Kisah Sukses Zhou Chengjian

Ada kisah menarik, bahkan bisa menginspirasi kita saat membaca dan melihat seorang entrepreneur hingga menjadi benar-benar sukses. Proses yang dialami, kesabaran dan tekad yang kuat menjadi hal yang selalu dilakukan mereka untuk mencapai impiannya. Entah entrepneur dari Indonesia atau dari luar negeri, semuanya memiliki ciri khas yang sama, mau bekerja keras dan sabar dalam berproses. Kisah sukses Zhou Chengjian bisa menjadi inspirasi kita saat ingin membangun bisnis.

Kisah Sukses Zhou Chengjian
Zhou Chengjian (Foto: canadajournal.net)

Kesuksesan Zhou memang luar biasa, bahkan diusianya yang masih muda, Zhou sudah menjadi seorang miliarder. Tidak mengherankan bila di tahun 2009 lalu, Forbes mencatat namanya sebagai orang terkaya ke 246 dunia.

Kisah Sukses Pengusaha Zhou Chengjian sebagai Pemegang Merek Pakaian Terbaik di Tiongkok

Zhou Chengjian adalah anak dari seorang petani yang hidup di pedesaan. Beranjak remaja, Zhou lebih memilih merantau ke kota. Di kota, Zhou kemudian mendirikan butik pakaian, namun sayang tidak lama, butik tersebut bangkrut. Dan akhirnya Zhou memutuskan bekerja di sebuah perusahaan menjadi seorang penjahit.

Kerja keras dan ketekunan menjadi kunci utama dalam bekerja, hal ini dibuktikan dengan bekerja 16 jam per hari. Tidak hanya itu, ia juga masih mengembangkan kreativitas dan inovasinya sebagai seorang karyawan, bahkan ia berani dengan membuat gebrakan membuat dan mengubah jas menjadi lebih ketat. Dan apa yang dilakukaannya mendapat pujian dari pimpinannya.

Baca juga: Kisah Sukses Howard Schultz.

Dari sini kemudian terbersit ide untuk kembali merintis usaha. Pada akhirnya, Zhou kemudian membuka usaha sendiri. Dengan bekerja keras, Zhou menjahit pakaiannya sendiri dan menjualnya ke pasar-pasar. Bahkan Zhou juga menawarkan pakaian yang dibuatnya dengan keluar masuk hotel.

Kerja kerasnya membuahkan hasil, pada tahun 1994, Zhou berhasil membangun Metersbonwe, sebuah perusahaan garmen. Perjalanan bisnisnya semakin berkembang saat Zhou lebih fokus memproduksi pakaian kasual.

Sekitar April 1995, Metersbonwe membuka toko khusus yang pertama di Wenzhou, dan tokonya ini semakin berkembang.

Dari Penjahit Menjadi Sosok Tokoh Ekonomi China

Untuk menggaet banyak pelanggan, maka pada tahun 2001 Zhou menerapkan manajemen kualitas untuk mengenalkan kualitas produk pakaian, desain, pengembagan pasar dan juga informasi pelayanan penjualan. Dan Metersbonwe menjadi salah sagu peritel pakaian kasual terbesar di China.

Dengan kesuksesannya tersebut, Pemerintah China memberi penghargaan padanya sebagai Tokoh Ekonomi China. Hal ini tidak menghentikan kreasinya. Bahkan untuk melambungkan Metersbonwe, Zhoe mengundang bintang Taiwan “Jay Chou” sebagai duta citra merek pakaiannya pada tahun 2003. Hal ini membuat Metersbonwe menjadi merek paling laris pada tahun 2004.

Sukses yang diraihnya tidak lepas dari kejeliannya dalam merekrut karyawan yang handal dalam mendesain pakaian. Dan saat itu, Zhou juga melakukan kerjasama dengan perancang busana dari berbagai penjuru dunia, seperti Hong Kong, Italia, dan Prancis.

Setelah sukses mengibarkan Metersbonwe sebagai merek pakaian terbaik, Zhou kemudian merambah pada bisnis penginapan.

Yang menarik, Forbes mencatat nilai kekayaannya mencapai USD 2,6 miliar pada tahun 2009 dan memposisikan dirinya sebagai orang terkaya di dunia yang ke 246.

Tips Sukses Zhou Chengjian

Ingin menjadi entrepreneur sukses seperti Zhou Chengjian? Kerja keras menjadi kunci utama untuk meraih sukses, selain terdapat beberapa tips lainnya, antara lain:

1. Memiliki dream.

Mimpi, menjadi salah satu hal utama untuk bisa menjadi orang sukses. Namun untuk mewujudkan mimpi tersebut dibutuhkan keberanian keras untuk mengejarnya. Begitu pula dengan Zhou Chengjian yang memiliki mimpi besar untuk menjadi pengusaha.

2. Berpikir kreatif dan inovatif.

Sejak menjadi seorang karyawan, Zhou sudah menunjukkan kelihaiannya dalam menemukan berbagai mide dan gagasan baru tentang suatu produk. Terbukti saat mengubah model jas yang sebelumnya identik dengan bentuk yang panjang dan lebar, di tangan Zhou jas diubah menjadi model ketat.

3. Fokus pada satu bidang.

Untuk sukses dalam dunia bisnis, maka langkah yang harus dilakukan adalah fokus pada sesutu yang ingin dituju, bukan pada hal yang ditakutkan. Begitu pula dengan Zhou yang fokus menggarap produk casual.

4. Rekrut orang-orang terbaik.

Dalam suatu usaha, maka sumber daya manusia adalah faktor yang sangat menentukan. Untuk itu, kita harus pintar dalam merekrut karyawan yang handal di bidangnya.

5. Cooperation

Dalam menjalankan usaha maka diperlukan adanya hubungan antara sesama, baik pemasok, karyawan, mitra kerja dan pelanggan. Kesuksean Metersbonwe adalah keberhasilan Zhou dalam menjalin kerjasama dengan berbagai pihak.

Itu dia kisah sukses Zhou Chengjian, semoga bisa menginspirasi dalam membangun bisnis sesuai impian dan harapan.

Belum ada Komentar untuk "Kisah Sukses Zhou Chengjian"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel