Resensi Buku “SENI BERBICARA – Kepada Siapa Saja, Kapan Saja, Di mana Saja”

Ada apa dengan berbicara? Kalau ada yang mengatakan bahwa berbicara hanya sekedar berbicara seperti yang dilakukan sehari-hari, sepertinya Anda harus mulai membaca buku yang satu ini. Berbicara dalam hal ini adalah berbicara tanpa adanya hambatan, seperti saat melakukan pidato di depan orang banyak, atau menjadi pembicara hebat dalam berbagai kondisi seperti seorang pembicara hebat ini, yaitu Larry King. Rasanya memulai berbicara di depan umum adalah suatu hal yang berat, maka tidak salah kali ini dalam resensi buku “SENI BERBICARA – Kepada Siapa Saja, Kapan Saja, Di mana Saja” sengaja disampaikan secara khusus tips sukses menjadi pembicara hebat ala Larry King.

Tidak dapat dipungkiri, bahwa berbicara adalah suatu aktivitas yang dilakukan sejak manusia kecil atau masih usia balita. Namun, meskipun sudah menjadi hal bisa, berbicara tetap menjadi suatu kendala saat harus bertemu dengan orang asing, entah bingung bagaimana harus memulainya atau memperkenalkan diri atau pun harus berbicara tentag tema apa. Ini masih dalam pembicaraan non formal, nah bagaimana dengan berbicara secara formal atau bahkan di depan orang yang Anda anggap penting, tentu akan membuat Anda bertambah grogi. 

Resensi Buku “SENI BERBICARA – Kepada Siapa Saja, Kapan Saja, Di mana Saja”

Identitas buku:
Judul buku: SENI BERBICARA – Kepada Siapa Saja, Kapan Saja, Di mana Saja.
Penulis: Larry King.
Penerjemah: Marcus Prihminto Widodo
Penerbit: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Tahun terbit : Cetakan ke-20, Edisi Revisi April 2007.
Tebal buku: 212 halaman.
ISBN: 978-979-22-2852-6.


Resensi Buku Non Fiksi “SENI BERBICARA – Kepada Siapa Saja, Kapan Saja, Di mana Saja”

Seni berbicara? Sebenarnya apakah seni berbicara ini? Buku ini sebenarnya merupakan sebuah buku klasik yang sengaja ingin mengupas sebuah rahasia cara berkomunikasi yang baik, yang sengaja dijabarkan dengan lebh detail oleh si pembicara hebat “Larry King”.

Tidak hanya tentang tips berbicara, buku ini juga mengulas berbagai hambatan yang bisa saja dihadapi seorang pembicara dan juga tips untuk mengatasinya. Bisa dikatakan tepat kalau Anda memilih buku ini untuk mencari pedoman agar mahir berbicara, karena Larry King sudah memiliki pengalaman dalam berbicara di depan umum berpuluh-puluh tahun lamanya, baik dalam talks show radio maupun televisi, tidak hanya itu, Larry King juga pernah berbincang-bincang dengan Mikhail Gorbachev sampai Michael Jordan.

Baca juga: Resensi Buku “Menerbitkan Buku Itu Gampang”.

Larry King sendiri memulai karirnya sebagai seorang penyiar di Mutual Broadcasting Network dan juga menghantarkannya sebagai pembawa acara luar biasa ‘Larry King Live’ pada sebuah talk show interaktif di CNN.

Yang menjadi pertanyaan adalah kepada siapa buku ini harus dimiliki? Buku ini harus menjadi buku wajib, apabila Anda:

  • Seorang pebisnis yang sangat membutuhkan kemampuan untuk diplomasi dan juga dalam hal membangun relasi.
  • Anda adalah seorang Akademisi, baik mahasiswa serta dosen yang ingin memperbaiki metode komunikasi dalam proses penyampaian pendapat dan berbicara di depan umum.
  • Yang paling penting adalah buku ini ditujukan bagi Anda yang kurang PD (Percaya Diri) dan sangat ingin meninggkatkan kemampuan berbicara.

Terdapat 12 bab, yang memberikan Anda informasi dan tips berbicara, yang tentunya akan menarik Anda untuk semakin penasaran dengan isi buku ini, antara lain:

  1. Bicara satu lawan satu.
  2. Memecah kebekuan.
  3. Pembicaraan sosial.
  4. Delapan hal yang dimiliki pembicara terbaik.
  5. Percakapan trendi dan ketepatan bahasa politis.
  6. Pembicaraan bisnis.
  7. Tamu terbaik dan terburuk saya serta alasannya.
  8. Blooper dan cara mengatasinya.
  9. Saya harus berbuat apa? Teknik berpidato?
  10. Lagi? Lebih jauh tentang pembicaraan publik.
  11. Perlakuan kejam dan luar biasa: teknik bertahan di radio dan televsi.
  12. Masa depan pembicaraan.

Melihat 12 bab di atas memang sangat menarik, apalagi bab-bab dalam buku ini mencakup hal yang penting, dengan berbagai tips dan contoh nyata yang menyangkut pembicaraan dalam berbagai situasi.

Kelebihan Buku “SENI BERBICARA – Kepada Siapa Saja, Kapan Saja, Di mana Saja”

Buku ini seperti Larry yang berbicara yang memberikan berbagai tips yang akan membantu Anda menguasai seni berbicara dalam pergaulan sosial mapun profesional. Tips yang mudah diingat adalah:

Perlakukan orang-orang lain sebagaimana Anda ingin mereka memperlakukan Anda.” - Larry King

Semoga resensi buku “SENI BERBICARA – Kepada Siapa Saja, Kapan Saja, Di mana Saja” ini bermanfaat dan menjadi referensi bagi Anda yang ingin belajar berbicara apalagi berbicara di depan umum atau secara formal. Namun demikian, setelah membaca dan memahami buku ini, hal terpenting adalah harus mulai berlatih dan berani untuk memulai.

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Resensi Buku “SENI BERBICARA – Kepada Siapa Saja, Kapan Saja, Di mana Saja”"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel