Sirih Merah, Obat Alternatif untuk Diabetes

Jaman semakin berubah, kalau dahulu kebanyakan orang menganggap bahwa kekayaan sebagai hal utama, dan investasi utama adalah aset dengan segala macam jenisnya. Namun, sejak wabah pandemi Covid-19 yang sampai saat ini masih mendera seluruh dunia, termasuk Indonesia, terjadi perubahan pola pandang, yang menganggap bahwa kesehatan adalah investasi utama dalam hidup ini. Untuk itu, berkaitan dengan tema kesehatan tersebut, maka tema yang dibahas kali ini adalah tentang diabetes, termasuk menggunakan sirih merah, sebagai obat alternatif untuk diabetes.

Sirih Merah, Obat Alternatif untuk Diabetes
Daun sirih merah (Foto: specialtyproduce.com)

Penyakit diabetes termasuk salah satu penyakit sumber kematian di Indonesia. Dengan melihat kondisi tersebut, banyak diantaranya yang berupaya menggunakan obat-obatan alam atau herbal yang digunakan dalam proses pengobatan bagi penderita diabetes.

Sirih Merah untuk Diabetes

Siapa menyangka tanaman sirih merah yang selama ini banyak ditanam sebagai tanaman hias, ternyata memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. Salah satunya untuk menurunkan kadar gula darah bagi para penderita diabetes.

Menarik sekali mengetahui berbagai informasi tentang tanaman yang bisa digunakan sebagai bahan obat, sama halnya dengan sirih merah ini, informasi tentang sirih merah ini didapatkan dari Tabloid Nyata yang memberikan gambaran dan kegunaan bagi penderita diabetes.

Tanaman sirih yang memiliki nama latin Piper betle ini memiliki banyak spesies dan jenis, seperti sirih hijau, sirih gading, sirih kuning, sirih hitam dan sirih merah. Semua jenis sirih tersebut memiliki ciri khas yang sama, yaitu merambat dengan bentuk daun menyerupai hati dengan tangkai yang tumbuh selang seling dari batangnya.

Sirih merah masuk dalam suku Piperaceae, yaitu tumbuhan yang merambat dengan bentuk daun menyerupai hati dengan warna keperakan dan mengkilap. Sirih merah memiliki rasa pahit getar, apabila daunnya disobek akan mengeluarkan bau yang wangi bila dibanding dengan sirih hijau. 

Baca juga: Ubi Jalar, Si Makanan Ndeso yang Kaya Manfaat.

Sirih merah sudah sejak dahulu kala sudah digunakan masyarakat Jawa sebagai obat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit, termasuk dalam upacara adat di Yogyakarta. Ramuan sirih merah sudah lama dimanfaatkan sebagai tanman obat yang berguna untuk ngadi saliro.

Dalam daun sirih mengandung berbagai macam senyawa kimia yang bermnnfaat bagi kesehatan, antara lain flavonoid, polifenol, tanin, minyak atsiri dan saponin.

  • Senyawa flavonoid dan polivenol memiliki sifat antioksidan, antidiabetik, antikanker, antiseptik dan antiinflamasi.
  • Senyawa alkaloid memiliki sifat untuk menghambat pertumbuhan sel-sel kanker.

Kandungan kimia lain yang terkandung dalam sirih merah, antara lain hidroksikavicol, kavicol, kavobetol, allyiprotekol, karvakrol, eugenol, p-cymene, cineole, caryofelen, kadimen estragol, terpenena dan fenil propada.

Sirih Merah Manfaatnya 

Dari berbagai penelilian ilmiah yang telah dilakukan dengan menggunakan hewan, yaitu pada tikus, membuktikan bahwa rebusan daun sirih merah bisa menurunkan kadar gula darah dari hewan yang sakit diabetes. Hasil penelitian ini memberikan informasi, bahwa daun sirih merah mempunyai khasiat sebagai obat antidiabetes.

Selain sebagai penurun gula darah, secara empiris daun sirih merah sudah digunakan untuk mengobati berbagai penyakit, seperti ambeien, hepatitis, batu ginjal, menurunkan kolesterol, mencegah stroke, tumor dan asam urat.

Sirih merah juga digunakan untuk mengatasi hipertensi, radang liver, radang prostat, radang mata, keputihan, maag, kelelahan, kanker payudara dan nyeri sendi. 

Selain untuk kesehatan, sirih merah juga digunakan untuk kecantikan, yaitu untuk memperhalus kulit.

  • Kandungan senyawa karvakrol pada daun sirih merah memiliki sifat sebagai desinfektan dan antijamur yang bisa digunakan untuk obat antiseptik pada bau mulut dan keputihan.
  • Kandungan eugenol, memiliki khasiat untuk mengurangi rasa sakit.
  • Kandungan tanin memberikan khasiat sebagai obat sakit perut, khususnya diare.

Sampai saat ini memang belum ada informasi tentang efek samping dari penggunaan daun sirih merah. Semoga informasi tentang sirih merah, sebagai obat alternatif untuk diabetes ini bermanfaat dan menjadi referensi untuk Anda. 

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Sirih Merah, Obat Alternatif untuk Diabetes"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel