Tips Memanfaatkan Media agar Bisnis Sukses

Bisnis semakin berkembang, apalagi sejak merebaknya wabah pandemi Covid-19 yang membuat perubahan pola pembelian atau pola perilaku konsumen yang tentunya hal ini berpengaruh pada bisnis yang sedang kita kelola. Begitu pula saat membangun bisnis, memulai bisnis dan membuat suatu produk adalah hal yang mudah, yang sulit adalah bagaimana membuat produk yang dibuat bisa terjual. Tentunya dengan berkembangnya teknologi dan dunia digital dibutuhkan cara trsendiri dan tepat agar bisnis bisa sukses. Untuk itu, pada kesempatan kali ini akan disampaikan tips memanfaatkan media agar bisnis sukses.

Tips Memanfaatkan Media agar Bisnis Sukses
Memanfaatkan media agar bisnis sukses (Foto: bestoseo.com)

Banyak sekali harapan yang diharapkan setelah wabah pandemi Covid-19 berakhir, ternyata harapan tinggal harapan dan impian tinggal impian, yang ternyata tidak semuadah yang diinginkan. Ternyata bisnis semakin kacau, hal ini dibuktikan dengan turunnya daya beli yang membuat para pebisnis harus memutar otak, agar bisnis tetap berjalan dan jangan sampai tutup.

Sukses Bisnis dengan Media

Pada kenyataannya banyak pengusaha, khususnya pengusaha kecil yang kehabisan akal atau bahkan menyerah, saat harus memikirkan kegiatan promosi bagi produk atau bisnisnya.

Bagaimana tidak, ‘peluru’ untuk bersaing dengan perusahaan sejenis sudah sangat terbatas. Begitu pula dengan strategi promosi yang dijalankan atau dalam bahasa kasar sudah tidak ada lagi anggaran atau dana yang dipersiapkan untuk biaya promosi.

Yang menjadi masalah, adalah kita masih harus terus melakukan promosi agar dikenal oleh calon pelanggan atau masyarakat pada umumnya. Tentu saja, promosi ini memiliki banyak cara, dan hanya sebagian kecil pengusaha yang kreatif dan mengetahui cara memanfaatkan media, baik media cetak, elektronik, maupun online bisa melakukan promosi dengan maksimal secara gratis dan dengan hasil yang diharapkan.

Terdapat beberapa tips yang bisa dicoba untuk melakukan promosi di media cetak atau online yang bisa dilakukan secara gratis agar bisnis bisa tumbuh dan berkembang menjadi besar, antara lain:

1. Bayangkan diri Anda seorang corporate communication dari usaha Anda sendiri.

Hal ini akan membuat Anda harus mebbuat dokumentasi bisnis dengan membuat catatan singkat mengenai sejarah berdirinya usaha, produk yang dijual serta keunikan lainnya.

2. Siapkan foto-foto eksklusif.

Jika perlu Anda bisa membuat sesi khusus pemotretan untuk bissis dan produk Anda. Jika memungkinkan siapkan juga foto-foto lebih dari 3 dengan pose yang berbeda dan tambahkan keterangan jika perlu.

Sekarang Anda sudah memiliki press release yang siap menjadi sarana promosi gratis. Langkah selanjutnya Anda bisa menghubungi media, baik cetak atau pun online. Dan Anda bisa meminta untuk memuat press release usaha Anda. Yang perlu diperhatiakan juga adalah dengan melihat jenis medianya agar berpeluang untuk dimuat.

Membuat Press Release dengan Konsep Lima W Satu H

Press release? Untuk usaha? Diperlukan atau tidak? Minimal Anda sudah mempersiapkannya, cara membuat press release yang baik adalah dengan menggunakan rumus 5W 1H, yang sering dijadikan para jurnalis untuk membuat berita atau laporan yang memenuhi syarat dan kelayakan muat

Sebuah laporan atau cerita bisa dikatakan lengkap bika sudah bisa mnjawab enam kata tanya, yaitu siapa, apa, dimana, kapan, mengapa dan bagaimana.

Itu dia sedikit tips memanfaatkan media agar bisnis sukses. Semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Tips Memanfaatkan Media agar Bisnis Sukses"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel