Tips Berkomunikasi dengan Customer

Bisnis memang unik, bahkan karena keunikannya, seorang pebisnis harus memiliki banyak kemampuan agar bisnisnya bisa berkembang. Salah satu kemampuan yang harus dimiliki adalah kemampuan dalam hal berkomunikasi. Bagaimana seorang customer mau datang kembali untuk membeli bila sang penjual hanya diam atau cenderung marah-marah saat pembeli bertanya-tanya. Tips berkomunikasi dengan customer akan memberikan sedikit cara agar Anda bisa mendapat keuntungan dari komunikasi.

Dalam memberikan pelayanan pada seorang customer, memang tidak bisa dipungkiri komunikasi memiliki peran yang sangat penting. Hanya dengan komunikasi yang baik, sebuah pesan dapat diterima ke penerima pesan.

tips-berkomunikasi-dengan-customer
Berkomunikasi (Foto: earlytorise.com)

Dan tentu saja hanya dengan komunikasi, apa yang hendak diinginkan pemberi pesan dapat dilaksankan dengan baik oleh si penerima pesan.

Komunikasi adalah Kunci Sukses Bisnis

Dalam sebuah proses bisnis, khususnya bisnis yang bersentuhan dengan pelayanan pada customer, loyalitas menjadi kunci utama agar usaha bisa bertahan.

Loyalitas memnag bukan sekedar kunci, tetapi sebuah hal yang mutlak agar usaha tidak ditinggalkan customernya. Oleh karena itu, kita harus memahami dan memenuhi kebutuhan customer yang kondisinya terus berubah sesuai dinamika pasar.

Cara Berkomunikasi Efektif dengan Customer

Saat ini keterampilan melakukan komunikasi dengan customer menjadi hal yang sangat urgent apalagi untuk usaha yang bersentuhan dengan pelayanan.

Siapa pun orangnya saat ia harus berhadapan dengan customer, komunikasi dengan baik merupakan hal yang tidak bisa ditawar.

Terdapat beberapa prinsip komunikasi yang akan membantu dalam interaksi dengan pelanggan, antara lain:

  1. Menjadi pendengar yang baik.
  2. Memperlakukan customer sebagai orang penting.
  3. Terampil dalam mengajukan pertanyaan.
  4. Memiliki rasa empati.

Baca juga: Yuk Bangun Aset Produktif untuk Hari Tua.

1. Menjadi pendengar yang baik.

Tentu saja dalam hal ini customer harus menjadi prioritas. Biasanya yang terjadi adalah kita hanya ingin pesan kita sampai tanpa mempedulikan customer tersebut mengerti atau tidak. Dan yang penting adalah memberi waktu pada customer untuk berbicara sudah selayakanya dipikirkan.

2. Memperlakukan customer sebagai orang penting.

Customer yang datang pada kita, seperti tamu yang bersilaturahmi pada kita. Maka memperlakukan customer seperti raja sudah sepantasnya dilakukan.

Saat customer merasa menjadi orang yang diprioritaskan, pada saat itulah customer sudah menanamkan rasa percaya pada kita. Kepercayaan yang tubuh yang akan makin menguatkan loyalitas customer.

3. Terampil dalam mengajukan pertanyaan.

Hadirnya customer pada kita adalah sebuah hadiah. Oleh karena itu, manfaatkan moment tersebut dengan sebaik-baiknya.

Memberika  pertanyaan dan pernyataan yang bersifat membahagiakan adalah sebuah perhatian pada customer. Perhatian tersebut akan menciptakan sesuatu yang positif.

Dari suasana tersebut kita bisa membaca apa yang menjadi pemikira dan perhatian customer. Dengan begitu secara tidak sadar, kita akan peka terhadap ide atau pesan yang tidak terungkap.

4. Memiliki rasa empati.

Berkomunikasi dengan customer tidak hanya membicarakan tentang sebuah masalah. Namun ada kalanya customer datang dengan memnawa segala permasalahan yang menghimpitnya.

Disinilah peran empati untuk turut merasakan apa yang sedang dialami customer, dari sini secara tidak sadar kita sudah menanam hubungan yang instens dengan customer.

Dengan komunikasi yang baik menjadi hal penting dalam pelayanan pada customer, maka sejauh itu pulakepuasan dan loyalitas customer akan tercapai.

Semoga informasi dan tips berkomunikasi dengan customer ini bermanfaat. 

Belum ada Komentar untuk "Tips Berkomunikasi dengan Customer"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel