Tips Memulihkan CD yang Cacat

Dunia semakin berubah dan semakin maju, banyak cara untuk menyimpan data, apalagi di era digital seperti saat ini, yang tidak melulu bergantung pada alat-alat penyimpan seperti flash disk atau pun CD, bahkan di era yang semakin maju semua orang bisa menyimpan data dalam bentuk file foto, gambar atau pun data di cloud. Hal inilah yang membedakan era digital dengan jaman dahulu. Namun, bagaimana bila data yang ada tersebut masih tersimpan dalam CD dan belum di back up di flash disk atau cloud, apalagi CD tersebut tergores, tentu hal ini menjengkelkan. Untuk mencegah kekhawatiran tersebut, kali ini akan disampaikan tips memulihkan CD yang cacat, agar Anda bisa menyelamatkan data milik Anda.

Foto: thinkhousecreative.

Dahulu sebelum berkembang alat-alat untuk menyimpan data, seperti flash disk yang harganya sangat mahal, hal inilah yang menyebabkan banyak orang memilih CD untuk menyimpan data atau CD yang berisi lagu kesayangan. Namun, seiring dengan berkembangnya waktu, entah karena pemakaian atau cara menyimpan yang salah membuat CD tersebut menjadi rusak atau CD yang berisi lagu menjadi tidak bisa memutar lagu.

Cara Memperbaiki Kaset CD yang Rusak

Sebenarnya CD atau yang biasa disebut cakram kompak ini adalah benda penyimpan data yang terbilang cukup awet, namun terkadang tiba-tiba CD ini menjadi tidak terbaca atau saat ingin memutar lagu dari CD kesayangan tiba-tiba rusak dan tidak bisa memutar lagu. Atau CD tersebut sudah dibersihkan dengan cairan khusus, akhirnya CD bisa diputar dan sebentar macet tidak bisa memutar lagu. Apalagi bila CD tersebut sudah lama dan banyak goresan.

Baca juga: Tips Membeli CD Writer.

Kali ini Anda bisa mencoba tips dari Bimo yang pernah dimuat dalam Tabloid Intisari No. 535, siapa tahu CD yang banyak goresan tersebut bisa digunakan lagi, antara lain:

  1. Sediakan pasta gigi (bisa dari merk apa saja).
  2. Basahilah terlebih dahulu CD yang akan dibersihkan.
  3. Oleskan pasta gigi pada permukaan CD.
  4. Bersihkan dengan gerakan memutar sampai seluruh permukan CD.
  5. Bilaslah CD tersebut sampai bersih.
  6. Kemudian lap dan keringkan CD dengan kain yang halus.
  7. Keringkan dengan cara meng-anginkan sampai bener-benar kering.
  8. Cobalah memutar CD tersebut pada player CD.
  9. Setelah berhasil, copy CD tersebut sebagai back up data Anda.

Itu dia sedikit, informasi dan tips memulihkan CD yang cacat. Semoga bermanfaat.

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Tips Memulihkan CD yang Cacat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel