Tips Diet untuk Ibu Menyusui

Sepertinya kondisi ini sering dialami ibu-ibu muda setelah melahirkan dan sedang menyusui, yaitu merasa mengalami berat  badan yang berlebihan. Sebenarnya berat badan yang naik saat hamil merupakan hal normal, begitu pula saat melahirkan dan menyusui, namun banyak diantaranya yang tidak PD (Percaya Diri) dengan perubahan bentuk tubuh mereka. Dan pada akhirnya, banyak yang memutuskan untuk segera melakukan diet. Nah, yang menjadi pertanyaan adalah bolehkah ibu menyusui melakukan diet? Dan kalau boleh melakukan diet, bagaimana cara diet yang tepat bagi ibu menyusui tersebut? Tips diet untuk ibu menyusui berikut ini akan memberikan informasi diet bagi ibu yang masih menyusui.

Tips Diet untuk Ibu Menyusui
Diet untuk ibu menyusui (Foto: momjunction)

Tugas seorang ibu setelah melahirkan dan merawat bayi adalah menyusui bayi setiap saat bayi tersebut membutuhkan. Pada umumnya, bayi yang baru lahir akan menyusu setiap satu sampai dua jam sekali. Oleh karena itulah, ibu menyusui akan terus memproduksi dan mengeluarkan ASI.

Cara Diet untuk Ibu Menyusui

Menarik sekali membahas tentang diet, khususnya diet untuk ibu menyusui kali ini. Pembahasan tentang diet ibu menyusui juga pernah dibahas oleh dr. Tan Shot Yen, seorang Pemerhati Nutrisi Berimbang dan Energy Healing dari Dr. Tan Wellbeing Clinic, Serpong, Banten yang pernah dimuat dalam Tabloid Nyata dengan berbagai informasi yang mudah dipahami.

Menururt dr. Tan, sejak zaman dahulu sebenarnya tidak ada ritual khusus tentang metode penurunan berat badan setelah melahirkan. Hal ini disebabkan karena menjadi sorang ibu sangat luar biasa sibuk. Dari mulai bangun subuh, sudah menyusui, bahkan bila Anda seorang muslim maka Anda harus segera sholat terlebih dahulu, dan kemudian dengan cepat harus ke pasar sebelum si kecil terbangun lagi. Dan sambil menyiapkan sarapan untuk seisi rumah, Anda masih harus mengerjakan banyak pekerjaan rumah yang menjadikan seorang wanita dikenal sebagai makhluk multi tasking, karena dalam waktu bersamaan mampu mengerjakan berbagai hal secara sekaligus.

Baca juga: Tips Diet “Menurunkan Berat Badan dengan Cepat”.

Satu hal menarik adalah aktivitas setelah melahirkan ternyata memegang peranan penting untuk mencapai kembalinya -lekuk- tubuh  sorang wanita, tanpa mengeluarkan uang dan tetap bisa menyusui secara ekskusif. Yang perlu dipahami adalah menyusui secara eksklusif justru menjadi cara yang paling elegan dan masuk akal untuk bisa menjadi tetap ramping. Mengapa demikian? Karena ASI adalah susu full cream terbaik yang berasal dari jaringan kelenjar payudara dan komposisinya sangat sempurna bagi bayi untuk tidak pernah menderita gangguan kolesterol di hari depannya (seperti bayi lain yang minum susu bukan ASI), dan sekaligus mempercepat perampingan tubuh si ibu.

Terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan bagi ibu menyusui saat ingin melakukan diet, salah satunya memulainya dengan sepiring besar sayur segar yang tidak dimasak (diolah sebagai salad) dan buah. Mengapa sayur ini tidak dimasak? Hal ini dengan alasan:

  • Proses pemanasan akan merusak enzim sayur dan buah 30% sampai 80%.
  • Makanan yang tidak dimasak (raw) lebih mudah dicerna.
  • Makanan yang tidak dimasak bisa memberikan lebih banyak energi.
  • Makanan yang tidak dimasak bisa menurunkan atau menaikkan berat badan menjadi lebih stabil.
  • Makanan yang tidak dimasak bisa menghilangkan bau badan dan nafas yang bau.
  • Makanan yang tidak dimasak  bisa menyebabkan tidur nyenyak karena kandungan nutrisinya masih sempurna, tidak rusak, yang bisa mempengaruhi kerja kelenjar otak dalam memproduksi endorfin (zat yang menenangkan, memberikan rasa nyaman dan relaks secara alami dalam tubuh manusia).
  • Apabila sayur tersebut dimasak, maka unsur organik sayur dan buah kembali dimatikan menjadi an-organik, seperti di dalam tanah.

Itu dia sedikit langkah sederhana bagi ibu menyusui yang ingin melakukan diet. Jangan lupa untuk selalu berkonsultasi dengan dokter sebelum menjalani diet. Semoga informasi tentang “tips diet untuk ibu menyusui” tersebut bermanfaat dan menjadi referensi untuk Anda.

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Tips Diet untuk Ibu Menyusui"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel