Tips Sehat dengan Menu Sehat

Yuk sehat yuk! Sejak merebaknya wabah pandemi Covid-19 yang sampai saat ini masih mengancam kehidupan umat manusia dunia, termasuk Indonesia, maka praktis jargon sehat selalu didengungkan pemerintah agar masyarakat selalu sehat dan tidak tertular penyakit ini. Hal paling mudah untuk menjaga daya tahan tubuh adalah selalu mengonsumsi menu makanan sehat. Untuk itulah pada kesempatan ini, tips sehat dengan menu sehat menjadi hal prioritas agar kita semua selalu sehat.

Tips Sehat dengan Menu Sehat
Sehat dengan menu sehat (Foto: publicholidayguide)

Saat memiliki tubuh yang sehat adalah sebuah anugerah luar biasa. Maka tidak salah kalau saat ini banyak ditawarkan menu sehat, termasuk sumber pangan alam yang sehat.

Cara Sehat dengan Menu Sehat ala dr Tan

Ide untuk menuliskan tips sehat ini berasal dari Rubrik Konsultasi Sehat yang diasuh oleh dr Tan Shot Yen dalam Tabloid Nyata. Terdapat tiga hal yang akan dibahas, yaitu:

  1. Tips agar tubuh sehat dengan menu makanan sehat.
  2. Saat ada salah satu keluarga divonis sakit jantung, namun tidak mau berhenti dari kebiasaan yang mengancam dirinya.
  3. Sering tidak bersemangat dan sering mengantuk, padahal umur masih muda. Apakah ini efek dari darah rendah dan amandel?

Baca juga: Tips Diet “Menurunkan Berat Badan dengan Cepat”.

1 | Tips agar tubuh sehat dengan menu makanan sehat.

Menurut dr Tan, seringkali dalam hidup sehari-hari, kita menemui iklan promosi, seperti sebotol minuman yang menyampaikan bahwa nilainya sama dengan satu keranjang sayur dan buah segar. Tentu saja, hal ini sangat membodohi publik. Bisa dikatakan hal ini sebagai iklan kriminal yang membuat seseorang berpikir pendek untuk mengambil aksi ‘bunuh diri” dengan meninggalkan sayur dan buah, untuk produk tersebut dan minum sampai mengalami malnutrisi.

Hampir semua kasus malnutrisi dan busung lapar yang terjadi belakangan ini, disebabkan akibat informasi yang salah. Hal ini membuat banyak penduduk miskin menganggap susu cukup untuk memproduksi kekurangan gizi anak yang disebabkan anak sulit makan. Hal ini pun tidak mengherankan, karena terdapat iklan susu anak yang dengan jelas menganjurkan orang tua memberi susu apabila anak mogok makan. 

2 | Saat ada salah satu keluarga divonis sakit jantung, namun tidak mau berhenti dari kebiasaan yang mengancam dirinya.

Bisa ditebak pasti kebiasaaan tersebut adalah merokok. Coba dipikirkan, terkena serangan jantung namun perlu di ICCU sebulan? Bahkan bolak balik menghabiskan uang selama 5 tahun berikutnya. Tenu saja hal ini sangat merepotkan sepanjang sisa hidupnya.

3 | Sering tidak bersemangat dan sering mengantuk, padahal umur masih muda. Apakah ini efek dari darah rendah dan amandel?

Menurut dr Tan, amandel besar karena seringnya terjadi infeksi saluran atas. Amandel merupakan kelenjar getah bening yang memproduksi ‘sel daya tahan’ tubuh untuk menghadapi infeksi. Semakin sering infeksi, kelenjar akan semakin besar untuk memproduksi sel lebih banyak.

Maka dengan pola makan yang sehat seimbang, daya tahan tubuh otomatis akan terdongkrak, sehingga tidak ada alasan untuk infeksi dan berangsur-angsur amndel mengecil karena tidak dibutuhkan untuk memproduksi tentara dalam hal ini sel yang terlalu banyak.

Tentang merasa ngantuk dan tidak bersemangat tersebut dipengruhi oleh karbohidrat jenis apa yang sudah dikonsumsi. Semua karbohidrat buruk seperti gula, terigu, beras dan pati akan memberikan rasa kantuk yang amat sangat setelah makan, hal ini disebabkan insulin akan terpacu habis-habisan menekan gula darah yang melonjak tinggi. Begitu gula darah otak menurun, rasa kantuk dan juga gangguan konsentrasi akan muncul.

Yang sangat penting menurut dr Tan adalah ‘seberapa semangatnya melihat hidup’? Seberapa penting arti suatu goal bagi Anda bila dibandingkan dengan hambatan yang langsung muncul di benak begitu sudah menetapkan goal?’

Semoga tips sehat dengan menu sehat ini bermanfaat dan menjadi referensi Anda dalam mencapai hidup sehat dan lebih baik.

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Tips Sehat dengan Menu Sehat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel