Kisah Sukses Enny Anggraeni Hardjanto Mendirikan Konsultan Sumber Daya Manusia

Dunia bisnis semakin berkembang, begitu banyak tuntutan yang harus dilakukan dengan cepat apalagi untuk memenuhi kebutuhan bisnis. Selain dunia bisnis, sektor perbankan juga semakin berkembang apalagi dengan semakin canggihnya dunia digital yang menuntut mereka yang berprofesi sebagai banker semakin meningkatkan kompetensinya. Begitu pula dengan orang sukses yang mampu melihat peluang di balik sebuah kesempatan, maka kisah sukses Enny Anggraeni Hardjanto mendirikan konsultan sumber daya manusia ini bisa menjadi inspirasi untuk Anda yang ingin membuka usaha sendiri.

Kisah Sukses Enny Anggraeni Hardjanto Mendirikan Konsultan Sumber Daya Manusia
Enny Anggraeni Hardjanto (Foto: favo.id)

Kata siapa seorang karyawan tidak mampu menjadi pengusaha. Ini buktinya, seorang Enny Anggraeni Hardjanto yang biasa dipanggil Enny ini mampu merubah nasib dan keadaannya dari karyawan biasa menjadi seorang pengusaha sukses.

Kisah Sukses Pengusaha Enny Anggraeni Hardjanto dengan PT Hanesa Endera Sakti

Sosok Enny adalah seorang wanita yang lahir di Yogyakarta, 20 Mei 1949. Sejak usia belia Enny memiliki cita-cita untuk menjadi dokter, oleh karena itulah setelah lulus SMA, Enny meneruskan kuliahnya di Fakultas Kedokteran University of Antwerpen di Belgia. Namun sayang, karena terbentur masalah ekonomi, Enny hanya mampu menyelesaikan kuliahnya sampai semester 6 sekitar tahun 1973.

Tegar menjadi satu kata yang ada di hati Enny meskipun saat itu harus memendam kekecewaan, dan akhirnya Enny kembali ke Indonesia. Setibanya di Indonesia, Enny melamar pekerjaan di FICC (First Indonesia Convention Center) dan diterima sebagai juru ketik. Kinerja yang baik, membuat Enny dipromosikan sebagai supervisor pada bagian pengetikan, dan tidak lama kemudian sekitar 3 bulan Enny dipercaya menjadi kepala bagian pengetikan.

Ambisi, semangat dan optimisme menjadikan seseorang untuk meningkatkan kinerjanya, hal ini berlaku pula dengan sosok Enny yang pada akhirnya membawa Enny pada posisi sebagai sekretaris perusahaan, dan yang menarik adalah Enny tidak menurunkan semangat profesionalismenya meskipun sudah memiliki jabatan yang tinggi.

Baca juga: Kisah Sukses Wuryanano yang Berbisnis Sejak Tahun 1991.

Displin dan profesional dalam bekerja membuat Enny akhirnya ditawari mitra perusahaan tempatnya bekerja, yaitu perusahaan farmasi Warner Lambert yang mengajaknya bergabung sebagai seorang detailer. Enny akhirnya menerima posisi tersebut karena latar belakang pendidikannya, yaitu kedokteran dan ditambah Enny sendiri yang sangat menyukai tantangan.

Karena kepiawaiannya menawarkan produk-produk obat, menjadikan karirnya semakin melejit, dari hanya sekedar detailer obat, karirnya melejit, tidak lama kemudian dipindahkan ke bagian pemasaran, kemudian menjadi asisten manajer pemasaran. Dan sebagai titik puncak, pada akhirnya Warner Lambert mengirimnya ke Amerika Serikat untuk mendalami ilmu pemasaran.

Sepulangnya dari Amerika Serikat, Enny kemudian dipromosikan sebagai kepala divisi pemasaran yang membawahi beberapa manajer. Namuan sayang seribu sayang, pada akhirnya jabatan tinggi tersebut dilepasnya, karena rasa bosan dan duduk di posisi tersebut membuat kreativitasnya melemah.

Akhirnya Enny mencari tantangan baru, dan PT. Unilever Indonesia memberikan tawaran pekerjaan kepadanya, dan Enny pun menerimanya, meskipun jabatan dan fasilitasnya di bawah jabatan sebelumnya, yaitu hanya sebagai branch manager.

Kata siapa etos kerjanya menurun? Malah dengan posisi tersebut Enny berusaha menunjukkan etos kerjanya yang tinggi. Dan benar saja, manajemen perusahaan akhirnya mengirim Enny untuk belajar di Belanda selama satu setengah tahun. Kembali dari Belanda, Enny mendapat posisi sebagai Manajer Pemasaran. Tapi setelah 10 tahun bekerja di Unilever, akhirnya Enny bergabung dengan Citibank, dan mendapat posisi sebagai Vice president atau marketing director.

Siapa yang mengira bahwa orang yang tidak pernah bekerja di bank bisa sukses di bank? Dan Enny membuktikannya, Enny sukses memasarkan produk baru Citibank, yaitu kartu kredit Citibank dan Master.

Namun, sama dengan di posisi sebelumnya, Enny yang menyukai tantangan akhirnya pindah ke Bank Papan Sejahtera, dan di bank ini Enny sukses mengenbangkan kartu kredit dan jaringan ATM.

Akhirnya, setelah sekian lama bekerja di berbagai perusahaan, akhirnya Enny memilih membuka usaha dengan mendirikan PT Hanesa Endera Sakti, yaitu sebuah konsultan sumber daya manusia untuk perbankan. Tidak hanya sampai disini, Enny juga membangun PT Sumber Adi Markcel yang fokus pada layanan jasa belanja lewat telepon, dan sesuai dengan tebakan, perusahaan ini sukses di tengah persaingan bisnis.

Tips Sukses Enny Anggraeni Hardjanto dalam Karier dan Pengusaha

Sebegai seorang pengusaha ditambah pengalamannya yang pernah berkecimpung di berbagai perusahaan, terdapat tips sukses yang bisa menjadi inspirasi bagi kita semua, antara lain:

  1. Profesional. Sebagai seorang yang memiliki etos kerja tinggi, tentu saja jabatan apa pun yang diembannya selalu dengan kinerja terbaik. Bahkan dari mulai level terendah sebagai juru ketik sampai menjadi seorang pengusaha, sikap profesioanl membuat dirinya sukses apapun posisinya.
  2. Teachable. Rasa mau belajar menjadi kata kunci untuk sukses bagi sosok Enny, maka tidak heran Enny selalu sukses meskipun pada bidang yang tidak dikuasainya.
  3. Suka tantangan. Enny adalah seorang yang suka tantangan baru. Bagi Enny, tantangan akan membuat kreativitasnya menjadi terasah, pengalaman menjadi banyak, dan kepemimpinan yang teruji.
  4. Berani mengambil keputusan. Seorang pemimpin besar adalah dia yang berani mengambil keputusan besar. Begitu pula dengan Enny yang memaknai keputusan yang diambilnya. Bahkan berani mempertaruhkan jabatan bagus dengan ketidakpastian karier pada jabatan yang baru.
  5. Tantangan sebenarnya adalah sebagai seorang pengusaha. Bagi Enny menjadi pengusaha adalah tantangan terbesar yang sesungguhnya, karena disini Enny bertangungjawab sepenuhnya pada dirinya sendiri.

Semoga informasi dan tips tentang kisah sukses Enny Anggraeni Hardjanto mendirikan konsultan sumber daya manusia ini bermanfaat dan menjadi referensi untuk Anda dalam meraih sukses.

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Kisah Sukses Enny Anggraeni Hardjanto Mendirikan Konsultan Sumber Daya Manusia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel