Makanan Sehat Bagi Penderita Osteoarthritis

Bisa berkumpul dengan kawan sepermainan dan juga sahatbat kecil adalah karunia yang luar biasa, apalagi sejak merebaknya wabah pandemi Covid-19 yang melanda dunia, termasuk Indonesia, yang membuat kita harus selalu menerapkan protokol kesehatan, tentunya membuat kita harus berhati-hati. Namun diantara kegembiraan tersebut, ada sedikit kesedihan di saat salah seorang teman yang ibunya menderita osteoarthritis, ditambah lagi dengan kondisinya yang menopause membuat kita harus sedikit mengalihkan pembicaraan tersebut, meskipun pada akhirnya pembicaran tersebut mengarah pada makanan yang bernutrisi, khususnya makanan sehat bagi penderita osteoarthritis.

Makanan Sehat Bagi Penderita Osteoarthritis
Makanan sehat (Foto: masstamilans)

Tentunya banyak yang bertanya apa itu ostearthritis dan bgaimana bisa mencegah timbulnya osteoarthritis? Dari berbagai sumber diinternet, osteoarthritis adalah suatu peradangan kronis pada sendi yang disebabkan karena adanya kerusakan pada tulang rawan. 

Makanan Sehat adalah Makanan yang Mengandung Beragam Nutrisi  untuk Tubuh

Berbicara tentang makanan sehat berarti berbicara tentang makanan sehat dan bergizi. Jadi makanan sehat dan bergizi merupakan makanan yang mengandung nilai gizi seimbang yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti karbohidrat , serat, protein, mineral, vitamin dan juga air.

Tentunya mengonsumsi makanan sehat sudah menjadi kebutuhan dan keharusan agar tubuh selalu sehat, apalagi di masa pandemi seperti saat ini, yang menuntut tubuh harus memiliki daya tahan yang kuat, agar tidak mudah terinfeksi virus dan bakteri.

Dengan memilih makanan yang sehat tentunya akan membuat organ tubuh terjaga dengan baik, apalagi di masa pandemi seperti saat ini, makanan menjadi faktor yang sangat penting agar antibodi tubuh tidak mengalami penurunann. 

Makanan Sehat dan Bergizi Bagi Penderita Osteoarthritis 

Saat ini dengan berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi, sebenarnya sangat mudah untuk mendapatkan informasi tentang makanan sehat. Tertarik dengan makanan bergizi apalagi untuk mereka yang menderita osteoarthritis, maka sedikit informasi dari dr Tan Shot Yen, yang mengulas rubrik makanan bergizi di Tabloid Nyata ini bisa menjadi sumber informasi untuk Anda.

Menurut dr Tan, “Semua asupan nutrisi yang baik berimbang dan merupakan kebutuhan tubuh yang sebenarnya akan beredar ke seluruh sel dan memberi manfaat ke semua sistem tubuh”. Sehingga tidak ada istilah ‘nutrisi khusus untuk jantung’ atau bahkan nutrisi untuk organ tubuh lainnya.

Osteoarthritis atau nyeri sendi disebabkan karena menipisnya tulang rawan pada ujung bonggol tulang. Yang mengakibatkan terjadinya gesekan antar tulang dan jaringan di daerah sekitarnya yang menimbulkan rasa nyeri bahkan pembengkakan, seperti terkena rematik.

Yang menjadi pertanyaan adalah mengapa tulang bisa menjadi terkikis? Bertambahnya usia merupakan proses alamiah dan sangat wajar apabila terdapat penurunan fungsi dan kondisi anatomi bila dibandingkan saat usia masih 30-an tahun. 

Kemudian  yang perlu diketahui adalah pola hidup dan konsumsi seperti apa yang dianut yang bisa membuat mempercepat penipisan tulang rawan pada sendinya? Tentunya banyak faktor yang mempengaruhi, mulai dari olahraga yang luar biasa (seperti olaharaga yang membutuhkan aktivits lari, kejar bola dan loncat) dan tentu saja dirusak pula oleh makanan yang salah.

Tentunya yang harus diperhatikan adalah seberapa banyak mengonsumsi sayur lalap dan buah segar sebagai satu-satunya karbohidrat? Atau pola makan yang dirusak dengan jargon produk pangan zaman sekarang, alih-alih membuatnya kuat dan tetap bugar, malah membuat gulanya berlebih (sekalipun belum kencing manis), yang selalu terjadi setiap kali sesudah makan adalah semakin merusak sendi dan tulang rawannya.

Semua bahan mkanan yang dicerna dan cepat diubah menjadi gula bukan hanya mempercepat proses penuaan, namun juga menghalangi penyerapan mineral-mineral yang dibutuhkan tubuh, seperti kromium dan tembaga (meskipun dibutuhkan dalam jumlah yang sedikit). Suatu perbuatan yang sia-sia, apabila kita mengonsumsi suplemen, karena justru absorbsi kalsium dan megnesium sebagai penguat tulang malah dihambat oleh gula yang berlebih dalam darah.

Itu dia, sedikit informasi tentang makanan sehat bagi penderita osteoarthritis. Semoga meskipun sedikit namun bermanfaat dan menjadi referensi untuk Anda yang ingin selalu sehat dan bugar apalagi di tengah usia senja.

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Makanan Sehat Bagi Penderita Osteoarthritis"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel