Kisah Sukses “John Richard Simplot” Si Raja Kentang dari Amerika

Judul kali ini sangat unik, yaitu kisah sukses “John Richard Simplot” Si Raja Kentang dari Amerika, tidak hanya unik, namun juga memberikan semangat bagi kita untuk berani dan memiliki tekad untuk maju.

Hidup dan besar di lingkungan pertanian memang membuat Simplot sangat memahami dunia pertanian, meskipun pada awalnya ia sempat memulai dari nol, hingga memutuskan untuk berhenti sekolah.

Kisah Sukses Pengusaha Kentang dari Amerika

John Richard Simplot atau lebih sering dikenal dengan nama “Simplot” ini lahir di Dubuque, Amerika Serikat pada tanggal 9 Januai 1909. Ayahnya bernama Charles hanya seorang petani kentang. Saat berumur 14 tahun, Simplot memutuskan untuk berhenti sekolah tanpa seijin ayahnya. Sejak saat itu ia lebih memilih tinggal di Settling, Idaho.

Untuk bertahan hidup, maka Simplot lebih memilih bekerja di sebuah lahan pertanian sekaligus peternakan. Tidak hanya itu, Simplot juga mencari uang tambahan dengan menjadi buruh bangunan. 

Kisah Sukses “John Richard Simplot” Si Raja Kentang dari Amerika
John Richard Simplot (Foto: greatestfoods.tistory.com)

Setelah mendapat ilmu dan pengalaman, Simplot mulai bertani kentang kecil-kecilan. Lama kelamaan usahanya semakin berkembng, dan menjadikannya mampu menyewa lahan yang lebih luas.

Langkah selanjutnya dilakukan Simplot adalah menjadi penyortir kentang. Dan tidak lama, Simplot kemudian membeli lahan pertanian kentang dan mendirikan pabrik pengolahan kentang dengan nama ‘The Potato King’. Saat itu, Simplot telah memproduksi sekitar 33 juta pon kentang kering per tahun. Tentu saja, saat perang dunia ke-2 terjadi, Simplot ditunjuk sebagai penyedia makanan bagi para pasukan perang.

Untuk mengembangkan bisnis kentangnya tersebut pada tahun berikutnya, Simplot kemudian melakukan investasi dengan membangun sebuah perusahaan dengan nama J.R. Simpot. Co, perusahaan ini bergerak d bidang teknologi pengawetan pangan, yang menjual kentang beku, hasil ternak dan bibit tanaman.

Investasi tersebut bisa dikatakan sukses, dan perusahaan yang didirikan Simplot ini berhasil melayani banyak perusahaan makanan di Amerika, seperti McDonalds, Accident Company, Burger King, Continental Life Wendy’s dan juga KFC untuk bahan kentang goreng.

Tidak heran bila dalam dunia bisnis di Amerika banyak yang menyebutnya dengan “French Fry King”.

Pengembangan Investasi Ke Bisnis Pupuk

Jeli dan pintar melihat peluang menjadi kunci sukses Simplot dalam berbisnis, dan kejelian Simplot yang mempelajari fosfat sebagai nutrisi dasar kentang, membuat dirinya tertantang membangun pabrik pupuk di Brandon, Amerika Serikat.

Tidak lama, Simplot kemudian mendirikan retail pupuk dan kimia di sekitar provinsi Manitoba selama beberapa tahun. Terlepas dari pengembangan pabrik pupuk, bisnis kentangnya pun semakin berkembang. Hal ini dibuktikan dengan adanya perluasan pabrik pengolahan kentang ke Hermiston, Oregon. Bahkan Simplot juga mendapat penghargaan dengan gelar Kehormatan dari Utah State University.

Dan yang menarik, dengan ketekunan dan kerja kerasnya fokus di bisnis kentang, membuat Simplot dinobatkan oleh Forbes sebagai orang terkaya yang ke-278 dari 400 orang kaya di dunia. Meskipun sudah dinobatkan sebagai salah satu orang terkaya di dunia, pada saat Simplot meninggal pada tanggal 25 Mei 2008, saat kematiannya Simplot juga dinobatkan oleh Forbes sebagai miliarder tertua di Amerika.

Tips Sukses John Richard Simplot

Sangat inspiratif sekali bukan? Di bawah ini akan disampaikan beberapa tips sukses Simplot dalam meraih kesuksesannya, antara lain:

1. Kerja keras.

Hanya dengan bekerja keras sebuah usaha akan mengakami perkembabgan dan kesuksesan. Begitu pula dengan yang dilakukan Simplot dalam memaknai usahanya. Saat merintis, ia memgawalinya dengan kerja keras tanpa mengenal putus asa dan banyak berkorban waktu dan tenaga. Hal ini membuat kerja keras menjadi karakter utama dalam meraih sukses.

2. Gigih

Antusias, semangat dan kegigihan menjadi modal utama dakam memulai usaha untuk mencapai kerberhasilan. Begitu pula sebaliknya, jika Anda gampang menyerah, tidak bersemangat, dan bermalas-malasan, yakin saja sebentar lagi Anda akan segera mengalami kegagalan.

3. Berani mengambil keputusan.

Selain kerja keras dan gigih dalam meraih kesuksesan. Simplot adalah tipe pengusaha yang berani mengambil keputusan. Hal ini terbukti dengan kesuksesan yang diraihnya adalah hasil keberanian menginvestasikan modalnya untuk membangun perusahaan kentang.

4. Pantang puas dengan hasil yang diperoleh

Seorang pengusaha sukses, biasanya mereka tidak pernah cepat puas dengan hasil yang dicapai. Hal ini berlaku pula denan Simplot, sukses dengan bisnis kentang, Simplot membangun bisnis lainnya. Hal ini dilakukan Simplot agar bisa menjadi terus lebih baik dibanding hari kemari .

Semoga infomasi dan kisah sukses “John Richard Simplot” Si Raja Kentang dari Amerika inii bermanfaat dan bisa menginspirasi kita semua untuk bisa segera meraih sukses yang diimpikan.

Belum ada Komentar untuk "Kisah Sukses “John Richard Simplot” Si Raja Kentang dari Amerika"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel