberapa cara mengembangkan potensi yang terpendam, antara lain:

  • Bebaskan anak dalam berimajinasi, kemudian tuntun agar anak bisa mengekspresikannya melalui gambar, cerita lisan, tulisan, gerakan, lagu atau musik. Pandanglah secara positif daya imajinasi atau daya khayal anak. Bila kreativitas diibaratkan ikan, maka imajinasi adalah airnya.
  • Hindari pelabelan ‘anak nakal’, ‘pemimpi’, ‘suka mengada-ada’ saat seorang anak sedang menggunakan daya imajinasinya.
  • Jawab setiap pertanyaan dengan lugas untuk memuaskan keingintahuan anak.
  • Hati-hatilah dengan lomba yang saat ini marak, karena kreativitas membutuhkan kebebesan psikologis. Hal ini berarti, hanya berkarya dengan mengikuti dorongan hati, tanpa ada target  harus mendapatkan prestasi.
  • Pilih perminan dan mainan yang menantang untuk berkreasi, bukan sekedar untuk menikmati barang jadi.
  • Dekatkan dengan  karya-karya seni, misalnya lukisan, drama, musik, konser dan sejenisnya, agar terjadi resonansi gelombang seni dalam jiwa anak.
  • Alam merupakan karya seni yang paling besar. Maka dekatkan anak-anak dengan alam, seperti hutan, pantai, gunung dan ajari utnuk menghargainya.
  • Hargai dan puji segala hasil kreativitas anak sejelek apa pun hasilnya.

Itu dia sedikit informasi dan tips menumbuhkan kreativitas pada anak. Semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Tips Menumbuhkan Kreativitas Pada Anak"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel