Strawberry Generations

Jaman semakin berkembang dengan berbagai generasi didalamnya, termasuk penyebutan pada setiap generasi tersebut. Salah satu yang saat ini sedang populer yaitu “Strawberry Generations” atau generasi strawberi.

Strawberry Generations
Strawberry Generations (Foto: wsj.com)

Memang dengan berkembangnya dunia komunikasi dan segala kemudahan didalamnya menjadikan perubahan dalam setiap generasi yang ada didalamnya, contohnya dengan generasi masa kini yang sering disebut dengan generasi strawberri, yang ditujukan pada anak muda atau generasi muda yang sangat tergantung dengan teknologi dan kemajuan sosial.

Apa Itu Generasi Strawberry

Apa itu ‘strawberry generations? Strawberry generations merupakan sebuah istilah yang merujuk pada generasi muda kreatif dan memiliki banyak ide cemerlang, namun sangat mudah hancur saat mendapatkan tekanan sosial dan juga tidak mau bekerja keras untuk apa pun yang mereka inginkan.

Gambaran seperti tersebut di atas sama persis layaknya buah strawberry dengan penggambaran fisik yang eksotis dan cantik, tetapi jika mendapat sedikit tekanan, maka akan mudah sekali hancur.

Karakteristik Generasi Strawberry

Yang sangat disayangkan adalah generasi ini sebenarnya memiliki banyak ide kreatif bahkan seringkali ide-idenya out of the box. Kegigihan mereka ini sangatlah kurang, karena sering mendapatkan sesuatu secara instan, bahkan ide yang cemerlang seringkali hilang karena kurangnya daya juang dan cenderung lari jika mendapatkan hal yang sulit dalam prosesnya.

Menurut Prof Rhenald Kasali, fenomena ini muncul karena disebabkan 4 hal, yaitu:

  • Self diagnosis terlalu dini tanpa melibatkan pihak yang ahli.
  • Cara orang tua dalam mendidik anak sehubungan kondisi keluarga dimana anak dibesarkan dalam situasi yang sejahtera bila dibandingkan dengan generasi sebelumnya.
  • Narasi orang tua yang kurang pengetahuan.
  • Banyak generasi masa kini yang lebih mudah lari dari kesulitan.

Sedangkan solusi alternatif atas fenomena tersebut, antara lain:

  • Memperbanyak literasi.
  • Berhati-hati dalam melakukan self diagnosis.
  • Orang tua harus berpedoman agar anaknya menjadi generasi lebih baik dari dirinya.
  • Pendidik harus bisa mengembangkan situasi yang menyenangkan dalam memberikan pelajaran.

Terdapat hal positif dari strawberry generations ini, yaitu mereka adalah seorang yang kreatif, cerdas dan kritis dengan berbagai ilmu yang diperolehnya dengan mudah, karena akses informasi dan teknologi yang semakin meningkat. Selain itu, mereka sangat menyukai tantangan dan hal baru, yang dibuktikan mereka cenderung bosan saat melakukan hal yang biasa dan monoton.

Yang menarik dari generasi adalah mereka bisa berkontribusi dalam sebuah perubahan. Contohnya mereka yang hobi dalam kreatifitas dengan aplikasi terbaru, seperti Tik Tok bisa menyalurkan bakatnya dibidang marketing atau membuat konten atau karya yang bermanfaat bagi orang lain.

Semoga informasi tentang strawberry generations ini bisa bermanfaat, dan untuk generasi ini bisa berkarya dan secara konsisten bisa melakukan kegiatan yang positif. Semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Strawberry Generations"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel