Tips Nyaman Menggunakan High Heels

Tema menjadi cantik selalu menarik untuk dibahas, banyak hal yang bisa dibahas, apalagi untuk bisa tampil menawan. Salah satunya yang dibahas kali ini adalah sepatu berhak tinggi atau yang sering disebut dengan high heels. Dari banyak perbincangan sehari-hari dengan teman-teman kantor, sebenarnya banyak yang kurang PD (percaya diri) saat menggunakan high heels, entah karena kurang nyaman atau belum terbiasa. Tertarik dengan high heels, maka tidak salah kalau kali ini disampaikan sedikit tips nyaman menggunakan high heels untuk Anda.

Tips Nyaman Menggunakan High Heels
Foto: glamorousheels

Sepatu high heels memang lebih sering dipakai untuk bisa mendapatkan bentuk kaki yang tampak jenjang. Namun, yang perlu diketahui adalah memakai high heels dalam jangka waktu yang lama atau high heels yang terlalu tinggi teryata bisa menimbulan rasa yang tidak nyaman lho.

Tips Agar Nyaman Memakai High Heels

Sepatu berhak tinggi atau bisa disebut dengan high heels ini memiliki kekuatan magis yang bisa membuat kaum perempuan yang memakainya merasa percaya diri. Namun, dibalik munculnya rasa percaya diri, ada harga yang harus dibayar yaitu rasa sakit atau bahkan lecet yang ditimbulkannya.

Untuk itu agar nyaman saat menggunakan high heels, terdapat beberapa tips yang bisa Anda coba (Tabloid Nyata), antara lain:

  1. Pilihlah high heels yang tepat.
  2. Renggangkan sepatu.
  3. Cegah timbulnya lecet.
  4. Amplas pada bagian solnya.
  5. Tambah dengan bantalan.
  6. Rendam kaki.
  7. Ikat jari ke-2 dan jari ke-3.
  8. Hilangkan bau tidak sedap.
  9. Melangkahlah dengan benar.

Baca juga: Tips Memilih Bra yang Benar.

1 | Pilihlah high heels yang tepat.

Untuk bisa menggunakan high heels yang nyaman maka langkah awal yang bisa Anda lakukan adalah dengan memilih high heels yang tepat, mulai dari ukuran, badan sampai heelsnya. Terdapat tips jitu yang bisa Anda gunakan saat memilih sepatu yang pas, yaitu belilah sepatu tersebut saat malam hari, karena pada malam hari, kaki berada pada ukuran yang paling besar. Dan jangan membeli high heels dengan ukuran yang terlalu pas atau bahkan terlalu longgar, karena tidak nyaman dipakai.

Sedangkan untuk bahan high heels tersebut pilihlah dari bahan yang lembut, dan pada bagian heels-nya pilihlah dari bahan yang tebal atau tidak terlalu tipis, sehingga tumpuannya tidak tertuju di ujung atau bantalan kaki saja. Heels yang tebal akan membuat kaki lebih stabil dan juga peregangan jaringan dan otot kaki tidak terlalu besar apabila dibandingkan dengan stiletto yan berbentuk kecil dan tajam.

2 | Regangkan sepatu.

Memakai high hels baru seringkali membuat kaki tidak nyaman, karena masih kaku. Untuk membuat nyaman, bisa dilakukan dengan meregangkan atau melonggarkannya, sebagai berikut:

  • Pakailah sepatu tersebut di rumah, jangan lupa memakai kaos kaki. Kemudian panasi dengan hair dryer.
  • Apabila ujung sepatu terlalu sempit, bisa dilonggarkan dengan memasukkannya ke dalam freezer. Caranya, isi 2 kantong plastik dengan air, ikat dengan kuat atau bisa digunakan plastik klip.
  • Letakkan di bagian depan sepatu, kemudian simpan dalam freezer selama semalaman. Saat air sudah membeku, volumenya akan mengembang dan akan meregangkan kulit sepatu.
  • Pada keesokan pagiya, ambil sepatu dari freezer kemudian biarkan es mencair selama 20 menit sebelum mengeluarkannya.

3 | Cegah timbulnya lecet.

Untuk tidak membuat kaki lecet, alangkah sebaiknya memplester area kaki yang bergesekan dengan sepatu. Atau bisa dilakukan dengan mengolesnya dengan deodoran pada area tersebut.

Deodoran akan bertindak sebagai pelumas yang bisa mencegah terjadinya gesekan yang terlalu keras antara kaki dengan sepatu. Selain itu, akan membentuk kaki lebih mudah masuk ke dalam sepatu.

Apabila sudah terlanjur lecet, harus segera diatasi. Caranya, gosokkan dengan gel lidah buaya, hal ini dilakukan untuk mengurangi peradangan. Setelah itu, rendam kaki dalam baskom yang berisi air hangat.

4 | Amplas pada bagian solnya.

Masalah yang sering terjadi saat menggunakan sepatu baru adalah sol sepatu tersebut yang licin. Untuk itu, agar cengkeraman sepatu bisa menjadi lebih kuat atau tidak licin, gosok sol sepatu tersebut dengan amplas halus.

5 | Tambah dengan bantalan.

Agar high heels baru yang Anda beli nyaman dipakai, Anda bisa menambahkannya dengan bantalan atau dengan alas di bagian dalam. Pilihlah bantalan dari bahan silikon metatarsal, karena lebih empuk dan juga bisa untuk meredam guncangan yang diterima kaki.

6 | Rendam kaki.

Sebelum menggunakan high heels, alangkah sebaiknya bila Anda merendam kaki selama 20 menit terlebih dahulu. Hal ini dimaksudkan agar membuat kaki lebih rileks, sehingga siap saat memakai high heels.

Selain itu yang tidak kalah pentingnya adalah melakukan stretching atau pemanasan sebelum menggunakan high heels untuk mencegah terjadinya kaki kram, rasa pegal dan terjadinya ketegangan otot.

7 | Ikat jari ke-2 dan jari ke-3.

Terdapat tips rahasia untuk bisa mengurangi rasa sakit saat memakai sepatu dengan hak tinggi, yaitu dengan cara “mengikat” jari kaki ke dua setelah jempol kaki dengan menggunakan slotip. Cara ini bisa mengurangi rasa sakit saat menggunakan high heels, karena terdapat saraf yang terbelah di antara kedua jari kaki tersebut, yang menyebabkan rasa sakit saat tertekan yang terjadi diatasnya .

Dengan mengikat jari ketiga, hal ini akan mengurangi dan menghilangkan ketegangan pada saraf yang terjadi diantaranya, yang membuat tidak adanya rasa sakit saat menggunakan high heels.

8 | Hilangkan bau tidak sedap.

Menggunakan sepatu yang berbau tidak sedap tentu membuat tidak nyaman. Untuk itu, terdapat beberapa cara untuk menghilangkan bau tidak sedap tersebut, antara lain:

  • Menggunakan baking soda. Baking soda bisa digunakan untuk menghilangkan bau tidak sedap. Caranya sangat mudah, ambillah beberapa sendok baking soda, kemudian letakkan di dalam sepatu, dan biarkan selama semalaman.
  • Menggunakan teh celup. Jangan buang dulu kantong teh celup yang sudah digunakan, karena bisa digunakan untuk hal lain, salah satunya untuk menghilangkan bau tidak sedap pada sepatu dan menghindarkan septu dari jamur. Caranya, keringkan terlebih dahulu teh celup, kemudian simpan dalam sepatu.
  • Menggunakan kopi. Kopi juga bisa digunakan untuk menghilangkan bau sepatu yang tidak sedap. Caranya, ambillah satu sendok makan kopi bubuk, dan masukkan ke dalam kaos kaki tipis yang sudah tidak tepakai. Masukkan bungkusan kopi tersebut ke dalam sepatu, biarkan selama semalaman. 

9 | Melangkahlah dengan benar.

Langkah terakhir sebagai tips untuk bisa nyaman dalam menggunakan high heels, adalah memperhatikan atau melangkah dengan benar.

Caranya, tapakkan bagian belakang atau heels terlebih dahulu, baru pada bagian depan kaki. Dengan begitu tubuh tetap bisa berdiri tegak sekaligus bisa rileks saat berjalan. Jangan menapakkan kaki sekaligus ke tanah ketika memakai high heels karena bisa membuat postur tubuh menjadi bungkuk.

Itu dia sedikit informasi dan tips nyaman menggunakan high heels. Semoga bermanfaat.

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Tips Nyaman Menggunakan High Heels"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel