Domino’s Pizza, Pizza Amerika Sejak Tahun 60-an

Pizza… Nama makanan ini memang sudah sangat dikenal bahkan familier di telinga kita, bahkan tidak hanya itu, banyak sekali jajanan dengan model pizza yang membuat nama pizza cukup dikenal. Di antara nama merk pizza terkenal di Indonesia, salah satunya adalah Domino’s Pizza yang saat ini mulai melebarkan sayapnya di berbagai daerah di Indonesia. Namun siapa yang mengira kalau Domino’s Pizza, pizza Amerika sejak tahun 60-an ini menjadi salah satu pizza yang juga digemari.

Domino’s Pizza, Pizza Amerika Sejak Tahun 60-an
Domino’s Pizza 

Bila ditelusuri, maka Domino’s Pizza adalah pizza yang berasal dari Amerika dan bukan dari Italia, karena yang disajikan memiliki ciri khas pizza Amerika dengan rotinya yang cukup tebal. Tetapi jangan salah, ternyata rasanya tidak kalah dengan pizza khas Italia lho.

Tentang Domino’s Pizza

Berbicara tentang asal-usul suatu gerai makanan dan menjadi gerai yang bertahan di tengah perkembangan zaman tentu hal ini sangat menarik. Begitu pula dengan Domino’s Pizza. Domino’s Pizza ini ternyata sudah ada sejak tahuan 1960-an di Ypsilanti, Michigan yang didirikan oleh dua bersaudara, yaitu  Tom Monaghan dan James Monaghan. Namun setelah 8 bulan menjalani bisnis bersama, James Monaghan mengundurkan diri dari patungan usahanya, dengan alasan tidak ingin berhenti dari pekerjaannya semula, yaitu sebagai tukang pos.

Terdapat fakta menarik, Tom Monaghan dengan Domino’s Pizza, ternyata gerai pizza ini didirikan karena saat itu Monaghan tidak bisa menyelesaikan kuliahnya, sehingga tidak ada cara lain yang bisa dilakukannya untuk menghidupi dirinya selain dengan membuka bisnis. Dan bisnis yang dipilihnya adalah bisnis makanan.

Baca juga: Pizza Hut Jemursari.

Karena Monaghan adalah orang Amerika , maka sangat wajar bila pizza yang menjadi menu utama digerainya adalah menu pizza khas Amerika. Dan nama gerainya pada awalnya dalah Dominick Pizza, memang Monaghan membuka bisnis pizza, namun tidak mendirikan dari awal. Dan Tom membeli gerai pizza dengan nama DomiNick.

Pada awalnya Monaghan ingin memberi nama gerai pizzanya dengan nama yang sama saat pertama kalinya membelinya, namun sayang pemilik awal tidak memperbolehkannya, sehingga membuat Monaghan mengganti namanya dengan nama “Domino’s Pizza”.

Hal ini membuat Monaghan merubah nama termasuk logo gerai, sehingga dibuat logo yang hampir sama dengan kartu domino, dengan titik putih di atas bidang kotak merah sebagai lambang lokasi tiga cabang mereka. Saat itu mereka sudah menerima layanan pesan antar dengan mobil VW Beetle tua milik James Monaghan.

Tips Sukses Domino’s Pizza dengan Konsisten atas Rasa

Bisnis selalu berkembang, begitu pula dengan dunia kuliner. Namun ada hal menarik tentang Domino’s Pizza ini. Kalau gerai kuliner lain selalu mengganti menu dan jenis makanan, tetapi hal berbeda dengan Domino’s Pizza, varian rasa pizza yang disajikannya ternyata tidak pernah berubah.

Bahkan mulai tahun 1960 sampai dengan tahun 1989, hanya terdapat dua jenis pizza dengan pilihan 11 topping saja.

Namun terdapat perubahan sejak tahun 1989, yang membuat keputusan dengan memberikan pilihan ragam jenis ukuran pizza dengan topping pizza yang bisa dipilih.

Pizza Domino’s
Pizza Domino’s 

Terdapat fakta lain yang unik, yang membuat kita tercengang, meskipun Domino’s Pizza ini berasal dari Amerika Serikat, ternyata gerai Domino’s Pizza terbanyak terdapat di Inggris dengan jumlah lebih dari 860 gerai. Hal ini membuktikan bahwa masyarakat Inggris sangat menyukai tekstur dan cita rasa pizza dari Domino’s Pizza.

Saat ini dengan semakin berkembangnya ekspansi bisnis yang dilakukan Domino’s Pizza, gerai yang awalnya hanya gerai kecil pizza berubah menjadi restoran fast food terbesar kedua di Amerika Serikat dan memiliki lebih dari 9000 gerai di 60 negara dan juga 50 negara bagian Amerika Seikat. Dan Domino’s Pizza masuk ke Indonesia pada tahun 2008.

Menu utamanya pun tidak hanya pizza saja tetapi juga terdapat menu sampingan seperti berbagai pasta, sandwiches, ayam tanpa tulang, dan juga berbagai menu dessert.

Itu dia sedikit informasi tentang “Domino’s Pizza, pizza Amerika sejak tahun 60-an”. Semoga menginspirasi dan bermanfaat untuk Anda.

Belum ada Komentar untuk "Domino’s Pizza, Pizza Amerika Sejak Tahun 60-an"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel