Safe Deposit Box

Pernahkah Anda saat mengunjungi sebuah bank, disitu ternyata terdapat pamflet, yang menuliskan bahwa untuk nasabah tertentu bisa mendapatkan fasilitas SDB atau Safe Deposit Box. Yang menjadi pertanyaan sekarang adalah apa itu safe deposit box?

Safe Deposit Box adalah Jasa Penyewaan Kotak Penyimpanan Barang Berharga

Beberapa bank saat ini memang memiliki jasa yang lengkap, selain jasa transfer dana. Salah satunya adalah jasa persewaan tempat penyimpan atau bisa disebut dengan kotak atau box kepada nasabahnya, sebagai tempat menyimpan barang-barang dan atau surat-sura tpenting atau berharga.

Safe Deposit Box
Safe deposit box (Gambar: investopedia.com)

Kotak tersebut memiliki ukuran tertentu yang bisa dipilih sesuai dengan tarifnya masing-msing. Kotak pengaman ini memiliki dua kunci dan hanya bisa dibuka dengan kedua kunci tersebut. Kunci yang pertama disebut master key (kunci induk), dipegang bank. Kunci induk ini berlaku untuk seluruh kotak pengaman. Kunci kedua adalah kunci kotak masing-masing. Kunci ini diberikan kepada seluruh nasabanya. Artinya bank tidak memiliki kunci cadangan.

Baca juga: Mengenal RTGS.

Nasabah akan diberikan dua anak kunci (salah satunya adalah cadangan). Dengan demikian, bank tidak mengetahui isi dari kotak pengaman nasabah tersebut. Dan hal ini menjadi keuntungan pertama yang dapat diperoleh dari kotak pengaman ini, yaitu kerahasiaan.

Disamping kerahasiaannya yang tinggi, nasabah bisa merasa aman menyimpan barang-barang berharganya di safe deposit box, karena kotak pengaman ini juga terbuat dari bahan yang tahan api dan tahan ledakan (sampai kekuatan tertentu). Keamanan ini juga diperoleh dari komitmen bank bahwa yang boleh memasuki ruang kotak pengaman hanyalah orang yang telah terdaftar, yaitu nasabah penyewa itu sendiri atau kuasanya yang diberikan secara tertulis di atas materai secukupnya.

Di luar daftar orang tersebut, bank tidak akan memberikan ijin untuk memasuki ruang safe deposit box, walaupun mungkin orang tersebut dapat menunjukkan anak kunci dari kotak pengaman. Misalnya seorang suami memiliki kotak pengaman di bank dan tidak memberi kuasa kepada istrinya untuk membuka kotak pengaman yang disewanya.

Bagaimana pun kuatnya argumentasi dari istri, bank tidak akan memberi ijin kepada istri penyewa untuk memasuki ruang safe deposit box tersebut.

Itu dia sedikit infomasi tentang safe deposit box. Semoga memberi gambaran kepada Anda yang ingin mengambil manfaat dari jasa persewaan kotak berharga dan bermanfaat ini.

Belum ada Komentar untuk "Safe Deposit Box"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel