Sejarah Singkat “Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung”

Masih tertarik dengan sekolah kedinasan? Satu lagi sekolah kedinasan yang bisa Anda coba untuk mendaftar, yaitu Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung. Sekolah ini dibawah Kementerian Pariwisata, namun secara teknis dahulu di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, saat ini Kementerian Pendidikan Nasional. Tidak hanya belajar tentang pariwisata, STP Bandung juga sudah bekerjasama dengan perguruan tinggi dalam negeri dan juga luar negeri untuk meningkatkan kualitas pendidikannya. Terlepas dari hal tersebut, tidak salah kiranya kalau Anda mengetahui sedikit  sejarah singkat “Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung”.

Sejarah Singkat “Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung”
Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung (Foto: wisatabdg.com)

Berikut informasi dan sejarah singkat “Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung”


Informasi “Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung”:

  • Singkatan atau sebutan: STP Bandung.
  • Status: Kedinasan.
  • Alamat: Jl. Dr. Setiabudi 186, Bandung.
  • Telepon: (022) 2011456; 2011932.
  • Website: https://www.stp-bandung.ac.id

Sejarah Singkat “Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung”

Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Bandung merupakan unit pelaksana teknis yang berada di bawah Badan Pengembangan Pariwisata dan Kesenian Jakarta. STP sudah berdiri sejak tahun 1959, meskipun sudah beberapa kali ganti nama. 

Awalnya sekolah ini bernama Sekolah Kejuruan Perhotelan (SKP) yang kemudian berubah menjadi Sekolah Kejuruan Perhotelan dan Perestoran (SKPP), kemudian berubah lagi menjadi Akademi Perhotelan dan Perestoran (APP). Kemudian berganti nama lagi menjadi Akademi Perhotelan Nasional (APN), bahkan antara tahun 1973 sampai dengan tahun 1981, APN bekerjasama dengan Pemerintah Swiss dalam bidang kurikulum, pengadaan dan tenaga pengajar.

Baca juga: Sejarah Singkat Program Pascasarjana “Institut Agama Islam Negeri Sunan Gunung Djati”.

Saat itu APN lebih dikenal dengan nama NHI (National Hotel Institute) yang kemudian berubah nama lagi menjadi NHTI dengan penambahan jurusan , yaitu Usaha Perjalanan dan Bina Wisata.

Namanya berubah lagi pada tahun 1993 menjadi Balai Pendidikan dan Latihan Pariwisata, sebelum akhirnya keluar SK Presiden No. 101/1993 yang menetapkan namanya menjadi ‘Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Bandung”. Selain itu, lembaga ini juga menyelenggarakan program magister, selain program diploma.

Itu dia sejarah singkat “Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung”. Semoga bermanfaat dan bisa memberikan informasi untuk Anda yang tertarik untuk melanjutkan studinya di sekolah kedinasan STP Bandung.

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Sejarah Singkat “Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung”"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel