Tips Mempersiapkan Dana Rekreasi

Beberapa hari ini di beranda media sosial banyak muncul berbagai hal yang berhubungan dengan bagaimana mengatur keuangan keluarga, apalagi sejak kenaikan BBM beberapa waktu lalu yang membuat banyak harga bahan-bahan pokok naik. Tentu hal ini mempengaruhi pola pengaturan keuangan keluarga, termasuk diantaranya Anda yang sudah merencanakan untuk liburan. Dengan naiknya harga BBM yang berpengaruh pada kenaikan harga barang lainnya, tentu dibutuhkan cara tersendiri termasuk tips mempersiapkan dana rekreasi yang tentunya mengalami perubahan.

tips-mempersiapkan-dana-rekreasi
Ilustrasi (Gambar: juneaucf.org)

Dapat diakui dengan naiknya berbagai barang, harga sewa hotel, biaya perjalanan, tentu kita harus menghitung ulang rencana berlibur atau rekreasi bersama keluarga tersebut. Dan mungkin ini yang menurut para perencana keuangan, seperti yang disampaikan Eko Endarto, R.F.A di Jakarta yang tulisannya pernah dimuat dalam Majalah Intisari, dikarenakan tidak mempersiapkan dana atau pos khusus untuk biaya rekreasi.

Mempersiapkan Anggaran Dana Rekreasi

Dapat dipahami bahwa rekreasi adalah kegiatan antara penting dan tidak penting, juga termasuk kebutuhan tersier. Namun bila Anda hidup dan tinggal di kota besar, rasanya rekreasi ini seperti hal wajib.

Rutinitas kantor dan juga kemacetan yang harus dihadapi sehari-hari membuat orang menjadi cepat bosan, jenuh dan capek. Tentu saja rekreasi menjadi salah satu cara untuk mengusir kejenuhan ini.

Baca juga: Tips Mempersiapkan Dana Kesehatan.

Yang menjadi masalah dalam hal ini ini adalah kurangnya persiapan atau anggaran untuk berlibur ini yang sering terabaikan dalam perencanaan keuangan keluarga. Yang sering terjadi, mungkin karena menganggap hal tersebut kebutuhan tersier, menjadikan kebutuhan untuk liburan tersebut tidak dianggarkan.

Padahal kalau kita mencoba menulis berapa banyak biaya yang dikeluarkan untuk biaya rekreasi, seperti biaya untuk membeli BBM, biaya makan, tiket masuk tempat wisata, biaya menginap, oleh-oleh, Anda baru menyadari kalau dananya sangat besar melebihi anggaran untuk membayar listrik bulanan.

Cara Mempersiapkan Liburan dengan Disiplin Anggaran

Dapat dipahami dengan kenaikan harga BBM dan juga naiknya barang memang membuat hal ini membengkaknya budget atau anggaran untuk rekreasi tersebut.

Kurangnya atau abai atas kebutuhan dana ini memang membuat kita harus mengambil dana untuk kebutuhan lainya, misalnya keinginan untuk memenuhi permintaan anak atau kita sendiri yang ingin memiliki barang yang sebenarnya hal tersebut tidak perlu membuat kita teledor atas disiplin anggaran ini.

Hal ini tentu saja karena tidak adanya angka yang jelas dalam menentukan berapa besarnya biaya rekreasi tersebut, biasanya yang terjadi adalah bayar dulu baru hitung kemudian, tentu saja hal ini mirip dengan taktik hit and run, yang mengakibatkan dikorbannya tagihan-tagihan yang belum jatuh tempo, pengurangan uang belanja atau bahkan meminjam sementara uang tabungan.

Untuk menghindari hal tersebut, sudah waktunya mulai saat ini membuat anggaran khusus untuk rekreasi. Memang dengan adanya anggaran rekreasi ini dapat berpengaruh pada anggaran pengeluaran keluarga secara keseluruhan. Namun, bila tidak berhati-hati, biaya rekreasi bisa mengganggu dan mengitervensi anggaran lainnya.

Terdapat 3 hal yang harus dilakukan sebelum membuat anggaran rekreasi, antara lain:

1. Dahulukan pengeluaran utama.

Pengeluaran utama yang dimaksud disini adalah kebutuhan pokok keluarga, tagihan bulanan, dan juga untuk membayar cicilan hutang. 

Anggarkan terlebih dahulu untuk pembayaran hutang, baru kemudian menyisihkan untuk dana rekreasi.

2. Displin dalam berbelanja berdasarkan anggaran yang ada.

Tiap keluarga pasti memiliki pengeluaran rekreasi yang berbeda. Apabila sudah menentukan pengeluaran biaya rekreasi per bulan, maka harus disiplin untuk menyisihkan dana tersebut. Begitu pula bila kurang, jangan mengambilnya dari anggaran lainnya.

Dan bila mendapatkan dana lebih, bisa disimpan untuk kebutuhan biaya rekreasi di masa yang akan datang misalnya untuk liburan akhir tahun.

3. Sesuaikan kebutuhan rekreasi dengan anggaran yang tersedia.

Disini kita bisa menentukan pengeluaran untuk rekreasi sesuai dengan anggraan dan rencana kemana liburan tersebut akan dilakukan.

Membuat Anggaran Liburan

Sebenarnya tidak ada angka yang benar atau angka yang mutlak untuk menentukan biaya rekreasi. Namun terdapat hal-hal khusus yang bisa menjadi acuan dalam mengambil keputusan, antara lain:

1. Jenis dan tempat rekreasi.

Bila rekreasi yang dipilih adalah rekreasi sederhana, tentu akan berbeda anggarannya dengan rekreasi yang bersifat kompleks.

2. Jangka waktu dan frekuensi.

Rekreasi yang dilakukan juga tergantung pada jangka waktu dan berapa kali dalam satu bulan kegiatan itu dilakukan.

3. Besarnya dana yang tersedia untuk disisihkan.

Ada keluarga yang menganggap rekreasi bukan sebagai kegiatan utama, tentu hal ini membuat keluarga tersebut menganggarkan biaya rekreasi dalam jumlah kecil..

Itu dia sedikit informasi dan tips mempersiapkan dana rekreasi. Semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Tips Mempersiapkan Dana Rekreasi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel