Ternyata Kacang Bisa Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Siapa yang mengira, ternyata kacang bisa menurunkan risiko penyakit jantung? Selama ini kebanyakan orang selalu menganggap kacang, khususnya kacang tanah sebagai sumber kelesterol penyebab dan pemicu sumber kegemukan.

Ternyata Kacang Bisa Menurunkan Risiko Penyakit Jantung
Ilustrasi (Foto: Max Pixel)

Ternyata setelah mencari berbagai referensi dari berbagai artikel kesehatan dan juga informasi yang memahami tentang makanan sehat, ternyata hal tersebut bahwa kacang tanah sebagai sumber kolesterol ternyata hanya mitos. Sebaliknya kacang tanah bisa memberikan sejumlah manfaat bagi tubuh.

Kacang Tanah, Penurun  Risiko Penyakit Jantung

Kacang-kacangan termasuk diantaranya kacang tanah, kaya akan nutrisi nabati yang diperlukan bagi tubuh. Nutrisi tersebut antara lain protein, lemak, serat, zat besi, dan vitamin E. Semua nutrisi ini akan mengoptimalkan kerja sistem tubuh.

Dari hasil penelitian Gary Faser, Ph.D di Loma Linda University, Amerika Serikat membuktikan bahwa dengan mengonsumsi kacang seminggu sekali, seseorang memiliki kemungkinan terkena penyakit jantung 25% lebih rendah bila dibanding mereka yang tidak mengonsumsi kacang.

Baca juga: Minyak Ikan Cod.

Hal ini terbukti pula, pada mereka yang mengonsumsi kacang sedikitnya 5 kali dalam seminggu memiliki kemungkinan ½ kali lebih rendah terkena hipertensi sampai stroke, dari mereka yang tidak mengonsumsi kacang.

Hal di atas dimungkinkan karena kacang-kacangan, termasuk juga kacang tanah, memiliki kandungan asam lemak tak jenuh yang sangat tinggi. Asam lemak tak jenuh ini yang memiliki peran untuk menurunkan risiko penyakit jantung koroner.

Kacang-kacangan Bisa Menurunkan Kadar Kolesterol

Kacang-kacangan juga mengandung fitosterol (lemak nabati) dan Beta-Sitosterol (SIT) yang aman bagi jantung dan memiliki kemampuan untuk menghambat pertumbuhan kanker. Tidak hanya itu, SIT juga memberikan perlindungan dari kanker usus, prostat dan payudara.

Fitosterol juga berperan dalam menurunkan kadar kolesterol dan level tryglyserida, dengan cara memblok penyerapan (absorsbsi) kolesterol dari makanan yang disirkulasikan dalam darah, dan mengurangi penyerapan kembali (reabsorbsi) kolesterol dari hati. Inilah yang membuat kesehatan jantung menjadi tetap terjaga.

Ternyata, kacang juga mengandung Omega 9 atau asam oleat yang bisa menurunkan ateroskelerosis atau penyumbatan pembuluh darah. Asam lemak turunan ini memiliki peranan penting dan spesifik dalam mempertahankan kesehatan tubuh.

Jadi untuk menjaga kesehatan jantung, maka mulailah dengan mengonsumsi kacang-kacangan. Selain itu juga dengan melakukan olahraga secara teratur dan mengatur pola makan yang sehat. Semoga informasi tentang “ternyata kacang bisa menurunkan risiko penyakit jantung” ini bermanfaat dan memberikan informasi untuk tidak khawatir saat mengonsumsi kacang-kacangan.

Belum ada Komentar untuk "Ternyata Kacang Bisa Menurunkan Risiko Penyakit Jantung"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel