Tips Detoks Tubuh Sendiri

Menjaga kesehatan tubuh menjadi hal yang sangat penting, apalagi di masa pandemi seperti saat ini. Sama halnya dengan konsep pencegahan dini, yaitu lebih baik mencegah daripada mengobati, sepertinya hal ini sangat pas dibahas pada kesempatan ini. Tidak dapat dipungkiri dengan berbagai makanan dan minuman yang telah dikonsumsi menjadikan banyaknya racun dan tentu saja hal ini akan menumpuk di dalam tubuh. Semakin banyak racun yang ada di dalam tubuh akan mempengaruhi kinerja oragan-organ penting di dalam tubuh. Untuk itu, tidak ada salahnya kalau Anda membaca berbagai tips detoks tubuh sendiri, agar racun yang ada di dalam tubuh bisa keluar dan badan bisa menjadi lebih bugar.

Tips Detoks Tubuh Sendiri
Foto: drsherry.com

Sama halnya dengan mesin dalam proses produksi di sebuah pabrik, adakalanya tubuh membutuhkan istirahat dari pekerjaannya yang super berat. Hal ini bisa terlihat dari sedikit indikator yang ada pada tubuh Anda, misalnya tiba-tiba Anda mengalami sakit kepala tanpa sebab, bisa jadi hal ini disebabkan menumpuknya racun di dalam tubuh.

Cara Menghilangkan Racun dari Tubuh 

Dari berbagai referensi yang membahas tentang cara mendetoks tubuh, maka penumpukan racun di dalam tubuh sangat berhubungan dengan fungsi usus, yaitu organ yang berfungsi untuk memisahkan zat bergizi, garam, air, vitamin dari berbagai bahan pengawet dan kimia yang berasal dari campuran makanan sehari-hari.

Menurut Prof. Dr. Mangestuti Agil, dari Fakultas Farmasi, Universitas Airlangga, agar fungsi usus bisa bekerja dengan normal, maka harus dilakukan detoksifikasi atau proses membuang racun di dalam ubuh. Terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mendetoks tubuh sendiri, antara lain:

  • Air putih.
  • Rebusan rempah.
  • Jus apel.
  • Jus sayuran.
  • Jus lemon.
  • Rutin berolahraga.

Baca juga: Tips Mendetoks Tubuh Setelah Lebaran.

  • Air putih.

Mengkonsumsi air putih sebanyak 10 sampai 12 gelas sehari merupakan cara terbaik untuk membersihkan usus, karena dengan mengkonsumsi air putih sebanyak yang disampaikan di atas adalah cara alami untuk membuang racun dan sisa makanan di dalam tubuh.

Memperbanyak konsumsi air putih bisa merangsang gerakan peristaltik alamiah usus, sehingga makanan bisa bergerak sepanjang usus. Selain itu, air putih bisa menjaga kelembaban tubuh.

  • Rebusan rempah.

Air rebusan rempah sangat kaya akan kandungan minyak atsiri, yang berguna untuk mengatasi rasa mual, perut kembung dan juga gangguan saluran pencernaan lainnya. Rebusan rempah ini sangat cocok diminum selama program detoks dilakukan.

Untuk membuat air rebusan rempah ini sangat mudah, yaitu rebus jahe, kayu manis, cengkeh dan juga serai dengan api sedang.

  • Jus apel.

Jus apel menjadi solusi untuk Anda yang tidak menyukai banyak minum air putih. Lakukan dengan mengkonsumsi jus buah apel sehari sekali. Cara ini sangat bagus untuk memacu gerakan usus, membantu memecah racun, dan juga memperbaiki kesehatan saluran cerna.

Kulit buah apel kaya akan serat dan zat aktif yang sehat, sehingga baik apabila dimakan. Cara efektif untuk mengkonsumsi jus apel, yaitu minumlah segelas jus apel tanpa disaring. Setelah 30 menit, minumlah segelas air putih. Lakukan empat kali sehari. 

  • Jus sayuran.

Selain jus buah, jus dengan menggunakan bahan sayuran juga bagus untuk detoksifikasi. Pilihlah sayuran yang masih segar, khususnya untuk yang berwarna hijau tua, seperti sawi, brokoli, dan juga daun kelor. Karena sayuran ini kaya vitamin, protein, mineral dan juga lemak yang bisa membuat tubuh lebih sehat.

Agar bisa menetralkan rasa dan bau pada jus sayuran, sebaiknya minumlah teh herbal daun jinten atau jahe segar setelah meminum jus sayuran.

Cara membuat ramuan tersebut, yaitu ambillah dua lembar daun jinten atau satu ruas jahe segar, kemudian bersihkan, kemudian siram bahan tersebut dengan air mendidih ke dalam cangkir.

  • Jus lemon.

Lemon adalah buah yang kaya akan kandungan zat antioksidan dan juga vitamin C yang sangat pas untuk melakukan program detoksifikasi.

Caranya, ambillah dua sendok makan jus lemon segar, dan campur dalam jus apel. Konsumsi campuran jus ini antara dua sampai empat kali sehari.

  • Rutin berolahraga.

Langkah terakhir sebagai penyempurna program detoksifikasi adalah dengan melakukan olahraga. Olahraga mampu mempercepat proses pengeluaran racun di dalam tubuh.

Agar program detoksifikasi ini berhasil dengan optimal, maka hentikan konsumsi berbagai jenis sumber gula temasuk madu, tepung dan gandum. Sedangkan, sumber gula yang diperbolehkan sumber gula yang berasal dari buah. Juga hindari konsumsi keju, camilan buah, sayuran yang dikeringkan. Lakukan program detoksifikasi ini satu sampai dua hari sekali dalam satu bulan.

Itu dia tips detoks tubuh sendiri, semoga bermanfaat agar racun yang ada di dalam tubuh bisa keluar dan badan bisa menjadi lebih bugar.

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Tips Detoks Tubuh Sendiri"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel