Tips Sehat dengan Bayam

Hidup sehat saat ini sepertinya sudah menjadi sebuah keharusan. Tidak hanya itu, sehat menjadi investasi utama untuk bisa hidup dengan lebih baik. Banyak sekali yang bisa dilakukan agar selalu sehat, salah satunya dengan menjaga pola makan, diantaranya adalah selalu mengonsumsi bahan makanan sehat seperti buah-buahan dan sayuran. Terkait dengan sayuran, maka tips sehat dengan bayam menjadi sebuah pilihan untuk bisa memulai hidup sehat.

Tips Sehat dengan Bayam
Bayam (Foto: ugaoo)

Mungkin selama ini kebanyakan kita hanya sekedar menikmati bayam sebagai sayuran pendamping nasi. Tanpa tahu kandungan penting yang dimiliki bayam. Terlepas dengan ketidaktahuan tentang manfaat, kandungan dan cara mengolahnya, di bawah ini akan disampaikan berbagai hal terkait dengan bayam sebagai sumber vitamin dan mineral.

Bayam Mengandung Vitamin untuk Kesehatan Tubuh

Bayam memang sudah biasa kita konsumsi, namun terlepas dari fungsinya sebagai sumber vitamin, terdapat empat jenis bayam, yaitu bayam liar, bayam berduri, bayam cabut dan bayam merah. Bayam liar dan bayam berduri memiliki ciri khas yang berbeda dengan bayam lainnya, dengan daun lebar, berbunga, berwarna hijau tua dan memiliki permukaan daun yang kasar. Sedangkan bayam cabut memiliki daun yang kecil, halus dan batangnya berwarna putih.

Baca juga: Pepaya, Buah dari Amerika untuk Kecantikan Kulit.

Terdapat banyak manfaat bayam untuk tubuh, antara lain:

  • Vitamin A dan vitamin C-nya adalah antioksidan yang bisa melindungi tubuh dan otak dari racun dan polusi.
  • Vitamin C yang dimilikinya mampu membantu penyerapan zat besi untuk proses sistem kekebalan tubuh.
  • Zat besi bisa melancarkan sirkulasi oksigen darah.
  • Asam folat dan vitamin B12 merupakan gabungan penting untuk pembentukan sel baru.

Selain itu, dengan mengonsumsi bayam akan memicu aktivitas anti-mutagenik dan juga mencegah terjadinya mutasi sel tubuh pemicu kanker.

Tips Memilih dan Mengolah Bayam untuk Kesehatan Tubuh

Untuk bisa mendapatkan khasiat bayam seperti tersebut di atas, maka yang harus dilakukan adalah memilih bayam cabut atau bayam akar dengan ciri, antara lain:

  • Daunnya berwarna hijau segar .
  • Ukuran daunnya seragam.
  • Daunnya tidak layu.
  • Batangnya masih segar dan mudah dipatahkan.

Hal ini tentu saja sangat berbeda dengan ciri bayam liar, daun bayam liar memiliki ukuran daun yang cukup lebar, dengan warna daun hijau tua, dan batangnya berwarna hijau dan keras.

Untuk mendapatkan manfaat bayam, tentu saja terdapat hal yang harus diperhatikan, seperti bayam tidak boleh dipanaskan berulangkali atau disimpan dalam waktu lama. Hal ini disebabkan zat besinya secara kimiawi yang ada pada bayam akan terurai dan bersifat toksid (racun). Oleh karena itu, untuk mengolahnya, pastikan jumlah yang dimasak sesuai dengan kebutuhan.

Tips memilih dan mengolah daun bayam, antara lain:

  1. Sebelum daun bayam diolah, maka pilihlah daun yang masih segar, siangi juga bayam dari kotoran yang menempel, dan cuci dalam air mengalir. Proses pencucian sebaiknya dilakukan lebih dari 2 kali. Dengan tujuan untuk membersihkan bakteri yang ada dalam bayam, air tersebut akan melunturkan pestisida yang bisa menempel pada bayam.
  2. Masukkan bayam ke dalam kuah apabila air telah mendidih, karena bayam cepat sekali lunak. Apabila terlalu lama memasak, maka bayam menjadi lembek dan banyak kandungan vitaminnya yang larut dalam kuah.

Itu dia sedikit informasi tentang tips sehat dengan bayam. Banyak cara untuk membuat olahan makanan berbahan dasar bayam, khususnya yang memberikan daya tarik tersendiri bagi anak-anak dan mau menikmati sajian olahan dari bayam.

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Tips Sehat dengan Bayam"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel