Kisah Sukses Stan Lee dan Motivasi Sukses Dibalik Penciptaan Karakter “Spiderman”

Guys… Kalian semua pasti punya pahlawan komik idola, seperti Iron Man, Hulk, Thor, Black Panther, atau bahkan yang terbaru dan baru-baru ini diputar di bioskop dengan gayanya yang masih remaja. Yess… Spiderman!!! Dibalik proses penciptaan hebat karakter komik marvel tersebut, terdapat sosok yang begitu fenomenal. Siapa dia? Dialah Stanley Martin Lieber atau yang sering dikenal dengan Stan Lee. Bahkan yang menarik, kisah sukses Stan Lee dan motivasi sukses dibalik penciptaan karakter “Spiderman” memberikan inspirasi luar biasa bagi anak muda dan siapa pun yang ingin suskes di bidang apa pun yang ditekuninya.

Lahir di Manhattan, New York, pada 28 Desember 1942, Stan Lee lahir dari imigran Romania berdarah Yahudi, yaitu Jack Lieber dan Celia. Tidak ada kesuksesan tanpa adanya pengorbanan dan tekad yang kuat, begitu pula yang dilakukan seorang Stan Lee dalam menggapai kesuksesannya. Tentu saja sukses yang diraihnya tidak instan. Bahkan terdapat sebuah motto yang selalu mendorong dirinya untuk bertekad dan memiliki niat kuat untuk meraih kesuksesannya, yaitu “Excelsior”. Excelsior adalah motto sekaligus mantra ajaib Stan Lee yang berarti “Ke Atas dan Maju Terus untuk Kemuliaan yang Lebih Besar.” Mantra ini seolah menjadi penyemangat dirinya dan menjadi mantra yang khas dan tidak akan ada orang yang bisa memakainya, kecuali dirinya sendiri.

Kisah Sukses dan Perjalanan Hidup Stan Lee

Hidup dalam keluarga yang serba kekurangan ditambah dengan kondisi saat itu Amerika Srikat dilanda Great Depression mengharuskan Stanley kecil melihat orang tuanya yang kesulitan memenuhi kebutuhan keluarganya. Meskipun dalam kondisi sulit, Stan Lee kecil sudah terbiasa membaca buku dan menonton film, hingga berangan-angan bisa menulis “The Great American Novel.”

Saat menempuh pendidikan menengah di SMA DeWitt Clinton di The Bronx, Stan harus bekerja paruh waktu untuk menghidupi dirinya, seperti menulis berita kematian dan juga menjadi seorang office boy. Lulus SMA pada umur 16 tahun, Stan bekerja sebagai asisten editor pada Timely Comics yang pada periode selanjutnya berubah nama menjadi Marvel Comics. Langkah ini menjadi awal kesuksesannya. Tidak semudah yang dibayangkan, dan Stan saat itu hanya melakukan pekerjaan remeh, seperti mengisi tinta dan tugas perbaikan lainnya.

Kisah Sukses Stan Lee dan Motivasi Sukses Dibalik Penciptaan Karakter  “Spiderman”;Kisah Sukses dan Perjalanan Hidup Stan Lee;Quotes Sukses;
Stan Lee dan karakter “Spiderman” (Sumber gambar: Instagram.com/catatanentrepreneur)

Tahun 1941 Stan berhasil sukses pertama kali di awal karirnya dengan mengisi teks “Captain America”, dan selanjutnya Stan berhasil menciptakan “Destroyer in Mystics Comics No 6”, “Jack Frost in USA Comic No. 1” dan juga “Father Time in Captain America No. 6”.

Baca juga: Kisah Sukses Larry Page dan Sergey Brin dengan Mesin Pencari “Google”.

Banyak sekali perjalanan hidup yang dilewati Stan Lee, mulai dari menjadi editor sementara, bergabung dengan Angkatan Darat AS dan terakhir, Stan dipercaya mengembangkan Marvel TV dan juga property film pada tahun 1981. 

Quotes Sukses di Balik Suksesnya Karakter Spiderman

Perjalanan panjang dan kesuksesan Stan Lee menggapai sukses menjadi inspirasi setiap orang yang menginginkan kesuksesan. Bahkan kisah sukses dan inspiratif Stan Lee dibagikan di bawah ini, sebagai berikut:

Stan Lee mengisahkan saat pertama kali membuat karakter Spiderman, yaitu saat penerbit mendatanginya dan berkata, “Stan aku ingin Kamu membuat superhero lain.” Stan menjawab,“Oke”.

Kemudian Stan pulang. Stan berpikir, superhero seperti apa yang akan aku ciptakan. Hal pertama yang diperlukan untuk superhero adalah “Kekuatan Super”.

Setelah Kamu mendapatkannya, yang lain akan mengikuti. Jadi aku berpikir, kekuatan seperti apa untuk superhero baru ini. Lalu Stan melihat lalat merayap di dinding, kemudian Stan berpikir, bagaimana jika Aku membuat superhero yang bia merayap dan menempel di dinding.

Wow, itu keren. Stan berpikir itu cukup bagus dan sekarang aku butuh sebuah nama. “Flyman”, “Mosquitoman”, kemudian Stan tertarik dengan nama “Spiderman”. 

Spi-der-man. Itu terdengar dramatis. Oke, dan Stan sudah mendapatkan sosok pahlawan. Sudah ada kekuatan, sudah ada namanya juga. Kemudian untuk kesenangan Stan, Stan berpikir untuk memberinya sebuah masalah pribadi. Kemudian Stan membuat sosok superhero tersebut adalah seorang remaja. Karena menurut sepengetahuan Stan, belum ada pahlawan di usia remaja waktu itu. Jadi dengan semua bahan yang menakjubkan itu, Ide yang hebat tersebut. Stan kemudian berlari ke kantor penerbit dan mengatakan pada mereka.

Ini reaksi yang didapatkan Stan, “Stan, itu ide terburuk yang pernah aku dengar.”

Penerbit Stan yang sangat logis dan sangat inteletual itu mulai memberikan pendapatnya:

“Pertama, semua orang membenci laba-laba (Spider).”

“Jadi, Kamu tidak bisa memanggil pahlawan dengan nama Spiderman.”

“Kamu ingin dia seorang remaja.”

“Dan Kami juga ingin dia memiliki masalah pribadi?”

“Stan, tidak tahukah Kamu, apa superhero itu?”

“Mereka tidak memiliki masalah pribadi.”

Baiklah, ujar Stan dan akhirnya Stan pulang dengan kecewa, tapi tentu menjadi orang yang lebih bijak (wiser-man).

Dan Stan mengatakan bahwa dirinya tidak bisa menghilangkan Spider-man dari kepalanya.

Jadi kami akan mengakhiri sebuah majalah bernama “Amazing Fantasy”. Majalah itu tidak terjual dengan baik dan Kami akan menerbitkan edisi terakhir di majalah Amazing Fantasy.

Ketika Kamu menerbitkan edisi terakhir sebuah majalah, tidak akan ada yang peduli dengan isinya, karena majalah itu sudah berakhir.

Hanya untuk mengeluarkannya dari kepalaku (Stan), aku menempatkan Spider-man pada cover majalah “Amazing Fantasy”.

Kemudian Stan melupakannya, satu bulan kemudian angka penjualan majalah ini keluar. Penerbitku mulai datang dengan berlari ke kantor Stan. “Stan, Stan, ingatkah Kamu dengan karakter yang sangat kita cintai, Spiderman?”

Demi Tuhan, “Ayo kita buat serialnya.”

SEKARANG, kenapa aku mengatakan ini kepadamu (kata Stan pada seluruh pendengar di sebah pertemuan).

Jika KAMU memiliki ide yang Kamu pikir benar-benar bagus, Jangan biarkan beberapa orang ‘IDIOT’ itu menghentikanmu!!!

Jika ada sesuatu yang kamu pikir bagus, sesuatu yang ingin Kamu lakukan, sesuatu yang berarti bagimu. Cobalah untuk melakukannya. Karena Menurutku (Stan), Kamu hanya akan melakukan pekerjaan terbaikmu, ketika melakukan apa yang Kamu inginkan. Dan jika Kamu melakukannya dengan cara yang seharusnya dilakukan dan jika Kamu bisa bangga dengan hal itu setiap kamu menyeleseikannya. Tidak peduli apa pun itu. Kamu bisa melihatnya dan berkata “Aku melakukannya & kupikir itu sangat bagus,”

Rasanya akan sangat luar biasa.

Lakukan apa yang kamu mau dengan sebaik-baiknya! Ini yang paling penting:

“JANGAN MALAS!!!”

Apa pun yang kamu lakukan. Lakukan dengan sepenuh hati!!! Kamu akan bangga telah melakukannya!!!

“Jika KAMU memiliki ide yang Kamu pikir benar-benar bagus, Jangan biarkan beberapa orang ‘IDIOT’ itu menghentikanmu!!!” – Stan Lee

Tidak ada yang tidak mungkin. Semoga kisah sukses Stan Lee dan motivasi sukses dibalik penciptaan karakter “Spiderman” bermanfaat dan menginspirasi untuk Anda, saya dan kita semua, bahwa segala sesuatu yang dilakukan dengan passion luar biasa akan memberikan hasil yang tidak disangka-sangka. 

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Kisah Sukses Stan Lee dan Motivasi Sukses Dibalik Penciptaan Karakter “Spiderman”"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel