Gula Pasir dan Manfaatnya

Siapa yang tidak kenal dengan bahan makanan yang satu ini? Gula atau biasa disebut dengan gula pasir sudah biasa digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan setiap hari kita mengonsumsi bahan dengan rasa yang manis ini, mulai dari makanan, minuman sampai dengan jajanan, rata-rata menggunakan gula pasir sebagai bahan pemanisnya. Namun, meskipun memiliki manfaat untuk membentuk rasa manis, ternyata gula pasir memiliki manfaat lain. Oleh karena itulah, pada kesempatan ini akan disampaikan tentang gula pasir dan manfaatnya, sehingga Anda bisa memanfaatkannya untuk kebutuhan lain selain menambah rasa pada makanan atau minuman.

Gula Pasir dan Manfaatnya
Foto: foodal.

Rasa yang manis membuat banyak orang atau pakar kesehatan menyarankan untuk membatasi penggunaan gula sebagai bahan konsumsi. Mengonsumsi banyak gula memang tidak menyehatkan, namun tidak berarti kita harus menyingkirkannya secara total dari rumah dan penggunaan rumah tangga, karena ternyata masih banyak manfaat lain yang bisa didapatkan dari hanya sekadar gula ini.

Gula Pasir dan Berbagai Manfaat Lainnya

Ternyata gula pasir memiliki banyak manfaat tidak hanya untuk memberikan rasa manis pada makanan dan minuman. Terdapat beberapa manfaat lain gula pasir yang bisa Anda dapatkan (Sumber: Tabloid Nyata), sebagai berikut:

  1. Sebagai scrub pada bibir.
  2. Sebagai scrub wajah.
  3. Sebagai scrub tubuh.
  4. Pembersih tangan.
  5. Untuk melembutkan tumit.
  6. Menjaga bunga agar tetap segar.
  7. Menghilangkan noda.
  8. Mengatasi luka.
  9. Memperlama masa kadaluwarsa.
  10. Untuk mengatasi gigitan lebah.
  11. Meredakan lidah terbakar.
  12. Membersihkan alat penggiling.
  13. Untuk menjebak serangga.

Baca juga: Temulawak, Cara Alami Menjaga Kesehatan Hati.

1 | Sebagai scrub pada bibir.

Ternyata gula memiliki manfaat luar biasa, salah satunya bisa digunakan untuk mengangkat sel-sel kulit mati pada bibir, khususnya untuk bibir yang kering dan pecah-pecah, hal ini akan membuat bibir menjadi tetap lembut, lembab dan menjadikan bibir berwarna pink alami.

Cara yang bisa dilakukan adalah dengan mencelupkan jari dalam air bersih, kemudian lanjutkan ke gula pasir. Baru kemudian oleskan pada bibir dengan gerakan memutar, diamkan selama 30 detik, baru kemudian lap dengan kain yang lembut.

Anda juga bisa menggunakan cara lain, yaitu dengan mencampur gula pasir dengan minyak zaitun sampai menjadi pasta. Kemudian oleskan pada bibir dengan gerakan memutar dan biarkan selama 30 detik, baru bersihkan dengan lap lembut.

2 | Sebagai scrub wajah.

Gula bisa digunakan sebagai masker yang akan membuat kulit menjadi bersih dan lembut. Cara menggunakannya sangat mudah, campur satu sendok makan gula pasir, satu sendok makan tepung beras, dan satu sendok makan susu cair, kemudian oleskan campuran tersebut pada wajah yang sudah dibersihkan.

Oleskanlah secara memutar disertai dengan pijatan ringan selama lima menit. Biarkan sampai mengering, kemudian bilaslah dengan air dingin.

3 | Sebagai scrub tubuh.

Menggunakan gula pasir sebagai scrub adalah cara paling mudah dan sederhana dengan biaya yang sangat murah. Langkah ini bisa untuk membersihkan kulit, karena gula pasir pada akhirnya akan mencair.

Caranya, campurlah 3 sendok makan minyak sayur (lebih baik menggunakan minyak zaitun) dan 4 sendok makan gula, kemudian oleskan scrub tersebut pada tubuh dengan gerakan secara melingkar, baru bilas dengan air hangat.

4 | Pembersih tangan.

Gula pasir ternyata bisa juga untuk membersihkan tangan, khususnya tangan yang terkena oli. Tangan kotor yang terkena oli tidak mudah dibersihkan hanya dengan mencucinya dengan menggunakan sabun.

Cara yang bisa dilakukan adalah campurlah gula pasir dengak minyak (bisa jenis apa pun), kemudian gunkan untuk membersihkan tangan, baru kemudian bilas dengan sabun dan bilas sampai bersih.

5 | Untuk melembutkan tumit.

Gula pasir memang memiliki banyak manfaat, salah satunya bisa digunakan untuk scrub yang bisa melembutkan kulit. 

Caranya, campurlah 1 sendok gula pasir dengan minyak peppermint, kemudian oleskan campuran tersebut pada tumit dengan pijatan ringan. Cara ini akan mengangkat sel-sel kult mati, melembutkan dan melembabkan kulit.

6 | Menjaga bunga agar tetap segar.

Bunga tentunya membutuhkan perawatan, agar bunga tetap segar, bunga juga membutuhkan perawatan. Sebagai perawatan bunga, maka kali ini kita membutuhkan gula dan cuka. Gula bagus untuk batang bunga, dan cuka mencegah pertumbuhan bakteri penyebab pembusukan. 

Caranya, campur 3 sendok makan gula pasir dan 2 sendok makan cuka, kemudian masukkan ke dalam air dalam vas bunga.

7 | Menghilangkan noda.

Gula pasir bisa digunakan untuk menghilangkan noda bekas rumput atau minyak pada pakaian.

Caranya sangat mudah, taburkan gula pasir pada noda, kemudian biarkan selama 40 sampai 60 menit, baru kemudian cuci sampai bersih.

8 | Mengatasi luka.

Anda kebingungan untuk mengatasi luka dan tidak ada cadangan atau persediaan obat? Tenang, cobalah ambil gula pasir, kemudian taburkan pada area yang luka. Luka akan sembuh.

Baca juga: Pepaya, Buah dari Amerika untuk Kecantikan Kulit.

Penasaran? Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh para ahli, hal ini disebabkan gula pasir bisa membantu proses penyembuhan luka lebih cepat dibanding antibiotik. Gula mampu menarik air dari luka, yang menyebabkan bakteri tidak akan bertahan hidup. Oleh karena itu, luka bisa sembuh lebih cepat bila ditaburi dengan gula pasir.

9 | Memperlama masa kadaluwarsa.

Biasanya beberapa makanan tidak bertahan lama, seperti roti, keju dan beberapa jenis kue yang hanya bertahan beberapa hari saja. Untuk bisa memperpanjang masa kadaluwarsanya, Anda bisa meletakkan sepotong gula di tempat penyimpanan. Gula pasir akan menyerap kelembaban udara sehingga makanan bisa tahan lebih lama.

10 | Untuk mengatasi gigitan lebah.

Sengatan lebah bisa menyebabkan pembengkakan. Untuk mencegah pembengkakan, maka bisa dilakukan cara mudah, yaitu dengan segera mengoleskan gula pasir pada area yang disengat lebah. Langkah ini bisa membantu menarik racun lebah yang menyebabkan pembengkakan.

11 | Meredakan lidah terbakar karena rasa pedas.

Lidah terbakar? Jangan mempersepsikan terbakar dalam arti sebenarnya, terbakar dalam hal ini dikarenakan makanan pedas. Rasa pedas memang akan hilang sendirinya. Namun untuk segera meredakannya, Anda bisa mencecap gula dengan lidah kemudian rasakan beberapa saat.

12 | Membersihkan alat penggiling.

Tentunya rasa kesal akan muncul karena alat penggiling kopi masih kotor padahal sudah dibersihkan. Jangan terburu kesal dulu, Anda bisa memanfaatkan gula pasir. Manis gula bisa menyerap bau dari kopi dan bahan lainnya yang dimasukkan ke dalam alat penggiling, dan juga menghilangkan residunya.

Caranya, tuang gula pasir secukupnya ke dalam alat giling. Biarkan selama beberapa menit agar zat manisnya menyerap kotoran. Kemudian bilas dengan air dan keringkan dengan lap.

13 | Untuk menjebak serangga.

Serangga terkadang agak mengganggu apalagi saat Anda beraktivitas. Untuk menjebaknya, letakkanlah sirup gula di tempat yang banyak serangganya. Hal ini akan memancing serangga untuk datang dan masuk ke dalam sirup gula tersebut.

Itu dia sedikit informasi tentang ‘gula pasir dan manfaatnya’. Semoga bermanfaat.

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Gula Pasir dan Manfaatnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel