Sejarah Singkat “Sekolah Tinggi Hukum Militer”

Tertarik dengan ilmu hukum, apalagi dengan ilmu hukum yang lebih fokus, yaitu ilmu hukum militer? Maka memilih perguruan tinggi yang satu ini sepertinya menjadi pilihan yang tepat, yaitu Sekolah Tinggi Hukum Militer yang merupakan perguruan tinggi yang bersifat kedinasan di lingkungan TNI Angkatan Darat yang bertanggung jawab kepada Menteri Pertahanan Keamanan. Sejarah singkat “Sekolah Tinggi Hukum Militer” ini bisa menjadi referensi untuk Anda yang ingin melanjutkan pendidikan dalam bidang ilmu hukum militer.

Sejarah Singkat “Sekolah Tinggi Hukum Militer”
Foto: sthmahmpthm.ac.id

Informasi “Sekolah Tinggi Hukum Militer” 

  • Singkatan/sebutan: STHM.
  • Status : Kedinasan.
  • Jalan : Jl. Kiai Tapa 101, Grogol, Jakarta Barat 11440.
  • Nomor telepon: (021) 5605909.5637181.

Sejarah Singkat “Sekolah Tinggi Hukum Militer”

  • Didirikan : Pada tanggal 5 Juni 1952.
  • Pendiri : Direktorat Kehakiman Angkatan Darat.
  • Pengelola : Universitas/Perguruan Tinggi.

Sekolah Tinggi Hukum Militer (STHM) adalah unsur pelaksana Direktorat Hukum TNI AD bidang pendidikan hukum tingkat doktoral  yang berkedudukan langsung di bawah Direktur Hukum TNI AD. Awalnya bernama Sekolah Hukum Militer (SHM).

Baca juga: Sejarah Singkat “Institut Pertanian Bogor”.

Didirikan pada tanggal 5 Juni 1952, SHM berganti nama menjadi Akademi Hukum Militer (AHM), pada tanggal 2 Oktober 1953. Karena pada tahun 1961 keluar peraturan bahwa jenjang pendidikan Perwira Ahli Hukum harus mencapai tingkat sarjana hukum, maka Perguruan Tinggi Hukum Militer (PTHM) pun didirikan.

Berikutnya, pada tanggal 13 Juli 1994, AHM-PTHM disesuaikan menjadi Sekolah Tinggi Hukum Militer (STHM). Program studinya adalah Hukum Pidana/Militer, Hukum Tata Negara, Hukum Internasional, dan Hukum Perdata. Lembaga pendidikan ini juga membuka program pascasarjana,dengan jenjang Magister (S2) untuk llmu Hukum.

Itu dia, sejarah singkat “Sekolah Tinggi Hukum Militer”. Semoga bermanfaat dan bisa memberikan informasi untuk Anda yang tertarik untuk melanjutkan studinya di “Sekolah Tinggi Hukum Militer”.

Belum ada Komentar untuk "Sejarah Singkat “Sekolah Tinggi Hukum Militer”"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel