Oseng Daun Pepaya, Nikmatnya Bikin Sehat

Siapa yang menyangka kalau sehat saat ini menjadi hal utama, apalagi setelah merebaknya wabah pandemi Covid-19 beberapa waktu lalu. Tentunya menjaga imun tubuh untuk selalu terjaga adalah faktor yang sangat penting. Dan untuk bisa menjaga tubuh selalu sehat, ternyata tidak dibutuhkan biaya yang mahal, bahkan kita bisa menggunakan berbagai bahan yang ada di sekitar kita, seperti mengonsumsi daun pepaya, meskipun terasa agak pahit, namun daun pepaya memiliki manfaat apalagi untuk kesehatan. Salah satu cara untuk mengonsumsinya adalah memasaknya menjadi oseng daun pepaya, nikmatnya bikin sehat bagi yang menikmatinya.

oseng daun pepaya
Oseng daun pepaya

Sajian oseng daun pepaya sebenarnya sudah menjadi hal biasa, apalagi disajikan saat makan siang bersama keluarga. Bahkan saat ini sudah banyak tempat kuliner dan restoran yang menyajikaan sajian nikmt oseng daun pepaya ditambah dengan campuran teri didalamnya, membuat sajian oseng daun pepaya ini bertambah nikmat, yang menarik adalah sudah banyak diantaranya yang bisa mengolah daun pepaya ini sehingga tidak terasa pahit.

Oseng Daun Pepaya Teri dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Beda dahulu, beda sekarang, kalau dahulu kita bisa menemukan tanaman pepaya teronggok begitu saja di kebun-kebun, entah kebun kita sendiri atau kebun tetangga, dan kita bisa meminta langsung kepemiliknya. Namun saat ini, karena keterbatasan lahan, otomatis kita bisa membelinya di pasar. Selama ini kita lebih banyak mengonsumsi buah pepaya dengan rasanya yang manis segar untuk mengatasi sembelit dan memberi nutrisi kulit.

Kini siapa menyangka, sejak mulai sadarnya akan kesehatan, daun pepaya mulai diolah meskipun rasanya pahit, namun rasa pahit pada daun pepaya ini sangat bermanfaat untuk kesehatan, karena adanya senyawa papain yang memiliki anti-inflamasi sehingga bagus untuk pencernaan dan banyak khasiat lainnya untuk kesehatan.

Baca juga: Sambal Hijau, Kelezatan Kuliner Sambal Indonesia.

Terdapat banyak manfaat mengonsumsi daun pepaya untuk kesehatan, antara lain:

  • Bisa mengatasi gejala demam berdarah.
  • Memelihara fungsi pencernaan. Hal ini dikarenakan adanya senyawa papain yang bisa memecah protein besar menjadi asam amino kecil, yang membuat mudah dicerna oleh tubuh.
  • Meredakan rasa sakit dan peradangan. Zat-zat yang terkandung dalam daun pepaya seperti papain, flavonoid, dan juga vitamin E memiliki manfaat sebagai anti-inflamasi.
  • Menjaga kadar gula darah. Mengonsumsi daun pepaya setiap hari sangat dianjurkan bagi para penderita diabetes karena bisa memberikan efek penurun gula darah.
  • Membantu pertumbuhan rambut. Kebotakan bisa terjadi karena tingkat stress oksidatif yang tinggi pada tubuh, untuk itu sangat dianjurkan untuk mengonsumsi sayuran yang tinggi kandungan antioksidan seperti pepaya yang bisa mengurangi risiko kebotakan dini.
  • Mencegah penyakit kanker. Salah satu cara mencegah kanker adalah dengan mengonsumsi makanan sehat, begitu pula dengan daun pepaya yang bisa mencegah kanker prostat dan mencegah kanker payudara. Senyawa dalam daun pepaya ini mampu menghambat pertumbuhan sel kanker dalam tubuh.
  • Sangat baik untuk meningkatkan imunitas tubuh. Ternyata daun pepaya memiliki nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, bahkan senyawa pada daun pepaya bisa membuat komponen limfosit T (Sel T) dalam tubuh menjadi semakin aktif, sel ini memiliki peran untuk memerangi sel tubuh yang terpapar virus atau kanker.

Begitu banyak khasiat yang dimiliki daun pepaya untuk kesehatan tubuh, tentunya mengonsumsi daun pepaya dengan berbagai ragam sajian masakan akan membuat tubuh menjadi sehat.

Resep Oseng Daun Pepaya agar Tidak Pahit

Selain berbagai manfaat di atas, tidak ada salahnya kalau disampaikan juga resep untuk membuat oseng daun pepaya agar tidak pahit yang bersumber dari Cookpad.com/Ursula Mallisa Yuswandhoro,sebagai berikut:

Bahan utama untuk membuat oseng pepaya, antara lain:

  • Daun pepaya 1 ikat.

Bahan untuk membuat bumbu, antara lain:

  • Asam jawa sebanyak 1 bungkus.
  • Cabe keriting (jumlahnya tergantung selera).
  • Rebon.
  • Bawang merah 4 siung.
  • Bawang putih 4 siung.
  • Lengkuas sebesar satu ibu jari.
  • Daun jeruk sebanyak 3 lembar.
  • Daun salam sebanyak 2 lembar.
  • Sereh 1 batang.
  • Penyedap rasa 2 sendok makan.
  • Gula 1 sendok makan.
  • Garam 1 sendok makan.
  • Minyak untuk menumis.

Langkah membuat oseng daun pepaya, antara lain:

  1. Campurlah air dan asam kemudian didihkan, sesudah mendidih, masukkan daun pepaya selama lebih kurang 5 sampai 10 menit, kemudian angkat dan bersihkan asamnya.
  2. Iris tipis daun pepaya sesuai selera bisa diiris dengan ukuran lebih kurang 2 cm.
  3. Memarkan lengkuas, rajang cabai dan sereh.
  4. Tumis bawang merah dan bawang putih sampai tercium bau harum.
  5. Masukkan rebon, kemudian tumis lagi sampai harum.
  6. Kemudian masukkan daun jeruk, lengkuas, daun salam dan sereh.
  7. Masukkan daun pepaya, cabai keriting, kemudian masukkan penyedap rasa, garam dan vetisn.
  8. Aduklah sampai merata, kalau sampai agak kering, masukkan air secara perlahan sekitar 150 ml.
  9. Coba rasanya, kemudian aduk sampai agak kering.
  10. Sajikan.

Semoga informasi  tentang “oseng daun pepaya, nikmatnya bikin sehat” ini bermanfaat dan menjadi referensi untuk Anda yang ingin memasak makanan sehat untuk keluarga.  

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Oseng Daun Pepaya, Nikmatnya Bikin Sehat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel