Tips Sukses Bisnis Salon Kendaraan

Memiliki hobi positif dan bisa menghasilkan adalah suatu kesenangan tersendiri. Salah satu hobi yang menyenangkan tersebut adalah hobi otak atik motor, tentunya banyak hal yang bisa didapat dari hobi ini (dalam artian positif). Kalau Anda pintar memanfaatkan peluang, bukan tidak mungkin Anda bisa mendulang rupiah dari bisnis hobi tersebut. Salah satu turunan dari hobi ini adalah usaha salon kendaraan, tertarik dengan tema tersebut, maka di bawah ini akan disampaikam tips sukses bisnis salon kendaraan.

Tips Sukses Bisnis Salon Kendaraan
Ilustrasi bisnis salon motor (Gambar: ternakduit.net) 

Sebagai anak muda yang menyukai otomotif tentunya tidak ingin kendaraan yang ditumpangi menjadi jelek atau kelihatan tidak terawat, atau dengan kata lain harus selalu terlihat keren. Maka tidak salah kalau sekali waktu membawanya ke salon motor agar motor bisa menjadi terlihat keren.

Prospek Usaha Salon Motor

Berbicara tentang usaha tentunya pasti ada peluang yang membuat seseorang tertarik pada suatu bisnis. Begitu pula dengan salon motor, pada awalnya karena senang saat motor kesayangannya bisa menjadi lebih keren. Pada akhirnya dia mulai tertarik untuk mencoba usaha tersebut.

Usaha ini memang sangat dekat dengan kreativitas, mulai dari memperindah cat, menambahnya dengan berbagai aksesoris, atau menambahkannya dengan berbagai atribut yang menarik. Dan tentu saja semakin beda dan semakin bagus, semakin mahal ongkos yang harus dikeluarkan.

Tentu yang menjadi pertanyaan mengapa harus terjun ke bisnis ini? Tentu saja adalah prospek dan juga bisnis ini adalah salah satu bisnis yang menghasilkan. Bayangkan saja untuk membersihkan satu motor berkisar Rp. 10.000,-. Padahal kalau dilihat setiap harinya jumlah motor yang beredar semakin banyak, tentu bisa dibayangkan omsetnya selama satu bulan.

Tentu hasil dari membersihkan memang belum seberapa, nah bagaimana kalau ditambah dengan bisnis aksesoris motor tentu akan menghasilkan. Dengan adanya penambahan bisnis tentu akan semakin mengbiurkan bukan?

Hal yang Harus Dipersiapkan untuk Memulai Bisnis Salon Kendaraan

Untuk memulai bisnis kendaraan ini terdapat beberapa hal yang harus dipersiapkan, antara lain:

  1. Lokasi usaha.
  2. Modal kerja.
  3. Biaya operasional.
  4. Karyawan.
  5. Promosi. 
  6. Sistem kendali keuangan.

Baca juga: Tips Sukses Berbisnis Onderdil dan Aksesoris Motor.

1. Lokasi usaha.

Dalam setiap bisnis, khususnya bisnis offline, lokasi usaha memiliki peranan yang sangat penting. Untuk usaha salon kendaraan, khususnya roda dua, usahakan bisa menampung minimal dua motor. Kalau belum memiliki modal yang cukup untuk menyewa tempat di lokasi yang strategis, sementara bisa menggunakan halaman rumah.

Kalau sudah memikiki modal carilah lokasi usaha yang dekat dengan kampus, kos-kosan atau lokasi yang dekat dengan lalu lintas kendaraan bermotor.

2. Modal kerja.

Tentunya unuk membuka bisnis ini dibutuhkan beberapa peralatan utama, misalnya kompressor untuk menyemprot air dengan semburan yang kuat untuk bisa menjangkau bagian yang sulit dijangkau. Bisa juga dengan menambah mesin steam agar kendaraan menjadi lebih bersih dan mengkilat. Selain itu, persiapkan pula aneka peralatan cuci, seperti shampoo, pengilat cat kendaraan dan masih banyak lainnya.

3. Biaya operasional.

Dalam keseharian tentunya terdapat biaya yang harus dikeluarkan, seperti biaya listrik. Jangan lupa memperhitungkan biaya lain, seperti pembelian sabun cuci, semir, dan lain-lainnya.

4. Karyawan.

Saat baru dibuka, khusus untuk usaha ini cukup gunakan satu karyawan dulu. Baru penambahan karyawan bisa dilakukan kalau usaha sudah semakin berkembang. 

5. Promosi. 

Dalam setiap bisnis, proses memperkenalkan usaha adalah hal yang sangat penting. Pada awal usaha bisa dilakukan dengan menawarkan jasa kita tersebut pada teman atau terdekat kebih dahulu. Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan menyebar brosur atau bisa dengan memasang iklan di media.

6. Sistem kendali keuangan.

Keuangan atau mengatur kendali keuangan menjadi hal yang sangat penting apalagi untuk perputaran modal usaha. Jangan sampai pendapatan meningkat, konsumsi juga ikut meningkat.

Salah satu cara mencegah hal ini adalah dengan memisahkan antara keuangan pribadi dengan keuangan perusahaan. Diperbolehkan mengambil sebagian keuntungan, tapi jangan lupakan investasi untuk memperbesar usaha.

Selain beberapa hal di atas di bawah ini juga akan disampaikan contoh membuat perhitungan BEP (Break Even Point) usaha ini, yang bersumber dari buku “Peluang Usaha untuk Anak Muda” yang ditulis oleh Agoeng Widyatmoko, yang setidaknya bisa menjadi acuan unuk mengetahui cash flow usaha:

contoh membuat perhitungan BEP (Break Even Point)
Ilustrasi sederhana perkiraan BEP

Sebagai catatan dengan perhitungan yang tepat, Anda akan bisa menentukan kapan harus menyuntikkan modal lagi dan kapan bisa bersenang-senang dengan keuntungan yang sudah didapatkan.

Selain itu dengan kendali keuangan, bisa untuk menentukan target yang harus dicapai agar usaha bisa menjadi cepat berkembang.

Semoga informasi tenang tips sukses bisnis salon kendaraan ini bisa menjadi motivasi dan referensi untuk Anda yang ingin sukses dalam berbisnis. Semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Tips Sukses Bisnis Salon Kendaraan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel