Sejarah Singkat “Universitas Pendidikan Nasional”

Ingin melanjutkan ke jenjang pendidikan tinggi di Bali? Universitas Pendidikan Nasional bisa menjadi pilihan untuk Anda yang saat ini sudah menyelesaikan kelas 9 atau akan lulus SMU. Universitas Pendidikan Nasional saat ini bisa menjadi pilihan terbaik dengan berbagai fakultas, jurusan dan program studi. Tertarik untuk melanjutkan ke Undiknas? Sedikit informasi tentang sejarah singkat “Universitas Pendidikan Nasional”, semoga  bisa memberikan tambahan informasi bagi Anda semua.

Sejarah Singkat “Universitas Pendidikan Nasional”
Universitas Pendidikan Nasional (Foto: edumor.com)


Informasi tentang “Universitas Pendidikan Nasional”

  • Singkatan/ sebutan: Undiknas.
  • Status: Swasta.
  • Alamat: Jl.Waturenggong 146A, Denpasar dan Jl. Tukad Yeh Aya, PO.Box 3261, Panjer, Denpaar Selatan.
  • Telepon: 0361 - 238689, 235203.
  • Website: https://www.undiknas.ac.id
  • Dies natalis: 17 Februari.

Sejarah Singkat “Universitas Pendidikan Nasional”

  • Didirikan: 17 Februari 1969.
  • Pendiri: Prof. Dr. IGN. Gorda, M.S., M.MM
  • Pengelola: Universitas/ Perguruan Tinggi.

Berawal dari didirikannya Akademi Bank (AKABA) Denpasar yang oleh Yayasan Pendidikan Kejuruan Nasional (YKPN) Denpasar pada 17 Feburi 1969. Kemudian pada 17 Mei 1969 diubah namanya menjadi Akademi Keuangan dan Perbankan (AKABA) Denpasar.

Baca juga: Sejarah Singkat “Universitas Katolik Parahyangan”.

Tahun 1978 berubah menjadi Sekolah Tinggi Keuangan (STIK) Denpasar yang mengelola dua jurusan, yaitu keuangan dan akuntansi. Dari pihak YKPN kemudian mengusulkan lagi untuk penggabungan tiga Sekolah Tinggi dan satu Akademi yang ada di Denpasar untuk menjadi sebuah universitas, yaitu STIK Denpasar, Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (STISPOL) Denpasar, Sekolah Tinggi Ilmu Hukum (STIH) Denpasar, dan Akademi Teknik Dua Puluh November (ATD) Denpasar.

Universitas Pendidikan Nasional (Undiknas) resmi merupakan penggabungan empat lembaga pendidikan tinggi, yaitu STIK Denpasar menjadi Fakultas Ekonomi dengan mengelola tiga program studi (Manajemen Keuangan, Akuntansi, Ekonomi Pembangunan); STISPOL Denpasar menjadi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, dengan mengelola program Studi Ilmu Administrasi Negara; STIH Denpasar menjadi Fakultas Hukum dengan mengelola Program Studi Hukum (Pidana dan Keperdataan); ATD Denpasar menjadi Fakuktas Teknik dengan mengelola tiga program studi, yaitu Teknik Sipil, Teknik Elektro dan Teknik Mesin.

Itu dia, sejarah singkat “Universitas Pendidikan Nasional”. Semoga bermanfaat dan bisa memberikan informasi untuk Anda yang tertarik untuk melanjutkan studinya di Universitas Pendidikan Nasional.

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Sejarah Singkat “Universitas Pendidikan Nasional”"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel