Asam Urat

Pernahkah Anda merasakan nyeri di persediaan? Pada sendi jari tangan, lutut pergelangan kaki, dan juga jari kaki? Bisa jadi hal tersebut disebabkan karena asam urat atau gout. 

Asam Urat adalah Kristal-kristal dalam Darah

Asam urat ini merupakan kristal-kristal yang berada dalam darah dan menumpuk di daerah persendian.

Asam urat itu sendiri terbentuk dari pemecahan zat purin yang dikeluarkan dari tubuh kita melalui ginjal. Apabila jumlah yang dibuang lebih kecil dari jumlah yang diproduksi, maka sisanya akan menimbun dan membentuk kristal tajam dengan natrium urat didalamnya.

asam-urat
Ilustrasi asam urat (Gambar: hss.edu)

Beberapa kristal yang menumpuk akan keluar dari tulang rawan, dan kemudian akan membuat suatu lapisan lembut pada bagian sendi yang disebut dengan sinovium, dimana ini merupakan bentuk peradangan dan terasa begitu menyakitkan. Dan disinilah serangan penyakit asam urat terjadi.

Dan jika tidak dilakukan penanganan dengan segera, maka bisa memicu terjadinya kerusakan sendi secra permanen serta tulang yang ada disekitarnya.

Faktor Risiko

Yang mengalami asam urat justru terjadi pada laki-laki. Mereka ini lebih rawan terkena penyakit asam urat bila dibandingkan dengan perempuan. Terutama saat usia mereka di atas 30 tahun. Pada perempuan, penyakit ini biasanya berisiko timbul setelah menopause.

Orang yang Terkena Serangan Penyakit Asam Urat

Biasanya mereka yang terkena penyakit ini akan merasakan perkembangan gejala yang cepat dalam beberapa jam pertama.

Baca juga: Tips Mengatasi Hipertensi dan Rematik.

Rasa sakit bisa berlangsung selama 3 sampai 10 hari. Pembengkakan tidak hanya terjadi di sendi, namun juga di daerah sekitar sendi disertai warna kulit yang memerah. Pada tahap ini penderita tidak mampu bergerak secara leluasa.

Pemahaman tentang Asam Urat

Banyak yang mengira gejala asam urat sebagai rematik. Padahal rematik merupakan istilah umum yang dipakai untuk menggambarkan rasa sakit pada persendian atau otot yang mengalami peradangan.

Penyakit asam urat atau gout hanya merupakan salah satu penyebab nyeri pada persendiaan.

Mengenali gejala dan tanda pada gout dapat membantu seseorang membedakan dengan nyeri sendi yang disebabkan oleh kondisi lain.

Penyebab Asam Urat

Asam urat muncul karena penumpukan kristal-kristal dalam darah di daerah persendiaan. Kristal-kristal tersebut masuk ke dalam darah dibawa oleh makanan-makanan yang kaya akan asam urat.

Makanan tersebut antara lain jeroan, hidangan laut, daging merah dan minuman beralkohol.

Tidak hanya faktor konsumsi, faktor penyakit lain juga turut mempengaruhi munculnya asam urat. Para penderita obesitas, diabetes, hipertensi, atau pun penyakit ginjal kronis juga berpotensi mengalami asam urat.

Selain itu, faktor genetik juga berpengruh. Seseorang yang memiliki orang tua atau kakek penderita asam urat memiliki kemungkinan lebih besar untuk mengalaminya.

  • Lemak Trans

Jenis lemak ini terdapat pada margarin, keripik dan biskuit.

  • Camilan.

Batasi keripik, roti, kue dan berbagai ragam jenis camilan. Karena makanan tersebut sebagjan besar terbuat dari lemak jenuh.

  • Daging berlemak.

Gantilah daging ayam dengan daging sapi bebas lemak, sapi muda atau ikan.

  • Seafood.

Ikan memang sehat, tetapi ada beberapa jenis makanan laut yang harus dibatasi karena mengandung tinggi lemak, seperti lobster, udang dan cumi-cumi.

  • Produk susu.

Batasi susu, krim, keju, es krim, dan krimer kopi. Sebab, umumnya minuman tersebut memiliki kadar lemak lebih dari 1%.

  • Makanan cepat saji.

Menu makanan di restoran cepat saji umumnya mengandung banyak lemak, terutama lemak jenuh.

Gejala Asam Urat

Hampir semua rasa linu pada sendi sering dianggap asam urat. Namun, asam urat selalu memiliki gejala khas dibanding penyakit persendian lainnya.

Gejala-gejala tersebut antara lain:

  1. Sendi-sendi terasa ngilu, nyeri, kesemutan, linu, bahkan sampai bengkak dan kemerahan.
  2. Ngilu terjadi saat pagi atau malam hari.
  3. Sulit bergerak.
  4. Nyeri sendi tangan, kaki, tumit dan siku.

Biasanya penderita penyakit asam urat memiliki kecenderungan untuk memiliki penyakit lainnya, seperti hipertensi, ginjal dan juga diabetes jika tidak ditangani sesegera mungkin.

Periksakan diri ke dokter atau tes laboratorium untuk memastikan diri terdapat asam urat atau tidak. Hasil tes akan menunjukkan berapa tingkat asam urat seseorang.

Asam Urat Normal

Seorang pria memiliki ambang batas asam urat normal antara 3,5 sampai 7 mg/dl, dan wanita memiliki ambang batas antara 2,6 sampai 6 mg/dl. Asam urat yang tidak kunjung ditangani bisa mengakibatkan hipertensi, ginjal dan juga diabetes.

Semoga informasi tentang “asam urat” ini bermanfaat untuk kita semua.

Belum ada Komentar untuk "Asam Urat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel