5 Tempat Makan Nasi Pecel di Kota Probolinggo

Berburu kuliner enak memang sering menjadi judul tulisan bahkan ide Youtube para pecinta kuliner. Begitu pula dengan ide kali ini yang masih mencari sajian enak di Kota Probolinggo. Dan ide kuliner saat ini sangat sederhana, hanya sajian nikmat kuliner yang sering dan selalu dinikmati setiap pagi, yaitu nasi pecel. Maka tidak salah kalau judul tulisan kali ini yang digunakan adalah “6 tempat makan nasi pecel di Kota Probolinggo”.

5 Tempat Makan Nasi Pecel di Kota Probolinggo
Nasi pecel (Foto: Instagram.com/pecel_probolinggo)

Menikmati sajian kuliner yang satu ini memang tidak ada habisnya, sering kali ada yang mengatakan kalau nasi pecel adalah salad khas Jawa, karena bisa disajikan tanpa nasi. Nasi pecel ini memang sangat nikmat, nasi dan sayur dalam penyajiannya disiram dengan saus kacang.

Tempat Makan Terdekat dan Pilihan Kuliner Nasi Pecel di Kota Probolinggo

Menarik bukan kuliner nasi pecel ini? Eh.. sebelum membicarakan aneka sajian dan tempat kuliner nasi pecel di Kota Probolinggo, tidak ada salahnya kalau kita tahu sedikit tentang nasi pecel ini. Menurut Prof Dr. Ir. Murdjiati Gardjito, istilah atau sebutan tentang ‘pecel’ ini berasal dari Bahasa Jawa, yang berarti ‘diperas setelah direbus’. 

Menurut Prof Murdijati, ternyata sajian pecel sudah ada sejak jaman dahulu kala, khususnya di kehidupan orang Jawa. Bahkan dalam Serat Centhini, ditulis pada tahun 1800 SM, yaitu hidangan –sayuran segar yang dipadukan dengan siraman saus kacang.

Pada saat itu pecel disajikan sebagai menu jamuan bagi para rombongan kerajaan. Kemudian dari waktu ke waktu, pecel menjadi hidangan untuk acara selamatan dan berbagai pertunjukan di daerah Jawa.

Selain dalam Serat Centhini, munculnya hidangan pecel juga dikisahkan dalam ‘Babad Tanah Jawi’ yang saat itu sedang gencar-gencarnya proses penyebaran Agama Islam di Pulau Jawa. Saat itu, Sunan Kalijaga sebagai salah satu Wali Songo yang bertamu di rumah Ki Gede Pemanahan di Mataram dan disajikan makan siang, yang tidak lain adalah pecel. 

Ki Gede Pemanahan menjelaskan pecel sebagai hidangan daun-daunan dan sayuran yang telah direbus, ditambah satu mangkuk saus kacang yang nikmat dan dinikmati bersama. Cita rasa bumbu kacang yang segar dan manis, dan terdapat campuran asam jawa, gula kelapa dan bumbu kencur, yang membuat Sunan Kalijaga terkesima dengan makanan enak ini.

Kembali pada sajian nasi pecel, untuk Anda yang tinggal atau saat ini sedang berada di Kota Probolinggo dan ingin menikmati sajian nikmat nasi pecel terdapat 5 (lima) tempat makan nasi pecel yang bisa Anda kunjungi, antara lain:

  1. Pecel Tugu.
  2. Pecel Tumpang Kediri Bu Erni.
  3. Pecel Tumpang Khas Kediri ‘Mbah Guru’.
  4. Pecel Madiun Bu Ari Sumiran.
  5. Pecel Madiun Bu Reta.

5 Tempat Makan Nasi Pecel di Kota Probolinggo

Baca juga: 5 Tempat Makan Ayam Geprek di Kota Probolinggo.


1. Pecel Tugu.

Ini dia salah satu pecel legendaris di Kota Probolinggo, “Pecel Tugu”. Dahulu sering disebut dengan nasi pecel empal depan Rumah Kopi Barista, karena berjualan di depan Rumah Kopi Barista. Namun saat ini sejak pindah ke lokasi baru di depan Pengadilan Negeri Probolinggo, nama nasi pecel ini sering disebut juga dengan “Pecel Pagi Probolinggo”. Nasi Pecel Tugu memiliki ciri khas dengan sajian lauk empalnya yang enak dan empuk.

5 Tempat Makan Nasi Pecel di Kota Probolinggo
Nasi pecel empal (Foto: Instagram.com/cecelemu_)

Pecel Tugu ini berlokasi di Jl. Dr. Moch Saleh, Sukabumi, Kec. Mayangan, Kota Probolinggo, Jawa Timur 67219.

Jam buka : 07.00 - 10.00 WIB.


2. Pecel Tumpang Kediri Bu Erni.

Selain sajian nasi pecel pagi, masih ada nasi pecel lainnya yaitu “Pecel Tumpang Kediri Bu Erni”. Sesuai dengan namanya maka nasi pecel ini menggunakan tumpang sebagai sajian khas pecel kediri, yaitu dari bahan tempe bosok atau tempe busuk. Hasil olahan tempe busuk ini menjadi sajian nikmat yang aman untuk dikonsumsi, dan juga menjadi pelengkap nasi pecel tumpang.

Pecel Tumpang Kediri Bu Erni.
Nasi pecel (Foto: Instagram.com/ayomanganlur)

Apabila Anda mencari di Gogle Maps, maka akan terjadi perbedaan lokasi antara Google Maps dengan lokasi yang sekarang. Di Google Maps, lokasi “Pecel Tumpang Kediri Bu Erni” ini berada Jalan Dr Moh Saleh, Sukabumi, Kec. Mayangan, Kota Probolinggo. Sedangkan di berbagai informasi, saat ini berada disisi timur alun-alun Kota Probolinggo atau diseberang Perpustakaan Kota Probolinggo.

Pecel Tumpang Kediri Bu Erni ini berlokasi di Jalan Trunojoyo, Mangunharjo, Kec. Mayangan, Kota Probolinggo, Jawa Timur 67219.

Jam buka : 06.00 - 12.00 WIB.


3. Pecel Tumpang Khas Kediri ‘Mbah Guru’.

5 Tempat Makan Nasi Pecel di Kota Probolinggo
Nasi pecel tumpang khas Kediri ‘Mbah Guru’ (Foto: Instagram.com/sebelum_kenyang)

Selain tempat kuliner nasi pecel di atas, masih ada tempat kuliner pecel lainnya yang bisa dicoba, yaitu “Pecel Tumpang Khas Kediri Mbah Guru”. Sama halnya nasi pecel tumpang sebelumnya, disini juga disajikan tumpang sebagai tambahan untuk menikmati nasi pecel. Dalam satu porsi nasi pecel juga disajikan sambal tumpang, tempe goreng, sayuran dan juga peyek udang.

5 Tempat Makan Nasi Pecel di Kota Probolinggo
Nasi pecel tumpang khas Kediri ‘Mbah Guru’ (Foto: Instagram.com/sebelum_kenyang)

Pecel Tumpang Khas Kediri ‘Mbah Guru’ ini berlokasi di sebelah timur Indomaret Kalisalam, Kedungsiwalan, Dringu. Probolinggo. 

Jam buka : 07.00 - 13.00 WIB.


4. Pecel Madiun Bu Ari Sumiran.

5 Tempat Makan Nasi Pecel di Kota Probolinggo
Nasi Pecel Madiun Bu Ari Sumiran (Foto: Instagram.com/laper_mager)

Berbeda dengan sajian pecel di atas, yang merupakan pecel Kediri. Kali ini “Pecel Madiun Bu Ari Sumiran” bisa menjadi pilihan. Sesuai dengan namanya maka nasi pecel Madiun biasanya disajikan dengan berbagai sayuran rebus, berupa kacang panjang, daun singkong, kangkung, kecambah, daun pepaya, bayam, kemangi, petai cina baru disiram dengan bumbu kacang. Untuk lauk juga disediakan ayam goreng, telur, tempe dan masih banyak pilihan lauk lainnya.

5 Tempat Makan Nasi Pecel di Kota Probolinggo
Nasi Pecel Madiun Bu Ari Sumiran (Foto: Instagram.com/laper_mager)

Pecel Madiun Bu Ari Sumiran ini berlokasi Ruko The Kayana Square Kav. 31, Jl. Kh. Abdurrahman Wahid, Pilang, Kec. Kademangan, Kota Probolinggo, Jawa Timur 67221.

Jam buka : 05.00 - 15.00 WIB.


5. Pecel Madiun Bu Reta.

Satu lagi sajian pecel Madiun yang bisa dinikmati di Kota Probolinggo, yaitu “Nasi Pecel Madiun Bu Reta”. Tempat kuliner ini bisa dikatakan kuliner legendaris di Kota Probolinggo. Yang unik, nasi pecell Bu Reta ini menggunakan daun singkong sebagai sajian tambahan dalam sayuran pecelnya.

5 Tempat Makan Nasi Pecel di Kota Probolinggo
Nasi Pecel Madiun Bu Reta (Foto: google.co.id/maps/tri hastono)

Pecel Madiun Bu Reta ini berlokasi Jl. Panglima Besar Sudirman No.274, Jati, Kec. Mayangan, Kota Probolinggo, Jawa Timur 67214.

Jam buka : 24 Jam.


Itu dia informasi 5 tempat makan nasi pecel di Kota Probolinggo, semoga bermanfaat dan menjadi referensi untuk Anda yang ingin menikmati sajian kuliner di Kota Probolinggo.

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "5 Tempat Makan Nasi Pecel di Kota Probolinggo"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel