Gerobak dan Asal Usulnya

Gerobak, apa yang bisa dibayangkan tentang gerobak? Tentu sesuai dengan namanya, maka gerobak adalah alat yang dilengkapi dengan roda untuk bisa mengangkut barang. Bahkan dengan berkembangnya jaman dan pola bisnis, banyak tren bisnis yang menggunakan gerobak tradisional sebagai daya tarik tersendiri agar para calon pembeli mau datang. Namun, kali ini yang akan dibicarakan bukan tentang bisnis yang menggunakan gerobak atau bisnis gerobak, tetapi tentang gerobak dan asal usulnya, sehingga bisa menjadi informasi tentang ide munculnya gerobak ini.

gerobak-dorong
Gerobak angkringan

Tren bisnis dengan menggunakan gerobak dorong bisa dikatakan menjadi tren bisnis lama, namun dikemas dalam knsep yang baru. Dalam pelaksanaannya, penggunaan gerobak sengaja digunakan agar tempat usaha tersebut menjadi lebih menarik dan bisa menarik perhatian para calon pembeli.

Gerobak Dorong

Saat ini sudah semakin banyak jenis usaha yang menggunakan gerobak sebagai salah satu kelengkapan dalam usahanya, khususnya usaha kuliner. Dari sekian banyak usaha kuliner, hampir 80% tempat kuliner menggunakan gerobak untuk menjual barang dagangannya. 

Namun, tahukah Anda bahw gerobak pertama di buat di China bersamaan dengan hadirnya penemuan lainnya seperti bubuk mesiu, kertas, kompas magnetic dan penemuan lainnya. Untuk tanggal dan nama penemunya memang belum diketahui, tetapi sepertinya orang China sudah menggunakan gerobak dorong sudah sejak 2000-an tahun yang lalu.

Baca juga: Pajak Kendaraan Bermotor.

Bahkan berdasarkan legenda yang ada, saat berkuasanya Dinasti Shu Han pada periode Tiga Kerajaan, seorang pria bernama Zhuge Liang, menemukan gerobak dorong sebagai bentuk teknologi militer. Saat itu, terjadi  perang antara Dinasti Shu Han dengan Cao Wei.

Gerobak-jualan
Gerobak dorong

Dan Zhuge Liang membutuhkan cara yang efisien untuk bisa mengangkut makanan dan amunisi ke garis depan, sehingga muncullah ide untuk membuat sapi kayu dengan satu roda. Nama panggilan tradisional untuk gerobak sederhana ini adalah “kuda terbang”. Meskipun menggunakan sapi kayu, seorang tentara dapat dengan mudah membawa cukup makanan untuk para tentara. Hal ini membuat Shu Han menjaga rahasia teknologi kuda terbang ini agar tidak terdengar musuh.

Semoga informasi tentang gerobak dan asal usulnya ini bermanfaat dan bisa menjadi tambahan informasi untuk Anda.

Belum ada Komentar untuk "Gerobak dan Asal Usulnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel