Roti Goreng, Sajian Kue yang Pernah Viral

Masih ingat dengan sajian kue ini? Roti goreng, sajian kue yang pernah viral di berbagai media sosial ini kembali di bahas pada kesempatan ini, tentunya karena rasanya yang enak, gurih dan manis yang membuat sajian kue ini selalu digemari. Inilah yang membedakan orang Indonesia dengan orang luar negeri, kalau di luar sana, roti biasa dinikmati sebagai makanan utama, namun di Indonesia, roti malah sering dijadikan camilan yang mengenyangkan.

Roti goreng;Roti Goreng Terdekat;
Roti goreng

Sebenarnya roti goreng ini adalah camilan yang biasa ditemui, apalagi di JawaTimur, namun sejak viralnya sebuah video yang menjajakan roti gorengnya dengan cara yang tidak biasa, sajian roti goreng yang juga disebut dengan odading di Bandung ini menjadi viral.

Roti Goreng Terdekat yang Menjadi Favorit

Roti goreng merupakan sajian roti yang dibut dengan adonan tipis atau datar yang kemudian digoreng dengan minyak. Roti ini memiliki beberapa sebutan, seperti odading, roti bantal atau juga ada pula yang menyebutnya dengan roti bolang baling dan juga roti gimbukan.

Roti goreng itu dibuat dari campuran gila, tepung, garam dan juga lemak berupa margarin, dan mentega.

Di Bandung, roti goreng ini disebut juga dengan “odading” yang ternyata sudah ada sejak jaman Belanda. Keberadaan odading sebagai roti goreng ini dibuktikan dalam buku “9 dari 10 Kata Bahasa Indonesia adalah Asing" yang ditulis oleh Alif Danya Munsyi yang diterbitkan oleh Kepustakaan Populer Gramedia.

Yang unik, penaman roti goreng di Bandung ini “O da ding”, bukanlah berarti makanan. Ceritanya sebagai berikut:

“Saat itu ada seorang anak kecil Belanda yang meminta kue pada ibunya, yaitu kue goreng dari adonan terigu campur gula. Kemudian ibu Belanda itu memanggil penjual kue keliling dan membuka daun pisang penutup kue. Saat melihat kue tersebut, si ibu berkata dengan heran , “O, dat ding” yang berarti “O, benda itu?”

Tidak seberpa lama penjual kue itu menceritakan pada ibu dan orang-orang di kampungnya, yang mengatakan kue tersebut bernama “odading”. Dan akhirnya sebutan kue ini digunakan terus sampai sekarang.

Roti Goreng Si Odading

Roti goreng ini sesuai dengan namanya memiliki adonan yang hampir sama dengan adonan roti, dengan tekstur yang lembut di dalam dan garing di luar. Teksturnya pun empuk dan memiliki rasa sedikit manis.

Dalam kesehariannya, roti goreng ini biaanya dijual bersama jajanan gurih yang disebut dengan cakwe.

Menarik bukan? Semoga informasi kuliner “Roti goreng, sajian kue yang pernah viral” ini bermanfaat dan bisa menjadi referensi kuliner.

Belum ada Komentar untuk "Roti Goreng, Sajian Kue yang Pernah Viral"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel