Globalisasi dan Maksudnya

Dunia semakin berkembang dengan cepat, bahkan berbagai perubahan telah terjadi sebagai efek globalisasi. Tentunya banyak hal yang bisa diterima, baik positif atau pun negatif dari yang namanya globalisasi. Banyak hal yang bisa dibahas tentang globalisasi, termasuk globalisasi dan maksudnya.

Globalisasi adalah Masuknya Pengaruh ke Suatu Negara atau Wilayah Lain

Tentu saja sebagai remaja dan juga siswa yang berilmu, maka sudah seharusnya bisa dan mampu untuk mengambil sisi positif dari adanya globalisasi tersebut, selain juga berani menghadapi dan juga agar tidak tergerus dengan arus globalisasi yang ada.

Menurut Srijanti dalam Sajidiman, globalisasi adalah masuknya atau meluasnya pengaruh dari suatu wilayah atau negara ke wilayah atau negara lain dan atau masuknya suatu negara dalam pergaulan dunia.

globalisasi-adalah
Gambar ilustrasi

Dampak positif dari globalisasi ini adalah adanya suatu pergeseran nilai masyarakat yang semula irasional menjadi rasional. Dan seiring dengan perkembangan jaman dan juga kemajuan teknologi tentu akan berakibat pada berubahnya pola pikir manusia, dari semula yang percaya terhadap suatu hal apa pun tanpa mencari tahu asal usulnya atau pun menguji kebenarannya, sekarang sudah mulai mengubah kebiasaan tersebut.

Dengan adanya perubahan tersebut, terdapat hal yang bisa didapat, salah satunya adalah tidak mudah percaya begitu saja tanpa bukti, mereka akan mencari tahu, menganalisa, dan membuktikan, jika sudah terdapat bukti yang relevan,barulah akan mempercayainya.

Dengan berkembangnya ilmu pengetahuan ini, manusia akan memperoleh tingkat kehidupan yang lebih layak.

Selain itu, globalisasi juga memiliiki dampak negatif, salah satunya adalah munculnya sikap individualistik.

Di era globalisasi, kebanyakan manusia sudah tidak peduli dengan sekitar, mereka beranggapan bahwa segala sesuatu dapat diselesaikan sendiri tanpa perlu campur tangan orang lain, dan ia lupa bahwa manusia adalah makhluk sosial yang butuh berinteraksi dan pasti membutuhkan satu dengan lainnya.

Selain itu, dampak negatif dari globalisasi yang tidak dapat dihindari adalah gaya hidup kebarat-baratan. Budaya seperti ini mengakibatkan remaja zaman sekarang ingin bertindak bebas terutama dalam pergaulan dan juga yang menyedihkan adalah anak remaja saat ini kurang menghormati orang tua. Tentu saja hal ini akan menyebabkan lunturnya budaya sopan santun yang ada di Indonesia.

Semoga informasi tentang globalisasi dan maksudnya ini bermanfaat untuk kita semua.

Belum ada Komentar untuk "Globalisasi dan Maksudnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel