Sumber Dana Bank

Setelah beberapa waktu membahas tentang berbagai produk funding perbankan yang dijual oleh perbankan sehingga bisa dipilih nasabah atau calon nasabah, sehingga mau dan bersedia menempatkan dananya di bank. Kini kita akan membahas tentang sumber dana bank, yang membahas darimana pendanaan bank ini.

sumber-dana-bank
Ilustrasi (Foto: bocahvolos.blogspot.com)

Bisa dikatakan menarik, apalagi selama ini kita selalu bertanya-tanya dari mana modal bank, sehingga bisa memberikan pinjaman pada calon nasabah pinjaman dengan jumlah yang sangat besar.

Sumber Dana Bank adalah Modal Dasar Bank dalam Menjalanan Usahanya

Terdapat berbagai sumber pendanaan bank, yang dibagi manjedi:

  1. Modal sendiri (equity) dari para pemegang saham.
  2. Dana Masyarakat.
  3. Menghimpun dana dengan menerbitkan surat hutang jangka panjang.
  4. Pinjaman antar bank dan Lembaga Keuangan Bukan Bank melalui pasar uang.
  5. Setoran-setoran jaminan.
  6. Pinjaman luar negeri.

Baca juga: Deposito, Produk Funding dengan Mobilitas Dana Paling Kecil.

1. Modal sendiri (equity) dari para pemegang saham.

Sumber dana ini merupakan sumber dana tetap (permanen). Di samping itu, modal sendiri juga bisa berasal dari laba yang tidak dibagi (retained eraning). Struktur modal sendiri ini bisa diperkuat dengan mengadakan emisi saham baru baik dari pemegang saham lama atau dengan penjualan saham ke masyarakat (go public) di pasar modal (capital market).

2. Dana masyarakat.

Dana masyarakat yang dimaksud disini adalah dana yang dihimpun dari masyarakat. Jenis dana ini terdiri atas tiga golongan besar, yaitu rekening giro, tabungan dan deposito. 

Rekening giro merupakan dana yang paling murah, karena bank membayar jasa giro yang (relatif) tidak besar bisa dibandingkan dengan dana jenis lainnya, sedangkan dana yang paling mahal adalah deposito.

3. Menghimpun dana dengan menerbitkan surat hutang jangka panjang.

Bank juga bisa menghimpun dana dengan menerbitkan obligasi yang merupakan surat hutang jangka panjang.

4. Pinjaman antar bank dan Lembaga Keuangan Bukan Bank melalui pasar uang.

Pinjaman antar bank dan Lembaga Keuangan Bukan Bank (LKBB) melalui pasar uang (money market). Jenis ini merupakan sumber dana cadangan yang baru dipergunakan apabila keadaan memaksa. Misalnya untuk menutupi kalah kliring, disebut dalam keadaan memaksa karena harga (suku bungs) di pasar uang ini dapat sangat berfluktuasi dan belum tentu tersedia pada saat dibutuhkan.

5. Setoran-setoran jaminan.

Setoran-setoran jamnian (margin deposit) untuk pembukaan L/C, bank garansi, dan lain-lainnya. Jumlah ini pada umumnya tidak besar walaupun merupakan dana gratis (bank tidak membayar bunga untuk dana setoran jaminan tersebut).

6. Pinjaman luar negeri.

Untuk bank yang memiliki reputasi baik, pinjaman luar negeri (offshore loan) juga bisa menjadi alternatif pembayaran yang dapat dilaksanakan. Atau bank juga bisa melakukan penerbitan obligasi (hutang jangka panjang).

Pada jenis yang pertama yaitu ‘modal sendiri’, modal ini relatif tetap. Modal ini tidak dapat bertambah kecuali terdapat penambahan modal dari pemegang saham dan atau terjadi penahanan laba,

Sementara itu, untuk pinjaman di pasar uang juga menjadi dana cadangan yang tidak bisa terlalu diandalkan karena kondisi pasar uang yang dapat berubah-ubah. Pada saat pasar uang sedang ketat, suku bunga dapat meningkat dengan luar biasa. Di samping suku bunga, belum tentu bank bisa memperoleh dana yang diperlukan, karena belum tentu terdapat pihak yang bersedia meminjamkannya.

Jadi, sumber dana perbankan yang bisa diharapkan untuk membiayai pertumbuhan bisnis adalah dan dari dana masnyarakat. Maka tidak mengherankan bila bank berlomba-lomba merancang dan meluncurkan produk baru yang sebagian besar merupakan produk funding seperti deposito berhadiah, tabungan berhadiah, dan lain-lain.

Tentu saja, masing-masing produk memiliki karakteristiknya sendiri-sendiri, sehubungan dengan hal tersebut, maka seorang Relationship Manager, baik funding atau pun lending harus mengetahui kondisi dan kebutuhan calon nasabahnya sebelum menawarkan produk perbankannya.

Semoga informasi tentang “sumber dana bank” di atas bermanfaat dan bisa menjadi referensi untuk Anda.

Belum ada Komentar untuk "Sumber Dana Bank"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel