Perut Kosong & Hal yang Tidak Boleh Dilakukan

Menjaga kesehatan menjadi hal utama dan sangat penting di era ini, apalagi sejak merebaknya wabah virus Covid-19. Semenjak merebaknya wabah virus tersebut, praktis kebanyakan orang di Indonesia mulai memahami arti pentingnya kesehatan. Hal ini pula yang mendorong banyak pemerhati kesehatan mulai sering mengingatkan bahwa menjaga kesehatan tubuh lebih dini menjadi langkah penting pencegahan sebelum terjadi sesuatu pada diri kita. Begitu pula pada kesempatan ini yang membahas tentang “perut kosong & hal yang tidak boleh dilakukan”.

Perut Kosong & Hal yang Tidak Boleh Dilakukan
Foto: demo1.connectnigeria.

Bisa disadari bahwa saat perut kosong akan membuat daya konsentrasi berkurang, terkadang sedikit gemetar, bahkan mata berkunang-kunang. Oleh karena itu, menjadi penting bagi kita semua untuk makan tepat waktu. Memang banyak diantara kita yang masih mengabaikan alarm alami tubuh ini, dengan alasan kesibukan atau pekerjaan yang tidak bisa ditinggalkan.

Hal yang Dilarang Dilakukan Saat Perut Kosong

Terdapat banyak referensi yang menyebutkan bahwa terdapat berbagai aktivitas yang dilarang saat perut dalam keadaan kosong. Selain merugikan untuk tubuh, juga bisa mengakibatkan hal-hal yang tidak diinginkan.

Dari berbagai referensi tersebut terdapat 8 hal yang dilarang saat perut dalam keadaan kosong, dengan mengutip informasi dari Tabloid Nyata, antara lain:

  1. Minum kopi atau minum teh.
  2. Minum alkohol.
  3. Minum obat anti radang.
  4. Mengunyah permen karet.
  5. Melewatkan makan malam.
  6. Olahraga.
  7. Berbelanja.
  8. Makan makanan tertentu.

Baca juga: Dilarang Makan Makanan Ini Saat Perut Kosong.

1 | Minum kopi atau minum teh.

Anda terbiasa minum kopi atau teh di pagi hari saat perut kosong? Mulai saat ini Anda harus menghentikan kebiasaan tersebut, meskipun kopi tersebut kopi tanpa kafein. Hal ini disebabkan minum kopi atau teh saat perut kosong bisa merangsang produksi asam, yang bisa menyebabkan masalah pencernaan, seperti muntah, mual dan sembelit.

Selain itu, minum kopi atau teh pada saat perut kosong bisa menyebabkan kekurangan serotonin, yaitu hormon yang bisa mempengaruhi mood dan juga fungsi sistem kardiovaskuler (jantung dan pembuluh darah).

Apabila Anda tidak bisa melewatkan kopi, bisa menambahkan beberapa sendok susu atau krim. Lemak yang ada pada susu atau krim akan mengurangi efek negatif dari kopi, atau Anda bisa memakan sedikit makanan.

2 | Minum alkohol.

Meminum alkohol saat perut kosong bisa meningkatkan penyerapan, seperti menyuntikkan sesuatu langsung pada pembuluh darah vena, yang akan meningkatkan dampak buruk alkohol pada jantung, liver dan ginjal.

3 | Minum obat anti radang.

Minum obat anti radang, seperti aspirin, parasetamol dan juga non steroid lainnya tidak diperbolehkan saat perut dalam keadaan kosong. Hal ini disebabkan bisa mengurangi efek obat tersebut, juga bisa menyebabkan gangguan kesehatan yang serius, seperti mual dan juga pendarahan pada lambung.

4 | Mengunyah permen karet.

Hindarilah mengunyah permen karet saat perut dalam keadaan kosong, hal ini bisa menyebabkan meningkatnya asam lambung yang bisa menyebabkan gastritis atau radang pada dinding lambung. Fakta ilmiah juga menunjukkan bahwa mengunyah permen karet saat perut kosong akan menyebabkan suka makan junkfood daripada buah dan sayur segar.

5 | Melewatkan makan malam.

Perut yang lapar dan kadar glukosa yang rendah akan membuat tidur menjadi tidak nyenyak dan menjadi mudah terbangun. Dan sebaliknya, kurang tidur bisa meningkatkan homon lapar, oleh karena itu, apabila pada malam hari Anda melewatkan makan, pada keesokan harinya Anda akan makan lebih banyak.

Apabila Anda melewatkan makan malam, alangkah sebaiknya bila minum susu yang banyak mengandung magnesium dan kalsium, bisa juga ditambah dengan madu. Kombinasi bahan tersebut akan membuat Anda tidur lebih nyenyak dan bangun dalam kondisi segar.

6 | Olahraga.

Banyak anggapan bahwa melakukan olahraga saat perut kosong bisa membakar kalori lebih banyak. Namun, ternyata tidak demikian, yang terbakar bukannnya lemak namun otot. Dan yang terjadi ketika berolahraga saat perut dalam kondisi kosong adalah berkurangnya intensitas latihan, karena tubuh kekurangan energi.

7 | Berbelanja.

Terdapat saran yang membangun, yaitu “jangan berbelanja saat perut dalam keadaan kosong”. Hal ini didasarkan pada penelitian yang menunjukkan bahwa seseorang yang berbelanja dalam keadaan perut kosong akan cenderung membeli lebih banyak makanan, meskipun hal tersebut tidak dibutuhkan. 

Oleh karena itu, makanlah kudapan sebelum berbelanja, hal ini akan mengurangi nafsu untuk membeli sesuatu yang tidak dibutuhkan.

8 | Makan makanan tertentu.

Terdapat makanan tertentu yang tidak boleh dikonsumi saat perut kosong. Oleh karena itu, mengonsumsi makanan tertentu sebaiknya tidak dilakukan saat perut kosong.

Itu dia sedikit infomrasi tentang “perut kosong & hal yang tidak boleh dilakukan”. Semoga bermanfaat.

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Perut Kosong & Hal yang Tidak Boleh Dilakukan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel