Resensi Novel “Writer VS Editor”

Hidup memang punya jalannya sendiri. Begitu pula dengan  hidup manusia, manusia hanya bisa berencana dan Tuhan yang menentukan. Dan salah satu kisah tentang hidup tersebut dikisahkan dalam novel cantik dan kekinian ala Nuna Rihana Mirja sebagai tokoh utama dalam novel tersebut. Bisa dikatakan novel ini sangat menarik hati dan membuat penasaran mereka para penulis muda, apalagi bagi mereka yang ingin mengetahui hidup seorang penulis muda. Resensi novel “Writer VS Editor” kali ini ingin mengambil sedikit kisah dari seorang Nuna yang pada akhirnya menjadi seorang penulis muda.

Saat membaca judul novel ini, seolah seperti ada perseteruan antara seorang penulis dengan sang editor dari naskah yang ditulisnya, dan hal ini menjadi sesuatu yang benar. Yang menarik, novel ini malah sukses membuat para pembaca ingin terjun dalam dunia penulisan, bahkan tidak hanya itu suka duka dalam novel yang membicarakan pahitnya berproses untuk menjadi seorang penulis juga membuat novel menjadi salah satu novel yang direkomendasikan bagi para penulis pemula.

Resensi Novel “Writer VS Editor”

Identitas Buku:

Judul: Writer VS Editor.
Penulis: Ria N. Badaria.
Penerbit: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Tahun terbit: Januari 2011.
Tebal buku: 312 halaman.
ISBN: 978-979-226586-6.

Resensi Buku “Writer VS Editor”

Hidup memang terkadang berbanding terbalik dengan apa yang kita rencanakan. Sebagai manusia kita hanya bisa berencana, namun Tuhan yang menentukan.”

Kata bijak tersebut sepertinya menjadi salah satu inti cerita dalam novel karya Ria N. Badaria ini, hal ini pula yang terjadi pada seorang Nuna Rihana Mirja, yang dulunya hanya seorang pegawai swalayan biasa, dan dengan penggambaran dirinya yang sangat sederhana. Namun siapa yang mengira impian dan harapannya untuk bisa menjadi seperti seorang JK Rowling, telah mengantarkan Nuna menjadi seorang penulis muda.

Perjalanan dan pengorbanan hidupnya menjadi berubah, keputusasaan yang ada dihatinya karena naskah yang dikirimkan pada berbagai penerbit namun hasilnya bisa ditebak, ditolak. Namun sebagai sosok calon penulis sukses Nuna tidak berbenti dengan terus mengirim naskahnya.

Baca buku: Resensi Novel “Jalan Sunyi Seorang Penulis”.

Siapa yang menyangka sosok penulis sukses tersebut awalnya hanyalah seorang pegawai swalayan. Sebuah kejutan dan hal ini merubah masa depan menjadi lebih baik, saat naskah terakhir yang diterima Penerbit Global Books yang pada akhirnya bertemu dengan Rengga seoang editor. Nuna pun menyebutnya sebagai pelencengan hidup.

Meskipun pada awalnya terjadi ketidaksukaan Rengga pada Nuna yang dianggapnya tidak profesional karena sulit dihubungi, karena Nuna masih harus bekerja di swalayan, namun segala keterbatasan tersebut bisa dilalui mskipun terdapat bumbu kisah anak muda dengan saling mengerjai Nuna.

Berbicara tentang pelencengan hidup, siapa yang mengira kalau Nuna dan Rengga juga mengalami pelencengan hidup. Nuna yang pada awalnya hanya sebagai pegawai swalayan akhirnya menjadi seorang penulis. Rengga yang memiliki gelar sarjana di bidang jurnalistik dan memiliki cita-cita sebagai wartawan, harus kandas, dan terpaksa menjadi seorang editor yang tidak pernah dicita-citakannnya.

Yang menarik, meskipun editor bukna sebagi cita-citanya, namun Rengga tetap menjalankan pekerjaan tersebut dengan sebaik-baiknya. Di tengah cerita Rengga yang memiliki kekasih bernama Masya mengkhanatinya, apalagi Masya yang hanya bisa mengeruk isi dompet Rengga dan mencampakan Rengga begitu saja. Berbanding terbalik dengan kisah Rengga, Nuna bertemu dengan cinta pertama yang ternyata atasan Rengga di Kantor Global Books,’Arfat’ , dan semua menjadi menarik yang ternyata Nuna mencintai Rengga. 

Semua kisah menarik tersebut bisa Anda baca di novel dengan judul “Writer VS Editor”.

Kelebihan Novel “Writer VS Editor”

Novel ini bisa dikatakan mudah untuk dicerna dengan suasana santai yang bisa membawa pembaca untuk terbawa pada cerita novel tersbut. Selain itu, penulisnya yaitu Ria N. Badaria yang lihai bisa menarik pembaca untuk mengikuti alur dengan pesan menarik apalagi dibungkus dengan kisah romantis.

Selain alurnya yang mengalir, plot di dalam novel ini juga runut dan rapi, selain itu kisahnya juga terkesan alami.

Itu dia, sedikit resensi novel “Writer VS Editor” karya Ria N. Badaria, semoga bermanfaat, menghibur dan menginspirasi kita semua. 

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Resensi Novel “Writer VS Editor”"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel