Informasi Beasiswa S2 – Deutscher Akademischer Austauschdienst

Bisa menyelesaikan S1 secara tepat waktu adalah hal yang membanggakan, apalagi bisa mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan jenjang yang lebih tinggi lagi, yaitu melanjutkan pendidikan S2. Kali ini informasi besiswa S2 yang disampaikan adalah informasi beasiswa S2 – Deutscher Akademischer Austauschdienst (DAAD).

Beasiswa Kuliah S2 – Deutscher Akademischer Austauschdienst (DAAD)

Deutscher Akademischer Austauschdienst (DAAD - Dinas Pertukaran Akademis Jerman), adalah organisasi perguruan-perguruan tinggi Jerman, yang merupakan pemberi beasiswa terbesar di Jerman.

Informasi Beasiswa S2 – Deutscher Akademischer Austauschdienst
Deutscher Akademischer Austauschdienst (Foto: smo.lebara.com)

DAAD berkantor pusat di Kota Bonn. Selain itu, DAAD memiliki Kantor Perwakilan di Jakarta. DAAD menawarkan beasiswa bagi sarjana yang menjadi staf pengajar di perguruan tinggi, serta menjadi pegawai lembaga penelitian. DAAD juga melayani konsultasi untuk kuliah di Jerman.

Baca juga: Informasi Beasiswa S2 – Australian Education Centre.

Jenis beasiswa yang diberikan, antara lain:

  • Beasiswa tahunan yang dapat diperpanjang.

Beasiswa ini diperuntukkan bagi lulusan S1 semua jurusan  dengan usia peserta kurang dari 32 tahun, sedangkan untuk sarjana S2 di bawah 34 tahun.

Pendaftaran beasiswa ini ditutup setiap tanggal 24 Desember. Calon yang lulus seleksi diprogramkan untuk mengikuti kursus-kursus bahasa, tentang perguruan tinggi, dan studi wilayah Jerman. Semua kursus tersebut diselenggarakan di Jakarta. Kursus bahasa kemudian dilanjutkan di Jerman selaama beberapa bulan.

  • Beasiswa “Sandwich”, untuk program doktor.

Beasiswa ini disediakan bagi lulusan program S3 atau Doktor. Melalui program ini , kuliah dan penelitian berlangsung di Jerman maupun di Indonesia, dan gelar doktor dapat diperoleh dari universitas di Indonesia dan Jerman .

Untuk usia peserta maksimal 36 tahun  saat melakukan pendaftaran beasiswa.

  • Beasiswa untuk studi pascasarjana.

Perguruan tinggi Jerman ini menawarkan program pascasarjana khusus untuk negara-negara berkembang  yang terbatas bagi pegawai departemen, instansi  dan peruahaan negara yang memiliki kaitan dengan politik pembangunan.

Ijazah S1 dan pengalaman kerja minimal dua tahun menjadi persyaratan. Batas umur saat mendaftar, yaitu 35 tahun. Pendaftaran ditutup setiap tahun pada akhir Agustus.

  • Program beasiswa jangka pendek untuk tesis S2 atau S3.

Program beasiswa selama 2 sampai 6 bulan ini disediakan bagi mereka ingin mencari data bagi tesis S2 atau disertasinya. Besar beasiswa dan tunjangan  lain sama dengan yang diperoleh penerimaa beasiswa jangka panjang. Berkas lamaran harus diserahkan minimal 4 (empat) bulan sebelum rencana berangkat.

  • Kunjungan penelitian 1 sampai 3 bulan.

Undangan dari institusi yang akan dikunjungi merupakan syarat. Selain untuk penelitian, lawatan ini juga juga bertujuan untuk menjalin hubungan dengan para ahli Jerman. Berkas lamaran harus diserahkan  paling tidak 4 (empat) bulan sebelum rencana keberangkatan.

Untuk informasi selengkapnya, bisa menghubungi:

Deutscher Akademischer Austauschdienst (DAAD)

  • Summimas Tower I Lantai 19,
  • Alamat: Jl. Jenderal Sudiman Kav. 61-62, Jakarta 12190.
  • Telepon: 021 - 5252807.
  • Website: www.daad.org

Semoga Informasi Beasiswa S2 – Deutscher Akademischer Austauschdienst (DAAD) tersebut bermanfaat untuk Anda. Namun sebagai catatan, Anda harus meng-update informasi terkini terkait beasiswa tersebut, karena dikhawatirkan terdapat perubahan informasi termasuk cara-cara dan persyaratan pendaftaran.

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Informasi Beasiswa S2 – Deutscher Akademischer Austauschdienst"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel