Resep Minuman Tradisional dari Daun Sirih Merah

Saat ini menjaga kesehatan adalah sesuatu yang wajib, apalagi sejak merebaknya wabah virus Covid-19 kemarin. Menjaga tubuh agar selalu sehat menjadi hal utama dalam hidup ini, “lebih baik menjaga daripada mengobati” menjadi jargon penting, karena biaya pengobatan saat ini sangatlah mahal. Maka tidak salah kalau kali ini disampaikan tentang resep minuman tradisional dari daun sirih merah yang memiliki banyak khasiat apalagi untuk mencegah dan mengobati diabetes.

Resep Minuman Tradisional dari Daun Sirih Merah
Daun sirih merah (Foto: etsy.com)

Sejak jaman dahulu, Indonesia sudah dikenal memiliki jenis minuman sehat, berupa jamu dan berbagai minuman rempah alami yang memiliki banyak manfaat dan khasiat. Bahkan cara membuatnya pun sangat mudah, bisa diolah sendiri dengan peralatan sederhana di rumah.

Resep Minuman Segar dan Berkhasiat dari Daun Sirih Merah

Sebenarnya banyak cara untuk mengolah daun sirih merah sebagai minuman sehat dan berkhasiat. Berikut akan disampaikan 2 contoh ramuan tradisional dari daun sirih merah, yang bersumber dari Tabloid Nyata, antara lain:

  • Rebusan sirih merah.
  • Teh sirih merah.

Baca juga: Sirih Merah, Obat Alternatif untuk Diabetes.

  • Rebusan sirih merah.

Caranya sangat mudah, yaitu ambillah sebanyak 3 sampai 4 helai daun sirih merah segar, cuci bersih dan rebus dengan 2 gelas air sampai mendidih sampai didapatkan 1 gelas air rebusan.

Ai rebusan ini kemudian diminum  sehari 3 kali sebelum makan. Apabila tidak tahan dengan rasa pahit rebusan daun sirih merah ini, bisa ditambahkan madu secukupnya sebagai penawar rasa pahit tersebut.

  • Teh sirih merah.

Untuk Anda yang tidak sempat membuat rebusan daun sirih merah, bisa menggunakan cara praktis untuk mengonsumsinya, yaitu dengan ekstrak daun sirih merah. Selain mudah, teh ini juga memiliki rasa yang lebih enak bila dibandingkan dengan rebusan sirih merah yang rasanya lebih pahit.

Untuk membuatnya, daun sirih segar atau pun yang sudah dikeringkan, diseduh dengan 1 cangkir air mendidih. Ramuan ini diminum saat hangat  sehari 2 kali sebelum makan.

Semoga informasi dan resep minuman tradisional dari daun sirih merah ini bermanfaat dalam menjaga kesehatan.

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Resep Minuman Tradisional dari Daun Sirih Merah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel