Resensi Buku “Pendidikan Karakter Berbasis Total Quality Management – Konsep & Aplikasi di Sekolah”

Karakter… Ada apa dengan karakter? Di tengah berkembangnya jaman dan di tengah semakin canggihnya teknologi dan dunia digital, banyak hal yang terpengaruh, salah satunya adalah karakter. Karakter adalah ciri khas individu yang ditunjukkan melalui cara seseorang dalam bersikap, berperilaku dan bertindak untuk hidup dan bekerjasama, yang dilakukannya baik di lingkungan sekolah, keluarga atau pun masyarakat. Yang sangat menarik kali ini adalah proses pendidikan karakter yang dilakukan di sekolah, termasuk resensi buku “Pendidikan Karakter Berbasis Total Quality Management – Konsep & Aplikasi di Sekolah”  yang sengaja disampaikan disini untuk memberikan informasi tentang isi buku tersebut, dalam rangka menanamkan karakter positif pada usia dasar yang nantinya bisa memancarkan akhlak mulia atau budi pekerti yang luhur.

resensi-buku-pendidikan-karakter-berbasis-total-quality-management-konsep-dan-aplikasi-di-sekolah
Buku “Pendidikan Karakter Berbasis Total Quality Management – Konsep & Aplikasi di Sekolah”

Membangun wawasan yang luas bagi para siswa adalah sebuah kewajiban, namun yang tidak boleh ditinggalkan dalam proses pendidikan anak tersebut adalah pendidikan karakter. Bahkan banyak pakar yang mengatakan bahwa pendidikan karakter  menjadi hal yang sangat penting dalam mengatasi krisis moral yang melanda ngeri ini. Krisis tersebut, antara lain maraknya angka kekerasan anak dan remaja, terjadinya pergaulan bebas, bullying yang terjadi di sekolah dan masih banyak lagi lainnya.

Identitas Buku:
Judul buku: Pendidikan Karakter Berbasis Total Quality Management – Konsep & Aplikasi di Sekolah.
Penulis: DR. Novan Ardy Wiyani, M.Pd.I.
Penerbit: Ar-Ruzz Media.
Tahun terbit: Cetakan I, 2018.
Tebal buku: 196 halaman.
ISBN: 978 - 602 - 313 – 167 - 9.

Resensi Buku Non Fiksi “Pendidikan Karakter Berbasis Total Quality Management – Konsep & Aplikasi di Sekolah”

Terdapat dua kata penting dalam hal ini, yaitu karakter dan mutu. Dan bagaimana bila hal ini diaplikasikan dalam dunia pendidikan, tentu menjadi hal yang luar biasa. Untuk itulah buku ini diterbitkan. Pendidikan karakter menjadi hal penting khususnya di dunia sekolah. Dan untuk bisa mendapatkan hal luar biasa tersebut maka metode yang bisa digunakan adalah dengan meningkatkan mutu yaitu dengan metode TQM (Total Quality Management).

Baca juga: Resensi Buku "Panduan Memilih Program Magister 2006".

Buku dengan judul “Pendidikan Karakter Berbasis Total Quality Management – Konsep & Aplikasi di Sekolah” adalah  hasil penelitian penulis (DR. Novan Ardy Wiyani, M.Pd.I) yang dilakukan di SD Al-Irsyad Al-Islamiyah 02 Purwokerto, Banyumas, Jawa Tengah. 

Terdapat 3 (tiga) poin yang menjadi perhatian penulis, yaitu:

  1. Implementasi TQM (Total Quality Management)  di sekolah.
  2. Konsep pendidikan karakter dalam perspektif Islam.
  3. Model implemntasi TQM untuk membentuk karakter peserta didik di sekolah.

TQM (Total Quality Management) atau bisa diterjemahkan sebagai ‘Manajemen Mutu Terpadu’ biasanya digunakan oleh sebuah organisasi atau diaplikasikan oleh perusahaan-perusahaan besar dalam memanajemen sumber daya manusianya. Namun dalam perkembangannya, memadukan pendidikan karakter bagi siswa dengan metode TQM menjadi solusi dalam pendidikan karakter anak di sekolah saat ini.

Dengan lahirnya buku ini diharapkan bisa memberikan kontribusi bagi para pemangku kepentingan sekolah dalam membentuk dan membangun karakter para peserta didik. Dengan adanya pendidikan karakter berbasis Total Quality Management, maka para peserta didik tidak hanya memiliki kecerdasan intelektual (IQ) namun juga memiliki kecerdasan emosional dan spiritual (ESQ).

Kesuksesan seseorang 80% dipengaruhi oleh kecerdasan emosional dan spritualnya (ESQ) dan hanya 20% dipengaruhi oleh kecerdasan intelektuanya (IQ).”

Semoga sedikit informasi dan resensi buku “Pendidikan Karakter Berbasis Total Quality Management – Konsep & Aplikasi di Sekolah” ini bermanfaat dan bisa menjadi referensi bagi para pendidik di Indonesia.

Belum ada Komentar untuk "Resensi Buku “Pendidikan Karakter Berbasis Total Quality Management – Konsep & Aplikasi di Sekolah”"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel