Usaha Sampingan Penunjang Bisnis Kost

Begitu banyak cara untuk mendapatkan penghasilan, dan mendapatkan passive income menjadi hal terbaik dan paling diharapkan saat ini. Tentunya tidak mudah untuk mewujudkan hal ini, dibutuhkan pengorbanan yang luar biasa, mulai dari niat, tekad, semangat, waktu, modal, bahkan bertahan dalam menghadapi proses. Diantara berbagai pilihan instrumen investasi yang bisa digunakan untuk mendapatkan passive income, maka memiliki asset produktif menjadi hal yang menarik, yang salah satunya adalah bisnis kost. Dan ternyata memiliki bisnis kost pun bisa memberikan hal positif baik untuk pemilik bisnis kost maupun dengan lingkungan sekitar, seperti bisa mewujudkan usaha sampingan penunjang bisnis kost.

Dengan adanya bisnis kost, seharusnya bisa memberikan efek positif luar biasa, salah satunya adalah dengan naiknya taraf hidup pemilik bisnis kost dan juga masyarakat sekitar bisnis kost tersebut. Banyak sekali bisnis penunjang yang bisa didirikan di sekitar usaha rumah kost, yang bisa memberi manfaat bagi penghuni kost, pemilik kost dan juga masyarakat sekitarnya, antara lain:
  1. Rumah makan.
  2. Kedai kopi atau warung kopi.
  3. Depot air isi ulang.
  4. Tempat pencucian motor.
  5. Toko kelontong atau minimarket.
  6. Salon atau klinik kecantikan.
  7. Usaha fotocopy, percetakan dan alat tulis.
  8. Jasa pengiriman barang.
  9. Laundry.
  10. Gym atau pusat kebugaran.
Begitu banyak jenis bisnis yang bisa dibuka dengan adanya rumah kost, dan kalau lingkungan tersebut banyak berdiri rumah kost, tentunya akan menaikkan taraf hidup masyarakat disekitar rumah kost tersebut.

1. Rumah Makan

Mendirikan usaha rumah makan atau tempat makan di sekitar lingkungan rumah kost tentunya akan memberikan peluang bagi masyarakat yang memiliki hobi memasak. Selain para penghuni kost terbantu dengan tidak perlu mencari makanan di lokasi yang jauh, dengan adanya tempat makan yang enak dan murah, hal ini juga memberikan usaha sampingan bagi masyarakat disekitar rumah kost tersebut.

Bisnis rumah makan ;Usaha Sampingan Penunjang Bisnis Kost
Bisnis rumah makan (Sumber gambar: maxmanroe.com)
Selain rumah makan, para pemilik rumah kost juga bisa menawarkan catering bagi para penghuni kost dengan bekerjasama dengan pemilik rumah makan, sehingga bisa memberikan pendapatan yang tetap setiap bulannya. Tentunya yang menarik adalah masakan rumahan yang disukai para penghuni kost.

2. Kedai kopi atau warung kopi

Membuka warung kopi menjadi sebuah peluang untuk anda yang ingin memanfaatkan kondisi dan mendapatkan penghasilan sampingan. Kopi menjadi salah satu sajian minuman yang paling digemari, khususnya bagi anak kost. Sehingga warung kopi yang ada di sekitar tempat kost seolah menjadi tempat nongkrong yang menarik.

Warung kopi;Usaha Sampingan Penunjang Bisnis Kost
Warung kopi (Sumber gambar: ngopisurabaya.com)

Selain itu, di warung kopi anda bisa menyediakan berbagai makanan ringan dan juga mie instan siap saji yang selalu menjadi favorit anak kost.

3. Depot air isi ulang.

Usaha pengisisan air isi ulang ini menjadi slaah satu ladang bisnis yang bisa dibuka di sekitar usaha tempat kost. Untuk itu, anda bisa mencar ipenawaran paket usaha depot air isi ulang. Untuk bisa bersaing dalam peluang bisnis air isi ulang adalah dengan memberikan harga yang bersaing dan juga memberikan gratis biaya antar.

Usaha depot air isi ulang;Usaha Sampingan Penunjang Bisnis Kost
Usaha depot air isi ulang (Sumber gambar: youngnester.blogspot.com)

Setiap penghuni kost tentunya berbeda-beda, ada yang lebih senang dengan air bermerk, namun ada juga yang senang dengan mengisi air kebutuhan sehari-hari dengan air isi ulang, inilah yang bisa memberikan peluang bagi anda untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Selain itu, anda juga bisa melengkapi depot air isi ulang anda dengan menjual berbagai pilihan AMDK (air minum dalam kemasan) dari berbagai merk.

4. Tempat pencucian motor.

Usaha cuci motor tentunya masih menjanjikan untuk dibuka disekitar lingkungan kost. Kalau anda melihat deretan rumah kost. Saat ini para penghuni rumah kost banyak yang menggunakan motor, dan hal ini memberikan peluang tersendiri bagi anda yang ingin membuka usaha cuci motor.

Usaha cuci motor;Usaha Sampingan Penunjang Bisnis Kost
Usaha cuci motor (Sumber gambar: metrobali.com)

Bisnis ini adalah bisnis yang sangat mudah dijalankan dan murah, karena tidak membutuhkan peralatan yang banyak dan bisa memberikan keuntungan yang besar.

5. Toko kelontong atau minimarket.

Membuka toko kelontong atau minimarket disekitar lingkugan rumah kost tentunya akan memberikan penghasilan bagi anda, karena kebutuhan akan barang-barang sehari-hari pasti dibutuhkan oleh setiap penghuni kost. Tidak mungkin kebutuhan yang sedikit penghuni kost harus pergi ke mall, tentunya toko kelontong akan menjadi tujuan utama bagi penghuni kost.

Toko kelontong;Usaha Sampingan Penunjang Bisnis Kost
 Toko kelontong (Sumber gambar: bukalapak.com)

Anda bisa menyediakan kebutuhan utama para penghuni kost, seperti minuman, mie instan, perlengkapan harian seperti perlengkapan mandi, pulsa listrik, pulsa handphone dan berbagai kebutuhan lainnya.

6. Salon atau klinik kecantikan.

Bagi anda yang ahli dalam merawat kulit dan ahli dalam memangkas rambut, membuka salon tentunya bisa menjadi pilihan untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Anda bisa menentukan salon yang akan anda buka, bisa salon khusus untuk wanita saja, atau jasa pangkas rambut biasa.

Salon atau klinik kecantikan;Usaha Sampingan Penunjang Bisnis Kost
Salon atau klinik kecantikan  (Sumber gambar: rumahdijual.com)

Atau kalau anda memiliki keahlian khusus dan memiliki peralatan yang lengkap, maka membuka salon beserta klinik kecantikan menjadi sebuah pilihan yang tepat untuk membuat bisnis kecantikan disekitar rumah kost.

7. Usaha fotocopy dan percetakan dan alat tulis.
Bisnis fotocopy dan membuka toko alat tulis menjadi sebuah peluang tersendiri, khususnya bila rumah kost yang anda buka berada di sekitar kampus. Tempat usaha anda akan ramai dan sangat ramai apalagi menjelang waktu ujian.

Bisnis fotocopy ;Usaha Sampingan Penunjang Bisnis Kost
Bisnis fotocopy (Sumber gambar: usahacetakan.com)

Untuk bisa menjalankan bisnis ini, anda hanya perlu menyediakan mesin fotocopy, mesin laminating, mesin jilid, komputer, printer dan juga mesin pemotong kertas. Peluang mendapatkan penghasilan di bisnis ini sangat luar biasa, sehingga tidak salah bila anda memilih membuka bisnis ini.

8. Jasa pengiriman barang.
Diantara berbagai peluang bisnis yang bisa dibuka di sekitar lingkungan rumah kost, maka bisnis jasa pengiriman barang menjadi peluang bisnis yang menggiurkan, karena saat ini sangat banyak anak kost yang bisa menjalankan usaha online dari rumah kost.

Jasa pengiriman barang;Usaha Sampingan Penunjang Bisnis Kost
Jasa pengiriman barang (Sumber gambar: winanusantaraexpress.com)

Usaha toko online pasti membutuhkan jasa pengiriman barang untuk barang yang dijual di toko online milik anak kost ini. Untuk membuka bisnis ini sangat mudah, anda hanya mencari perusahaan pengiriman barang yang menawarkan kerjasama agen atau waralaba, dan akan mendapatkan keuntungan dari komisi ongkos kirim untuk setiap barang yang dikirimkan.

9. Laundry.
Bisa menggunakan peluang yang ada, sepertinya cocok untuk bisnis yang satu ini, laundry, menjadi sebuah usaha yang perannya sangat dibutuhkan siapa saja termasuk para penghuni kost, apalagi bagi mereka yang super sibuk sehingga tidak sempat untuk mencuci pakaian sendiri.

Bisnis laundry;Usaha Sampingan Penunjang Bisnis Kost
Bisnis laundry (Sumber gambar: merdeka.com)

Kalau anda memilih bisnis laundry di lingkungan yang banyak terdapat rumah kost, maka usahakan pilihlah laundry yang lengkap dengan satu set fasilitas, mulai dari cuci sampai setrika. Dan perlengkapan yang dibutuhkan untuk memulai usaha laundry, antara lain mesin cuci, mesin pengering, setrika dan juga timbangan. Namun, meskipun usaha ini tidak memakan tempat, namun anda dituntut untuk memahami tentang teknik mencuci dan meyetrika dengan baik, sehingga memberikan kepuasan pada pelanggan.

10. Gym atau pusat kebugaran.
Peluang bisnis lainnya yang bisa dibuka dengan semakin menjamurnya bisnis kost adalah gym atau pusat kebugaran. Dengan semakin berkembangnya kesadaran akan kesehatan, saat ini cukup banyak anak kost yang menjadikan nge-gym sebagai bagian dari gaya hidup.

pusat kebugaran;Usaha Sampingan Penunjang Bisnis Kost
Pusat kebugaran (Sumber gambar: serpongku.com)

Untuk anda yang memiliki hobi dan passion di bidang olahraga kebugaran, apalagi memiliki banyak peralatan olahraga, maka usaha ini sangat cocok untuk anda. Karena modal yang dibutuhkan cukup besar, maka hanya sebagian orang saja yang mampu membuka usaha ini. Namun, meskipun biaya atau modal awalnya sangat besar, namun apabila ditekuni secara profesional, usaha ini akan bisa memberikan hasil yang luar biasa.

Mendirikan sebuah usaha atau bisnis rumah kost ternyata bisa memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar, apalagi bisnis tersebut memberikan banyak peluang usaha sampingan penunjang bisnis kost yang bisa memberikan pendapatan bagi masyarakat yang bisa memanfaatkan peluang tersebut.

Belum ada Komentar untuk "Usaha Sampingan Penunjang Bisnis Kost"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel