Tips Mengendalikan Diri ala Andrie Wongso

Siapa yang mengira ternyata kunci sukses di balik kesuksesan para pesohor bisa dibongkor motivator yang satu ini. ‘Mengendalikan diri” menjadi kata kunci hidup yang sangat berat untuk dilakukan. Oleh karena itu, di bawah ini akan disampaikan tips mengendalikan ala Andrie Wongso, seorang motivator yang selalu menginspirasi.

Sukses dengan Kemapuan Mengendalikan Diri

Kesuksesan sejatinya adalah buah dari serangkaian proses yang dijalani dalam kehidulan sehari-hari. Terdapat beberapa tips tentang pengendalian diri yang disampaikan Andrie Wongso yang pernah dimuat dalam Majalah Intisari Edisi No. 542, sebagai berikut:

Ilustrasi (Gambar: accountingdepartment.com)

Menangkan Ujian

Hidup memang penuh dengan ujian, menurut Andrie Wongso, ujian bagi kita adalah untuk tampil menjadi insan yang penuh arti. Jika lukus dari ujian tersebut, maka kita akan mampu menjadi manusia yang luar biasa.

Namun sayang banyak yang sudah merasa kalah sebelum bertanding. Satu ujian datang, dihadapinya dengan rasa rendah diri. Akibatnya, orang seperti ini hanya akan bergulat dengan keluhan demi keluhan tanpa akhir. Ini menjadi gambaran orang yang miskin mental.

Tentunya meskipun kita sudah berjuang dengan habis-habisan, namun belum memperoleh hasil yang diimpikan, maka jangan menyerah. Sebab mungkin kita hanya butuh sedikit kerja keras agar kesuksesan bisa didapatkan.

Baca juga: Tips Berkomunikasi Secara Efektif antara Orang Tua dan Anak.

Namun, sebaliknya jika sukses sudah didapat, jangan lengah, karena di depan sudah menanti tantangan demi tantangan baru yang akan menjadi batu ujian untuk mencapai kemenangan berikutnya.

Kekuatan Pengendalian Diri

Perjangan tanpa lelah menuju sukses ini mengingatkan akan ibadah puasa di bulan Ramadan ini, yaitu semacam ujian untuk meraih kemenangan, kemenangan melawan hawa nafsu dan kemenangan melawan segala tantabgan selama menuanikan ibadah puasa tersebut.

Membicarakan perjuangan apa pun tujuan dan bentuknya, hal ini berhubungan dengan pengendalian diri.

Yang dimaksud pengendalian diri disini adalah kemampuan untuk konsisten terhadap unsur think and action yang telah dietapkan. Dengan pengendalian yang tepat, kita akan bisa memaksimalkan semua potensi yang dimiliki.

Filosofi sukses merupakan hak setiap orang dengan keyakinan “Success is My Right” dapat menjadi pegangan dasar dalam proses pengendalian diri.

Maka bila sedang malas, loyo, kurang bergairah dan kurang semangat, maka diri kita akan mengembangkan diri pada semangat yang luar biasa, karena kita sadar sukses, adalah hak kita.

Begitu juga saat dilanda emosi berlebihan, dengan adanya kesadaran bahwa sukses membutuhkan orang lain, maka akan membuat kita lebih mampu untuk mengendalikan diri.

Lawan Semua Godaan

Terdapat dua manfaat apabila mampu mengendalikan diri, yaitu

Pertama, adanya manfaat eksternal atau manfaat bagi orang lain.

Manfaat ini membuat interaksi sosial kita dengan orang lain bisa berjalan lebih harmonis, yang membuat adanya saling dukung untuk mencapai kesuksesan.

Kedua, manfaat internal, yaitu manfaat untuk diri sendiri.

Kemampuan mengendalikan diri, khususnya untuk melawan rasa malas, jenuh, tidak disiplin, mudah emosi, kurang semangat dan hal negatif lainnya, akan mendorong kita untuk selalu bisa berada pada jalur yang tepat menuju sukses.

Semoga sedikit tips mengendalikan diri ala Andrie Wongso ini bermanfaat dan bisa menjadi referensi untuk kita dalam mengendalikan diri.

Belum ada Komentar untuk "Tips Mengendalikan Diri ala Andrie Wongso"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel