Kue Tok, Kue Tradisional Isi Kacang Hijau

Bisa menikmati sajian kuliner adalah hal yang sangat menyenangkan, untuk itu kita harus bersyukur karena hidup di Indonesia yang memiliki berbagai ragam sajian kuliner, mulai dari kue, makanan lezat dan juga berbagai sajian khas daerah yang bisa kapan saja bisa dinikmati. Diantara berbagai sajian kuliner tersebut, maka sajian kue sepertinya menarik untuk dibahas. Kali ini kue tok, kue tradisional isi kacang hijau dengan rasanya yang manis menjadi pembahasan kita kali ini.

Kue Tok, Kue Tradisional Isi Kacang Hijau
Kue tok

Kue tok memang memiliki bentuk yang lucu, seperti kura-kura atau hampir mirip dengan mainan anak-anak jaman dahulu kala. Kue tok sampai saat ini masih sangat mudah ditemui dan didapatkan diberbagai pasar tradisional yang menyediakan ragam kue basah atau di toko-toko kue yang menyediakan kue tradisional khas Indonesia.

Kue Tok, Kue Legit yang Enak

Ternyata dari berbagai referensi, ada yang menyebut kue tok dengan sebutan kue ku atau juga disebut dengan kue kura-kura, karena bentuknya yang menyerupai cangkang kura-kura dan disajikan di atas selembar daun pisang atau bahkan ada yang dibungkus dengan daun pisang.

Baca juga: Martabak Manis yang Legit dan Enak.

Kue tok adalah kue tradisional yang dibuat dengan bentuk bulat atau bentuk oval yang dibungkus dengan kulit yang terbuat dari bahan ketan dengan isian dari olahan kacang hijau yang manis. Dalam tradisi Tionghoa, kue ini biasanya disajikan saat Tahun Baru Imlek.

Kue Tok, Kue Tradisional Isi Kacang Hijau
Kue tok warna hijau

Tidak hanya untuk masyarakat Tionghoa, kue tok ini juga bisa Anda temukan saat dilaksanakannya hajatan, misalnya kenduri, acara pernikahan, khitanan dan acara lainnya di Indonesia.

Kue Tok Surabaya, Pilihan Nikmat Kue Tradisional

Sebenarnya tidak hanya di Surabaya saja, kue tok banyak tersebar di berbagai daerah di Indonesia, namun di Surabaya, kue tok ini bisa Anda temukan di berbagai pasar tradisonal yang menyediakan jajanan atau kue tradisinal, seperti di Pasar Blauran, Pasar Ngagel dan banyak pasar tradisional di Surabaya.

Kue yang yang terbuat dari tepung ketan dengan isi kacang hijau ini, memiliki tekstur yang kenyal dan juga legit. Ternyata kue yang dipercaya berasal dari Tionghoa yang memiliki nama asli “Ang Ku Kue”, memiliki filosofi tersendiri. ‘Ang’ berarti merah dan ‘Ku’ berarti kura-kura, yang melambangkan kemakmuran dan kebahagiaan.

Kue Tok Surabaya, Pilihan Nikmat Kue Tradisional
Kue tok Surabaya isi kacang hijau

Namun seiring berjalannya waktu kue tok atau orang Barat menyebutnya dengan ‘Red Turtoise Cake’ ini sudah mengalami perkembangan, sehingga tidak berwarna merah saja, namun ada yang berwarna hijau, bahkan isinya pun sudah banyak yang dimodifikasi. Tidak hanya kacang haijau, namun ada yang diisi dengan kacang tanah atau juga kentang.

Itu dia sedikit informasi tentang ‘kue tok, kue tradisional isi kacang hijau’. Semoga bisa menjadi referensi dan informasi tentang sajian kuliner tradisional khas Indonesia.

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Kue Tok, Kue Tradisional Isi Kacang Hijau"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel